Dongeng Timnas U-23 yang Diakui Uzbekistan

Timnas U-23 perlu waspada dengan Uzbekistan

Jakarta, IDN Times - Reputasi Timnas Indonesia U-23 sepanjang Piala Asia U-23 2024 mulai diperhitungkan. Uzbekistan yang menjadi lawan Timnas U-23 di semifinal nanti, ternyata menyebut Timnas U-23 sebagai ancaman.

Pelatih Uzbekistan, Timur Kapadze, menuturkan keberhasilan Timnas U-23 menciptakan dongeng di Piala Asia U-23 dengan menyingkirkan sejumlah tim besar macam Yordania, Australia, hingga Korea Selatan, menjadi ukuran bagi skuadnya. Kapadze merasa, jika Uzbekistan lengah, Timnas U-23 bisa saja menghukum anak-anak asuhnya di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Senin (29/4/2024) mendatang.

Baca Juga: Timnas U-23 Jumpa Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

1. Gak bisa diremehkan

Dongeng Timnas U-23 yang Diakui UzbekistanTimnas U-23 lawan Yordania. (Dok. PSSI)

Kapadze mengaku sudah memantau permainan Timnas U-23 sepanjang turnamen. Dia menganalisis performa Garuda Muda ketika menghadapi Korea Selatan. Dari kesimpulannya, Timnas U-23 memiliki bahaya tersembunyi.

"Kami juga melihat bagaimana potensi melawan Indonesia. Tim yang kuat, menunjukkan kapasitasnya usai menyingkirkan Korea Selatan. Kami sekarang langsung beralih fokus ke semifinal," ujar Kapadze dilansir Daryo.

2. Uzbekistan ancam Timnas U-23

Dongeng Timnas U-23 yang Diakui UzbekistanTimnas Uzbekistan U-23 melawan Arab Saudi U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024 (Instagram.com/uzbekistanfa)

Bintang Uzbekistan, Husayn Norchayev, menyatakan siap untuk beradu kuat dengan Rizky Ridho dan kawan-kawan. Norchayev juga mengakui Timnas U-23 merupakan lawan kuat. Hanya saja, dia yakin Uzbekistan bisa menang dan memenuhi target main di Olimpiade 2024 Paris.

"Sekarang, kami bersiap ke semifinal. Ada lawan kuat yang menanti. Laga yang penting, tapi kami harus bisa memenangkan laga demi mencapai target," ujar Norchayev.

3. Bukan lawan enteng buat Timnas U-23

Dongeng Timnas U-23 yang Diakui UzbekistanTimnas Uzbekistan U-23 melawan Arab Saudi U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024 (Instagram.com/uzbekistanfa)

Uzbekistan jelas bukan lawan enteng buat Timnas U-23. Serigala Putih (julukan Uzbekistan) memiliki statistik mengerikan. Mereka tak pernah kalah dan hingga melawan Arab Saudi belum kebobolan.

Menariknya, Uzbekistan selalu menang dengan margin lebih dari dua gol. Total, mereka mencetak 12 gol sepanjang turnamen ini.

"Ini jelas merupakan upaya tim. Pertahanan dimulai dengan penyerang. Oleh karena itu, kerja sama tim menjadi alasan mengapa kami tidak kebobolan," kata Kapadze.

Baca Juga: Profil Menakutkan Uzbekistan di Piala Asia U-23, Timnas Yakin Menang?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya