FIFA Kucurkan Dana Rp85,6 M untuk National Training Center PSSI di IKN

Juga dapat APBN Rp90 miliar

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) punya kontribusi besar dalam pembangunan pemusatan latihan nasional atau national training center yang akan dibangun di Ibu Kota Negara (IKN).

Hal ini disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dia mengatakan, bantuan dari FIFA akan diturunkan pada fase satu pembangunan.

"FIFA sendiri saat ini untuk fase satu membantu kurang lebih pendanaan Rp85,6 miliar," ujar Erick dalam agenda Groundbreaking National Training Center IKN, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Groundbreaking Training Center PSSI di IKN

1. Perdana FIFA beri bantuan besar

FIFA Kucurkan Dana Rp85,6 M untuk National Training Center PSSI di IKNinstagram.com/pssi

Menurut Erick, FIFA memberi dukungan besar karena optimistis dengan transformasi sepak bola Indonesia yang diharapkan bisa lebih bersih dan berprestasi. Erick menambahkan, ini kali pertama FIFA mengucurkan bantuan dana hibah dalam jumlah besar pada sebuah negara.

"Ini pertama kali sebenarnya FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara. Karena ini kita coba menyelesaikan fase satu yaitu dua lapangan dan juga tempat penginapan untuk para atlet dan pelatih dan juga changing room dan lain-lain," ujar Erick.

Baca Juga: Ketum PSSI: Opening Ceremony Piala Dunia U-17 2023 Harus Meriah!

2. Dapat APBN Rp90 miliar

FIFA Kucurkan Dana Rp85,6 M untuk National Training Center PSSI di IKNPresiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (IDN Times/Istimewa),

Erick mengatakan pembangunan National Training Center ini juga merupakan hasil dari kerja sama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Keuangan. Dalam kesempatan groundbreaking, Erick berterima kasih kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Dan tentu ini juga hasil daripada kerja sama dari Kementerian PUPR yang dimana fasilitas infrastruktur pendukung dan land clearing dilakukan oleh Pak Basuki (Hadimuljono)," ujar Erick.

Erick juga menyinggung soal APBN dengan jumlah besar yang sudah diberikan Kementerian Keuangan.

"Terima kasih juga Bu (Sri Mulyani) APBN juga Rp90 miliar. Lalu juga dari Badan Otorita yang mempercayakan tanah seluas 34,5 hektare," ujar Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Diminta Bangun Training Center Modern di IKN

3. Fase dua akan bangun lebih banyak

FIFA Kucurkan Dana Rp85,6 M untuk National Training Center PSSI di IKNKetua Umum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Tino).

Erick menjelaskan, dalam fase kedua mendatang, bakal ada delapan lapangan yang dibangun. Lima di antaranya merupakan lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, lapangan beach football, dan fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang dan sarana sport science.

"Untuk melakukan ground breaking daripada mulainya pembangunan training center tadinya dijanjikan delapan bulan tapi saya udah bilang enam bulan. Pak Presiden juga menyetujui. Jadi enam bulan," ujar Erick.

Baca Juga: RUU IKN Mengatur tentang Penghapusaan Pulau Balang dari IKN

Baca Juga: Jokowi Resmikan Groundbreaking Training Center PSSI di IKN

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya