Filipina Cetak Sejarah di Piala Dunia Wanita 2023

Mayoritas pemain Filipina berasal dari luar negeri

Jakarta, IDN Times - Timnas Wanita Filipina mencetak sejarah manis di ajang Piala Dunia Wanita 2023. Mereka meraih kemenangan pertama dengan skor 1-0 melawan Timnas Selandia Baru di Stadion Regional Wellington pada Selasa (25/7/2023).

Ini menjadi kemenangan pertama Filipina dalam sejarah mereka mengikuti ajang Piala Dunia Wanita. Menariknya, sebagian besar skuad timnas Wanita Filipina justru tidak tumbuh besar di negaranya.

1. Atlet berdarah Amerika Serikat pastikan kemenangan

Filipina Cetak Sejarah di Piala Dunia Wanita 2023Pemain timnas wanita Filipina, Sarina Bolden (instagram.com/sarina_bolden)

Gol Sarina Bolden pada menit ke 24 menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini. Sempat tertepis kiper sebelum merobek gawang Selandia Baru, gol atlet berdarah Amerika Serikat itu menjadi gol kemenangan bagi timnas Filipina.

Filipina sebenarnya sempat kecolongan gol lewat aksi Jacqueline Hand pada menit ke-68. Namun, hasil VAR menunjukkan gol tercipta pada posisi offside sehingga dianulir.

Baca Juga: Kecam FIFA Terkait Piala Dunia Wanita 2023, Belanda: Kayak Amatir!

2. Kemenangan bersejarah untuk Filipina

Filipina Cetak Sejarah di Piala Dunia Wanita 2023Timnas wanita Filipina (instagram.com/sarina_bolden)

Kemenangan ini memastikan Filipina tetap bisa menjaga asa menembus fase gugur Piala Dunia Wanita 2023. Tak haya itu, kemenangan ini juga menjadi sejarah bagi Filipina.

Skuad berjulukan The Filipinas itu pertama kali merasakan kemenangan di ajang Piala Dunia Wanita. Maklum, edisi kali ini merupakan kali pertama mereka ikut dalam pesta sepak bola terbesar dunia tersebut.

Filipina sempat keok 0-2 saat bersua Timnas Swiss pada partai pembuka grup. Kini, Bolden pun masuk catatan sejarah sebagai pencetak gol pertama Filipina pada Piala Dunia Wanita.

3. Skuad mayoritas diisi pemain yang besar di luar negeri

Filipina Cetak Sejarah di Piala Dunia Wanita 2023Timnas wanita Filipina (instagram.com/sarina_bolden)

Segala sesuatu tentang Timnas Wanita Filipina terbilang unik. Bagaimana tidak, sebanyak 22 dari 23 pemain dalam skuad dilaporkan tak besar di Filipina.

Dilansir Deutsche Welle, hanya Anicka Castaneda pemain yang tumbuh dan besar di Filipina. Sisanya, rekan setimnya sebagian besar berasal dari luar negeri seperti Amerika Serikat (18 anggota), Kanada (1 orang), Australia (1 orang) dan Norwegia (2 orang).

Tidak terlalu penting di mana kamu dilahirkan karena kita punya satu hal yang menghubungkan kita yaitu kita sama-sama orang Filipina," ujar Bolden kepada DW.

Baca Juga: Piala Dunia Wanita 2023 Dimulai Hari Ini, Filipina dan Vietnam Debut!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya