Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023

Nasib Timnas U-23 ditentukan hasil di laga lain

Jakarta, IDN Times - Asa timnas U-23 Indonesia untuk melaju ke semifinal Piala AFF U-23 2023 belum tertutup. Hal ini dipastikan setelah Thailand memenangkan laga kontra Kamboja dengan skor 2-0 pada Senin (21/8/2023).

Ajang Piala AFF U-23 2023 terdiri dari tiga grup. Setiap juara grup dipastikan lolos ke babak semifinal. Sementara, satu jatah di empat besar bakal diraih runner-up terbaik.

Timnas Indonesia masih membuka kans meraih tiket semifinal itu jika duduk sebagai runner-up terbaik. Hanya saja, nasib mereka masih ditentukan laga lainnya di Grup B dan Grup C.

1. Peluang Indonesia masih terbuka

Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023Timnas Indonesia di Piala AFF U23 2023 (https://www.pssi.org/)

Malaysia masih menyisakan satu pertandingan melawan Timor Leste di Grup B pada Selasa, 22 Agustus 2023. Jika menang atau imbang, skuad Negeri Jiran dipastikan bakal jadi juara grup dan merebut tiket ke semifinal.

Jika Malaysia kalah dari Timor Leste, maka hasil akhir untuk menentukan peringkat di klasemen Grup B bakal ditentukan melalui beberapa metode. Lantaran saling mengalahkan, head to head tak bisa menentukan posisi ketiganya.

Jika selisih golnya sama, maka klasifikasi berikutnya adalah jumlah gol yang diciptakan, poin kedisiplinan dan yang terakhir yakni jalur undian.

Memprediksi pertandingan tersebut, Malaysia kemungkinan besar bisa menjadi juara grup dan membuat Timnas Indonesia U-23 akan tetap menjadi runner-up Grup B.

Jika dalam perhitungan itu pada akhirnya membuat Timnas U-23 tetap berada di posisi runner-up, maka tetap saja nasib mereka ditentukan hasil Grup C. 

Baca Juga: Pelatih Malaysia Akui Beruntung Bisa Kalahkan Timnas U-23

2. Menunggu hasil Filipina vs Vietnam

Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Binh Nguyen Thanh (kiri) dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/nym).

Kekalahan dari Thailand membuat Kamboja kini menduduki peringkat dua Grup A dengan raihan empat poin dari tiga aksinya di fase grup. Kamboja sejatinya unggul raihan poin atas Timnas U-23 (3) dalam persaingan jadi runner-up terbaik.

Hanya saja, salah satu aturan yang berlaku di Piala AFF U-23 kali ini, membuat Kamboja dipastikan kalah dari Timnas U-23 dalam perebutan tiket ke semifinal.  

Sebagaimana diketahui, Grup A jadi satu-satunya grup yang diisi empat tim. Sesuai aturan yang berlaku, hasil akhir setiap tim di Grup A yang berhadapan dengan juru kunci, dipastikan tak masuk hitungan. 

Alhasil, kemenangan Kamboja atas Brunei Darussalam 5-0 di laga pertama dipastikan tak masuk hitungan. Hasil akhirnya Kamboja hanya bisa mengumpulkan satu poin saja.  

Hal itu membuat peluang Timnas U-23 melaju ke babak semifinal masih terbuka. 

3. Thailand pastikan diri ke semifinal

Hitung-hitungan Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF U-23 2023Thailand di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Timnas U-23 hanya bisa berharap kepada dewi fortuna saja. Sebab, nasib mereka kali ini ditentukan hasil pertandingan di Grup C yang mempertemukan Vietnam melawan Filipina.

Syarat tim besutan Shin Tae Yong lolos ke semifinal adalah Filipina kalah di laga pamungkas Grup C Piala AFF U-23. Sebab, jika kalah atau imbang, mereka tak bisa menyamai atau melampaui koleksi poin Timnas U-23.

Sementara, Vietnam yang sudah meraup tiga poin, punya kans lolos cukup besar ke semifinal. Jika meraup kemenangan dalam duel terakhir, mereka bakal meraih poin sempurna (enam) dan dipastikan jadi juara grup.

Sebetulnya, hasil imbang saja sudah cukup mengantarkan Vietnam melaju ke semifinal sebagai juara Grup. Catatan empat poin yang diraih dalam hasil akhir nanti tak mungkin lagi dikejar Filipina dan Laos.

Namun, jika Filipina berhasil mengalahkan Vietnam pada laga yang akan berlangsung pada Selasa, 22 Agustus 2023, maka mimpi Indonesia ke semifinal akan semakin berat karena tergantung jumlah gol yang dihasilkan dalam duel itu.

Filipina bakal jadi juara Grup C lantaran unggul head to head atas Vietnam. Sementara, Vietnam yang kini sudah mencatatkan produktivitas gol lebih bagus dari Timnas U-23, masih bisa lolos ke semifinal asal kalah dengan selisih kebobolan satu saja. 

Baca Juga: Shin Tae Yong Gerutu Timnas U-23 Cuma Menang Tipis Atas Timor Leste

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya