Indra Sjafri Bakal Panggil 10 Diaspora untuk Ikut TC Timnas U-20

Hanya pemain diaspora yang punya paspor Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pelatih timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri mengaku sudah mengantongi delapan hingga 10 nama pemain diaspora yang rencananya akan dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) pada Maret 2024 mendatang.

Indra memastikan pemain diaspora yang akan dipanggil sudah memiliki paspor Indonesia. Usai menjalani latihan terakhir, Indra Sjafri memastikan skuad U-20 kembali ke klub masing-masing dan TC akan diadakan lagi pada Maret 2024 mendatang.

1. Pastikan diaspora punya paspor Indonesia

Indra Sjafri Bakal Panggil 10 Diaspora untuk Ikut TC Timnas U-20Direktur Teknik PSSI dan Pelatih Timnas U-20, Indra Sjafri saat menjadi pembicara di Juara Bicara, Rabu (19/7/2023). (IDN Times/Tino).

Indra Sjafri memastikan pemain diaspora akan dipanggil untuk mengikuti TC selanjutnya pada Maret 2024. Maksimal ada 10 nama yang sudah dikantongi Indra Sjafri dan seluruhnya dipastikan memiliki paspor Indonesia.

"Saya sudah menginventarisir sekitar delapan sampai 10 pemain yang berpaspor Indonesia yang bermain di luar (negeri). Baik itu keturunan dan anak-anak Indonesia yang bermain di luar," kata Indra Sjafri ditemui usai memimpin latihan terakhir TC kedua di Lapangan A, Senayan pada Jumat (9/2/2024) sore WIB.

Baca Juga: Indra Sjafri Pulangkan Pemain Timnas U-20 ke Klub Besok

2. Pemain naturalisasi harus tunggu giliran

Indra Sjafri Bakal Panggil 10 Diaspora untuk Ikut TC Timnas U-20Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri selepas memimpin latihan di Senayan, Kamis (2/3/2023). (IDN Times/Tino).

Indra Sjafri menegaskan, delapan hingga 10 pemain diaspora yang akan diberikan kesempatan mengikuti TC merupakan pemain keturunan ataupun warga negara Indonesia yang berkompetisi di klub luar negeri. Indra tak menjanjikan akan ada pemain naturalisasi dalam pemanggilan TC selanjutnya.

"Mungkin bapaknya Indonesia atau ibunya Indonesia, tapi sudah berpaspor Indonesia. Kita akan berikan kesempatan seluas-luasnya. Bagi yang berpaspor negara lain, tunggu. Walaupun itu saya naturalisasi, benar-benar dia istimewa dan keinginan sendiri," kata Indra Sjafri.

Baca Juga: Indra Sjafri Panggil 4 Pemain Anyar Gabung Timnas U-20

3. TC selanjutnya digelar Maret 2024

Indra Sjafri Bakal Panggil 10 Diaspora untuk Ikut TC Timnas U-20Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Indra Sjafri mengatakan TC timnas U-20 akan dilanjutkan pada Maret 2024 mendatang.

"Pemain-pemain yang kita panggil adalah yang kami anggap terbaik dari TC tahap satu dan tahap dua," ujar Indra Sjafri.

Indra mengaku timnya sudah membuat peta jalan untuk timnas U-20 sampai Desember 2024 mendatang. Pada TC Maret 2024 nanti, Indra Sjafri bahkan merencanakan untuk melakukan TC dengan tim dari luar negeri.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya