Inggris Tantang Spanyol di Final Piala Dunia Wanita 2023

Dipastikan ada juara baru di Piala Dunia Wanita

Jakarta, IDN Times - Inggris dipastikan jumpa Spanyol dalam final Piala Dunia Wanita 2023. Tiket ke partai puncak diraih Inggris usai mengalahkan tuan rumah, Australia, dalam duel di Stadium Australia, Rabu (16/8/2023), dengan skor 3-1.

Trigol Inggris diciptakan Ella Toone (36'), Lauren Hemp(71'), dan Alessia Russo (86'). Sementara, satu-satunya gol Australia diciptakan oleh Samatha Kerr (63').

Babak pertama, Australia lebih agresif menyerang. Beberapa kali tembakan dilepaskan, hanya saja efektivitasnya jauh di bawah standar.

Inggris yang main sabar, justru mampu mencuri gol lebih dulu. Menit 36, Ella Toone menciptakan gol cantik. Tembakannya dari sudut sempit berhasil membuat bola menghujam gawang Australia.

Usai gol ini, Inggris terangkat mentalnya. Bahkan, pada menit 42, Lionesses nyaris saja menggandakan skor. Sial, tandukan pemain Inggris masih bisa diantisipasi kiper Australia, Mackenzie Arnold. Hingga jeda, skor 1-0 untuk keunggulan Inggris bertahan.

Australia sempat membuka asa. Menit 63, The Matildas menyamakan kedudukan lewat Samantha Kerr. Tembakan spektakulernya membuat harapan Australia untuk lolos ke final untuk pertama kalinya meninggi.

Sial, berselang enam menit, Inggris kembali unggul. Lauren Hemp yang lolos dari kawalan, berhasil melepaskan tendangan terukur ke pojok kanan gawang Australia. Inggris kembali memimpin, 2-1.

Australia masih sempat berusaha kembali menyamakan gol. Sial, saat asyik menyerang, Australia malah kembali kebobolan di menit 86.

Alessia Russo memupus harapan Australia dengan tembakannya yang membuat skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Inggris. Hingga peluit panjang berbunyi, Inggris unggul 3-1.

Hasil ini sekaligus memastikan akan ada juara baru di Piala Dunia Wanita 2023. Sebab, Inggris dan Spanyol belum pernah melaju ke final Piala Dunia Wanita sepanjang sejarahnya.

Baca Juga: Drama di Ujung Laga, Spanyol Tembus Final Piala Dunia Wanita

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya