Iran Singkirkan Jepang, Melaju ke Semifinal Piala Asia 2023

Babak kedua berlangsung alot

Jakarta, IDN Times - Timnas Iran menyingkirkan timnas Jepang dari Piala Asia 2023, usai menang 2-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Education City Stadium, Al Rayyan, Doha, Sabtu (3/2/2024) malam WIB. Iran memastikan diri melaju ke semifinal.

Jepang memimpin 1-0 di babak pertama. Setelah Iran sempat melewatkan peluang emas menciptakan angka di awal babak pertama, Hidemasa Morita mengakhiri kebuntuan dengan mecetak angka untuk Jepang. Pada menit ke-28, Morita berlari cepat melewati pemain Iran hingga merobek gawang lawan.

Iran kembali berusaha menekan. Mencoba menyamakan kedudukan di sisa babak pertama, tetapi tak ada perubahan angka hingga babak pertama berakhir. Jepang memimpin sementara di babak pertama.

Babak kedua berlangsung alot. Kedua kesebelasan saling berusaha mencuri angka. Beberapa kali Samurai Biru, julukan Jepang, mendapat peluang menambah angka, namun tak tereksekusi sempurna.

Pada menit ke-55, Iran menyamaakkaann kedudukan lewat gol yang diciptakan Mohammad Mohebi. Laga kembali memanas.

Mimpi buruk bagi Jepang tercipta pada penambahan waktu babak kedua. Pada menit ke-90+3, Ko Itakura dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Iran, Hossein Kanaanizadegan, di dalam kotak penalti.

Iran akhirnya dapat kesempatan melepas penalti. Eksekusi dilakukan Alireza Jahanbakhsh, dan si kulit bundar melesak ke pojok atas gawang. Skor 2-1, Iran memimpin.

Jepang berusaha kembali menekan pertahanan Iran. Tak ada penambahan angka tercipta, Iran pun memastikan Jepang angkat koper dari Piala Asia 2023.

Baca Juga: Hasil Piala Asia 2023: Bungkam Tajikistan, Yordania ke Semifinal

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya