Jabat Tangan Shin Tae Yong dan Erick Thohir, Sepakat soal Timnas?

Ada kesepakatan apa antara STY dan Erick Thohir?

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, ternyata sudah jumpa dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dalam kesempatan itu, Shin terlihat tersenyum lebar dan sempat menjabat tangan Erick.

Momen tersebut dibagikan Erick lewat akun instagramnya @erickthohir. Menjadi pertanyaan, apakah ini merupakan sinyal kalau Shin dan Erick sudah sepakat tentang kontrak baru?

1. Salaman dengan Shin, apa maknanya?

Jabat Tangan Shin Tae Yong dan Erick Thohir, Sepakat soal Timnas?Shin Tae Yong bersama Erick Thohir (instagram.com/shintaeyong7777)

Dalam video tersebut, Shin dan Erick berjabat tangan. Keduanya juga tersenyum setelah berbincang dalam beberapa saat. Ternyata, jabat tangan itu menjadi sinyal kalau Shin sudah sepakat dengan syarat yang ditetapkan Erick terkait performa Timnas. Baru setelahnya, mereka bakal bicara soal hal lain, termasuk kontrak.

"Saya sama coach shin ini sama-sama pemenang. Jadi, kami pasti bertarung untuk itu. Tadi, sudah salaman kok. Saya sama coach Shin adalah profesional, karena itu kita ada kesepakatan, kami harus perform," kata Erick dalam video yang diunggahnya.

Baca Juga: Pengamat: Shin Tae Yong Layak Dipertahankan PSSI 

2. Shin bakal panggil pemain bintang untuk Piala Asia U-23

Jabat Tangan Shin Tae Yong dan Erick Thohir, Sepakat soal Timnas?Potret Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia melawan Iran, Selasa (9/1/2024). (pssi.org).

Shin menyatakan demi memenuhi janjinya, harus membentuk tim tangguh demi menghadapi Piala Asia U-23 nanti. Dia mau memanggil sejumlah pemain bintang yang berlaga di luar negeri demi mengantarkan Timnas U-23 lolos fase grup hingga melangkah jauh di Piala Asia U-23.

"Persiapan kami akan baik, apalagi jika bisa memanggil pemain seperti Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Elkan Baggott. Ini cukup bisa diuji untuk bisa lolos sampai babak delapan besar dan malah bisa lebih dari itu," kata Shin.

3. Nasib Shin masih belum jelas

Jabat Tangan Shin Tae Yong dan Erick Thohir, Sepakat soal Timnas?Timnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Nasib Shin di kursi kepelatihan Timnas sebenarnya masih belum aman. Kontraknya segera habis dan masa depannya terus dipertanyakan.

Publik mendesak agar Shin dipertahankan. Kampanye #STYStay pun sempat menggema dan meminta agar PSSI segera memperpanjang kontraknya.

Tapi, tampak sudah ada kesepakatan jika Shin difokuskan untuk bisa mengangkat performa Timnas U-23 di Piala Asia nanti. Sebab, menurut Erick, pada dasarnya performa Timnas di bawah arahan Shin terbilang bagus. 

"Lihat bagaimana cara Australia main. Jarang menyerang, tapi selalu efektif mencetak gol. Harus seperti itu. Tugas STY untuk segera benahi sektor itu agar target tercapai," ujar Erick dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Shin Tae Yong Janji Gak Khianati Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya