Janji Jokowi Buat Dukung Timnas Amputasi di Piala Dunia 2022

Timnas Amputasi diterima Jokowi di Istana Negara

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima para pemain dan pelatih Timnas Amputasi Indonesia di Istana Negara, Rabu (21/9/2022). Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menerima para pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI), yang nantinya berlaga di Piala Dunia 2022.

Jokowi merasa bangga atas prestasi para pemain yang mampu lolos dari Kualifikasi Zona Asia. Dia menilai itu menjadi bentuk dari kerja keras para pemain selama ini.

"Saya sangat senang atas prestasi lolosnya dari kualifikasi di zona Asia Timur, sekali lagi selamat," kata Jokowi mengutip keterangan tertulis.

1. Pesan khusus Jokowi

Janji Jokowi Buat Dukung Timnas Amputasi di Piala Dunia 2022Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo menerima pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) dan para atlet (Dok.Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Piala Dunia Sepak Bola Amputasi akan digelar di Istanbul, Turki, pada 1 hingga 9 Oktober 2022 mendatang. Secara khusus Jokowi berpesan agar Timnas amputasi dapat menyiapkan diri dengan baik demi menorehkan prestasi yang membanggakan bagi bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

"Saudara semua membawa nama negara, Indonesia, sehingga persiapan, latihan bagus, dan penuh disiplin agar betul-betul nanti prestasinya membanggakan seluruh rakyat," ujar Jokowi.

Baca Juga: [WANSUS] Perjuangan dan Kebangkitan Lewat Timnas Amputasi Indonesia

2. Disokong negara, janji dikasih bonus

Janji Jokowi Buat Dukung Timnas Amputasi di Piala Dunia 2022Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo menerima pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) dan para atlet (Dok.Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Selama ini, Timnas amputasi sempat kesulitan terkait pendanaan. Mereka sempat kesulitan mencari lawan uji coba akibat masalah pembiayaan.

Jokowi berjanji kalau negara bakal mendukung sepenuhnya Timnas amputasi dan memberikan tambahan bekal selama berlaga di Turki.

"Tambah sedikit sangu untuk bapak, ibu, sekalian ke pertandingan yang akan diadakan di Turki 1 hingga 9 Oktober 2022 nanti sebesar Rp500 juta. Nanti kalau pulang juara, beda soal," ujar Jokowi.

3. Sudah jalani tes medis

Janji Jokowi Buat Dukung Timnas Amputasi di Piala Dunia 2022Timnas Amputee Indonesia jalani tes medis jelang berlaga di Piala Dunia 2022. (dok. INAF).

Ini menjadi kali pertama Timnas amputasi main di Piala Dunia. Dalam debutnya, Timnas amputasi sudah masuk grup maut, bersama Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat.

Demi menghadapi Piala Dunia, Timnas amputasi yang diasuh Bayu Guntoro itu sudah menjalani tes medis untuk menilik kekuatan fisiknya. Tes fisik sudah dijalankan di RSKB Columbia Asia pada awal September 2022 lalu.

Berdasarkan hasil tes medis, skuad Garuda dinyatakan siap untuk turun bertempur di Turki.

Baca Juga: Jalani Tes Medis, Timnas Amputee Indonesia Siap Tempur di Piala Dunia 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya