Jerman Jadi Negara Pertama yang Lolos Piala Dunia 2022

Jerman dan Qatar lolos kualifikasi Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Jerman jadi negara pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022, Qatar. Hasil ini diraih Jerman usai membantai Makedonia Utara 4-0 dalam laga lanjutan penyisihan Grup J, Selasa (12/10/2021).

Jerman dipastikan lolos sebagai juara grup dengan mengumpulkan 21 poin dari delapan laga yang sudah dijalani. Perolehan poin Der Panzer sudah tak bisa lagi dikejar oleh tim-tim di bawahnya.

1. Balas dendam sempurna

Jerman Jadi Negara Pertama yang Lolos Piala Dunia 2022Kai Havertz bersama tim nasional Jerman. (goal.com)

Kemenangan telak Jerman atas Makedonia Utara jadi balas dendam sempurna. Memang, pada April 2021 lalu, Jerman kalah dengan skor 1-2.

Tapi, kali ini mereka mampu membantai Makedonia Utara lewat aksi Kai Havertz (50'), Timo Werner (70', 73'), dan Jamal Musiala (83'). Makin manis ketika Jerman memastikan kalau jadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia.

Baca Juga: Laga Tak Mudah Juara Piala Eropa di Kualifikasi Piala Dunia 2022

2. Jerman tak terkalahkan di lima laga terakhir

Jerman Jadi Negara Pertama yang Lolos Piala Dunia 2022Timnas Jerman lolos kualifikasi Piala Dunia 2022 (instagram.com/dfb_team)

Kemenangan atas Makedonia Utara jadi catatan positif Jerman dalam lima laga terakhirnya di kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka belum pernah kalah dalam periode tersebut.

Menariknya, Jerman menang di lima laga terakhirnya dengan cuma kebobolan sekali, yakni saat menghadapi Rumania, 2-1. Sisanya, diakhiri Jerman dengan clean sheets. Hebatnya lagi, Jerman mencetak 18 gol dari lima laga tersebut.

3. Tantangan sebenarnya baru muncul

Jerman Jadi Negara Pertama yang Lolos Piala Dunia 2022Twitter.com/@DFB_Team_EN

Lolos ke Piala Dunia, Jerman tak mau bersantai. Gelandang Jerman, Leon Goretzka, menyatakan tantangan sebenarnya justru baru dimulai.

Misi Jerman di Piala Dunia 2022 jelas, mengembalikan pamor di pentas internasional. Ya, Jerman belakangan memang tak mampu berbuat banyak di turnamen internasional. Pada Piala Dunia 2018, mereka babak belur. Kemudian, di Piala Eropa 2020, Jerman tak bisa berbuat banyak.

"Bukan waktunya bersantai, karena masih banyak yang harus dikerjakan. Kami masih tumbuh sebagai tim, makin kuat bersama. Tak ada yang lebih baik dari pekerjaan Hansi Flick sekarang," ujar Goretzka.

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris Ini Tak Dipanggil di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya