Jika Pep Guardiola Tinggalkan ManCity, Shaun: Sulit Tergantikan

Akankah Manchester City tetap mendominasi?

Jakarta, IDN Times - Legenda Manchester City, Shaun Wright-Phillips, mengaku belum bisa membayangkan jika Pep Guardiola suatu saat nanti angkat kaki dari Etihad.

Sejau ini, dia tak memungkiri jika Guardiola memang dianggap menjadi salah satu kunci keberhasilan ManCity jadi klub menakutkan di Eropa.

Dia pun yakin pelatih asal Spanyol itu tak akan pergi dalam waktu dekat ini.

"Dia (Pep Guardiola) tidak akan pernah pergi," kata Shaun berkelakar dengan media dalam Treble Trophy Tour di Jakarta pada Kamis (28/9/2023).

1. Sebut Guardiola tak utamakan kemampuan individu

Jika Pep Guardiola Tinggalkan ManCity, Shaun: Sulit TergantikanShaun Wright-Phillips Treble Trophy Tour Manchester City di Jakarta (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Ditanya soal nasib Manchester City andaikata suatu saat nanti Pep Guardiola pergi, Shaun beranggapan kondisi itu sulit dibayangkan.

Menurut Shaun, akan sulit menemukan pengganti Guardiola. Namun, dia yakin klub sudah punya rencana yang matang jika itu terjadi.

"ini adalah posisi yang sulit untuk digantikan. Jika hari itu datang, saya rasa klub pasti sudah mempersiapkan semuanya dan Pep (Guardiola) terlibat dalam keputusan itu." ujar Shaun.

Shaun meyakini saat ini tak seorang pun ingin Pep Guardiola pergi dari ManCity.

Baca Juga: Legenda ManCity: Tentu Haaland Harus Memenangkan Ballon d'Or

2. Sulit mencari pengganti Pep Guaridola

Jika Pep Guardiola Tinggalkan ManCity, Shaun: Sulit TergantikanPotret Pep Guardiola saat menghadapi Real Madrid, Rabu (10/5/2023). (uefa.com).

Shaun kemudian menilai, Pep Guardiola bisa membangun tim tanpa mengandalkan satu pemain saja. Alhasil, seluruh penggawa The Citizen disebut punya peran yang sama besarnya dalam tim.

Menurutnya, Pep Guardiola tak menjadikan kemampuan individu sebagai dasar utama membangun ManCity.

"Menurut saya, Pep (Guardiola) tidak  membangun tim ini berdasarkan kemampuan individu pemain saja," ujar Shaun.

Dia menilai, ada kriteria penting yang dipilih Guardiola memperkuat skuad ManCity. Salah satunya adalah aspek kerja sama dalam tim.

3. Pep Guardiola lampaui Alex Ferguson

Jika Pep Guardiola Tinggalkan ManCity, Shaun: Sulit TergantikanPep Guardiola. (skysports.com)

Pep Guardiola jadi juru taktik paling jitu yang dimiliki Manchester City sepanjang sejarah.

Sejak bergabung dengan ManCity pada 2016 silam, Guardiola berhasil mempersembahkan treble winner setelah menjuarai Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Guardiola sudah mengoleksi 35 gelar. Sejak mengawali karier pada 2008 lalu, Guardiola punya catatan rata-rata 2,3 trofi per musim.

Dia mengalahkan mantan Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, yang mencatat 1,2 trofi per musim setelah mengantongi 49 trofi dalam 39 tahun perjalanan kariernya.

Baca Juga: Manchester City Tersingkir di Carabao Cup, tapi Guardiola Tak Marah

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya