Kekesalan Mendalam Shin Tae Yong ke Wasit Laga Timnas U-23

Banyak keputusan wasit yang dianggap rugikan Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, mengaku masih menyesalkan sejumlah keputusan wasit selama anak-anak asuhnya mengikuti Piala Asia U-23 2024 dan play-off Olimpiade 2024 Paris.

Meski tak menyebutkan spesifik keputusan yang mana saja yang dianggap tak tepat, namun pelatih asal Korea Selatan itu merasa performa wasit saat memimpin laga Timnas U-23 memang tidak prima.

"Ketika lawan Qatar, Uzbekistan, dan Irak, saya menonton terus videonya. Apalagi, saya sudah ada di sepak bola hampir 45 tahun. Tapi, banyak sekali keputusan yang sangat disayangkan," kata Shin setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Sabtu (11/5/2024) pagi WIB.

1. Wasit play-off juga kena semprot Shin

Kekesalan Mendalam Shin Tae Yong ke Wasit Laga Timnas U-23Potret Kaba Diawara dan Shin Tae Yong dalam laga Timnas U-23 vs Guinea. (Dok. PSSI).

Wasit yang memimpin laga Timnas U-23 kontra Guinea dalam play-off Olimpiade 2024 juga menjadi sorotan Shin. Dia menyayangkan kinerja para pemainnya harus dicemari dengan keputusan wasit yang kontroversial.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah ketika wasit menghadiahi dua penalti ke Guinea. Padahal, dalam dua penalti itu, tak terlihat Witan Sulaeman mengganjar pemain Guinea dan tekel Alfeandra Dewangga begitu bersih.

Saking kesalnya dengan performa wasit saat itu, Shin sampai protes keras. Hingga akhirnya dia dijatuhi dua kartu kuning dan harus keluar. Shin melakukan protes karena pada pertandingan itu, video assistant referee memang tidak digunakan.

"Ada keputusan tidak adil dari wasit yang tak bisa saya terima. Beberapa kali, saya memutar video, tapi tetap juga ada kesalahan dari wasit. Itu yang sangat disayangkan," kata Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Belum Tanda Tangan Kontra Baru di Timnas

2. Menambah kepercayaan diri

Kekesalan Mendalam Shin Tae Yong ke Wasit Laga Timnas U-23Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong tiba di Indonesia (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Di sisi lain, Shin mengapresiasi performa anak-anak asuhnya. Garuda Muda dinilai Shin bekerja keras sepanjang turnamen dan mendulang banyak pengalaman berharga.

"Kepercayaan diri mereka meningkat. Itu mungkin yang bisa dibilang menjadi pencapaian paling besar kami, kepercayaan diri," kata Shin Tae Yong.

3. Timnas U-23 sudah pulang

Kekesalan Mendalam Shin Tae Yong ke Wasit Laga Timnas U-23Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, saat mendarat di Jakarta (IDN Times / Margith Juita Damanik)

Timnas Indonesia U-23 tiba di Tanah Air. Garuda Muda mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (11/5/2024) kisaran pukul 06.50 WIB setelah melakoni perjalanan menggunakan pesawat Qatar Airways bernomor penerbangan QR 958 dan keluar dari Terminal 3 pukul 07.29 WIB.

Kedatangan Timnas U-23 sebenarnya lebih cepat dari jadwal. Seharusnya, mereka mendarat sekitar pukul 07.40 WIB. Nantinya, para pemain Timnas U-23 akan berkumpul di Jakarta terlebih dulu sebelum kembali ke klub masing-masing.

Baca Juga: Sambutan Riuh Suporter ke Timnas U-23 di Bandara

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya