Ketum PSSI: Indonesia Masih Punya 2 Kesempatan Lagi ke Olimpiade 2024

Indonesia masih punya peluang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mrngingatkan mimpi Timnas Indonesia U-23 tampil di Olimpiade 2024 belum kandas. Skuad Garuda Muda masih punya dua skenario untuk dijalankan demi mengunci tiket Olimpiade 2024 Paris.

Ini disampaikan Erick usai Timnas U-23 klah dari Uzbekistan dengan skor 0-2 dalam kaga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024) malam WIB.

1. Masiih ada dua skenario tersisa

Ketum PSSI: Indonesia Masih Punya 2 Kesempatan Lagi ke Olimpiade 2024Timnas U-23 lawan Uzbekistan. (Dok. PSSI)

Kans Timnas U-23 untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris belum pupus. Ada dua skenario tersisa yang dapat dimanfaatkan skuad Garuda Muda mengunci tiket kualifikasi.

Indonesia masih menjalani perebutan posisi ketiga melawan IIrak. Selain memperebutkan posisi tiga turnamen, duel itu menentukan satu tiket wakil Asia di Olimpiade 2024.

Jika gagal pada perebutan posisi ketiga, skuad Garuda Muda masih punya cara lain. Mereka bisa melakoni babak play-off di Paris pada 9 Mei 2024. Lawan yang akan dihadapi adalah Guinea U-23.

"Masih ada dua kesempatan lagi. Mentalitas para pemain sudah teruji, dan saya tetap mohon doa serta dukungan seluruh pecinta sepakbola agar keinginan kita semua melihat generasi emas sepakbola bisa terbang tinggi akan tercapai," kata Erick dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Kalah dari Uzbekistan, Timnas U-23 Dejavu Asian Games 2022

2. Puji Timnas U-23

Ketum PSSI: Indonesia Masih Punya 2 Kesempatan Lagi ke Olimpiade 2024Timnas U-23 lawan Uzbekistan. (Dok. PSSI)

Meski belum berhasil menembus final, Timnas U-23 yang merupakan debutan di ajang ini, mampu mencetak sejarah dengan pertama kali lolos ke semifinal Piala Asia U-23.

Alhasil, Erik berharap para pemain dapat terus memperlihatkan kekuatan mental untuk melakoni laga perebutan posisi ketiga nanti.

"Saya menjadi saksi bahwa para pemain punya semangat tinggi untuk menang dan menembus final, namun Uzbekistan tim yang tangguh. Saya puas dengan timnas dan bangga karena sepakbola telah menyatukan Indonesia," kata Erick.

Ketua Umum PSSI itu juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para pecinta sepak bola tanah air, baik yang menonton secara langsung di stadion maupun di Indonesia.

3. Indonesia dibekui Uzbekistan

Ketum PSSI: Indonesia Masih Punya 2 Kesempatan Lagi ke Olimpiade 2024Timnas U-23 lawan Yordania. (Dok. PSSI)

Timnas U-23 tak bisa santai usai kalah dari Uzbekistan 2-0 dalam laga semifinal Piala Asia U-23. Sebab, mereka sudah ditunggu Irak dalam duel perebutkan tempat ketiga.

Tentu Timnas U-23 tak mau mengakhiri duel dengan kekalahan. Sebab, peluang terbaiknya lolos ke Olimpiade 2024 hanyalah meraih posisi tiga di Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga: 5 Keputusan Kontroversi Wasit yang Dinilai Rugikan Timnas U-23

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya