Comscore Tracker

Mathew Leckie, Pahlawan Australia yang Cetak Sejarah di Piala Dunia

Jadi pahlawan untuk Australia di Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Nama Mathew Leckie mendadak jadi sorotan dunia. Maklum, dia menjadi pahlawan Australia usai gol semata wayangnya mengantarkan mereka melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Leckie mampu membuat Denmark terhentak. Sebiji golnya itu membuat Australia bisa melangkah untuk kedua kalinya ke fase serupa, sekaligus memulangkan Denmark dari ajang empat tahunan ini.

1. Cetak gol piala dunia pertama di laga vs Denmark

Mathew Leckie, Pahlawan Australia yang Cetak Sejarah di Piala DuniaMathew Leckie mencetak gol di laga Australia vs Denmark babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Laga Australia kontra Denmark jadi catatan manis untuk Mathew Leckie. mencetak gol di babak kedua, dia membuat sejarah karena mencatatkan gol debutnya di ajang Piala Dunia.

Dengan aksi olah bola ciamiknya, Leckie mampu mengelabui Joakim Maele dan mengakhirinya dengan sepakan keras. Bola pun meluncur mulus ke gawang yang dikawal Kasper Schmeichel. 

Torehan ini jadi gol ke-14 Leckie untuk Austraia sepanjang kariernya. Tentu, itu jadi rekor yang cukup tajam bagi pemain yang membela timnas.

Baca Juga: Libas Denmark, Australia Maju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022!

2. Leckie merupakan pahlawan Australia

Mathew Leckie, Pahlawan Australia yang Cetak Sejarah di Piala DuniaTimnas Australia di laga vs Denmark babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 (Twitter.com/Socceroos)

Mathew Leckie lahir di Melbourne, Australia pada 4 Februari 1991. Dalam kesebelasannya, Leckie menempati posisi sebagai gelandang serang. Termasuk pada skuad Australia.

Leckie pernah menapaki karier di Bundesliga. Leckie diketahui pernah bergabung dengan Borussia Moenchengladbach dan juga PSV Frankfurt. Namun, dia kemudian pindah-pindah klub.

Leckie juga pernah tergabung dalam skuad FC Ingolstadt 04 dan Hertha BSC sebelum kembali ke tanah kelahirannya dan membela Melbourne City FC.

3. Biodata singkat Mathew Leckie

Mathew Leckie, Pahlawan Australia yang Cetak Sejarah di Piala DuniaMathew Leckie mencetak gol di laga Australia vs Denmark babak penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 (Twitter.com/Socceroos)

Leckie memulai karier profesionalnya sebagai pesepak bola di Adelaide United. Dia saat itu tampil pertama kali di ajang A-League 2009 saat timnya bentrok dengan Melbourne Victory. Dia masuk sebagai pemain pengganti. 

Leckie memulai karier sebagai penggawa Australia pada 2011. Dia kemudian masuk tim yang tampil di babak kualifikasi AFC Asian Cup 2011. Sayang, saat duel melawan Indonesia, dia tak bisa hadir.

Baru pada 2013, Leckie mulai mendapat tempat di skuad Australia. Dia bermain apik hingga bisa mendapatkan posisi utama. Tak ayal, dia perannya dibutuhkan dalam poros permainan Australia.

Kini, Mathew Leckie juga mampu menyamai rekor senironya Tim Cahill yang bisa membawa Australia melaju ke babak 16 besar. Catatan itupun akab berusaha dilewati dia untuk membuat sejarah.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Australia Libas Denmark, Gol Debut Leckie

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya