Minta Maaf ke Warga Korea, Shin Tae Yong: Kami Kerja Keras

Garuda Muda kandaskan mimpi Olimpiade Korea Selatan

Intinya Sih...

  • Timnas Indonesia U-23 kalahkan Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024
  • Kemenangan adu penalti 11-10 memastikan Indonesia dekati Olimpiade 2024 Paris
  • Pelatih Shin Tae Yong minta maaf kepada warga Korea Selatan atas kekalahan timnya

Jakarta, IDN Times - Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menyampaikan permintaan maafnya kepada warga Korea Selatan. Ini menyusul kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024 pada Jumat (26/4/2024).

Skuad Garuda Muda menang dalam adu penalti 11-10 atas Korea Selatan usai laga 120 menit berakhir imbang 2-2. Kemenangan ini memastikan Indonesia selangkah lagi menuju Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: Media Korea: Shin Tae Yong Pelatih yang Kami Lewatkan

1. Shin Tae Yong minta maaf

Minta Maaf ke Warga Korea, Shin Tae Yong: Kami Kerja KerasPelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong dalam konferensi pers usai pertandingan melawan Korea Selatan (dok.AFC U23 ASIAN CUP QATAR 2024)

Shin Tae Yong menjadi nahkoda yang mengendalikan skuad Garuda Muda mampu memulangkan salah satu raksasa Asia, Korea Selatan dari Piala Asia U-23 2024. Pelatih asal Korea Selatan ini meminta maaf kepada masyarakat Korea Selatan karena sudah membuat "Taeguk Warriors" dipastikan tak tampil di Olimpiade 2024 Paris.

"Saya minta maaf kepada warga Korea. Saya minta maaf karena dunia kemenangan begitu dingin. Saya minta maaf karena membuat masalah untuk orang-orang, tapi kami bekerja keras untuk menaikkan harga diri bangsa di Indonesia," kata Shin Tae Yong mengutip Naver.

Baca Juga: Kegemilangan Ernando Jadi Penebusan Dosa kepada Shin Tae Yong

2. Mimpi Olimpiade Korea Selatan harus padam

Minta Maaf ke Warga Korea, Shin Tae Yong: Kami Kerja KerasShin Tae Yong menyalami official dan pemain timnas Korea Selatan U-23 usai pertandingan Indonesia vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024 (YouTube.com/mbicnews)

Kekalahan melawan Timnas Indonesia U-23 menjadi pukulan berat bagi Korea Selatan. Kandas di perempat final, skuad Korea Selatan dipastikan tak lolos Olimpiade 2024 Paris.

Ini jadi kali pertama Korea Selatan tak tampil di Olimpiade sejak 1984. Dalam 40 tahun terakhir, Korea Selatan selalu tampil di Olimpiade bahkan meraih kemenangan pada edisi 2012 London.

Mirisnya, kegagalan mereka tercipta usai melawan tim yang dikomandoi orang Korea Selatan juga yakni Shin Tae Yong.

Baca Juga: Shin Tae Yong Salami Pemain Korea Usai Bawa Timnas U-23 Menang

3. Ingin Korea cetak sejarah

Minta Maaf ke Warga Korea, Shin Tae Yong: Kami Kerja KerasPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong bersama kapten tim Rizky Ridho dalam sesi konferensi pers jelang duel melawan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23 2024. (dok. PSSI)

Kepada media Korea Selatan, Shin Tae Yong mengatakan, dia menyadari Korea akan mencetak sejarah terbaik di dunia jika bisa memastikan diri tampil di 10 edisi Olimpiade.

"Saya juga berhasil mencapai Piala Dunia kedelapan kali berturut-turut di stadion ini. Saya ingin pelatih (Korea Selatan), Hwang Sun Hong membuat sejarah serupa," kata Shin Tae Yong.

Namun, Shin Tae Yong dan anak-anak asuhnya di Timnas Indonesia U-23 memaksa Korea Selatan mengubur dalam mimpi mereka di Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: Campur Aduk Hati Shin Tae Yong Usai Indonesia Bungkam Korea

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya