Naturalisasi di Timnas Gak Digeber Lagi

Shin Tae Yong fokus antar Timnas Indonesia lolos putaran 3

Jakarta, IDN Times - Proyek naturalisasi untuk Timnas Indonesia dipastikan akan ditunda untuk sementara waktu. Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, menegaskan masih belum memiliki rencana untuk mencari pemain keturunan Indonesia yang berpotensi dinaturalisasi.

Shin mengaku fokusnya saat ini hanyalah menyiapkan tim jelang dua laga pamungkas putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, melawan Irak dan Filipina. Jadi, dia hanya ingin fokus menyiapkan tim dengan pemain yang sudah ada.

"Target saat ini mungkin yang paling dekat Kualifikasi Piala Dunia putaran kedua. Jadi, ini dulu yang saya akan loloskan. Langkah demi langkah, kami bicarakan lagi targetnya," kata Shin, Sabtu (11/5/2024).

Baca Juga: Shin Tae Yong Belum Tanda Tangan Kontra Baru di Timnas

1. Belum ada niatan mencari pemain tambahan

Naturalisasi di Timnas Gak Digeber LagiCalvin Verdonk (dok. instagram @shintaeyong7777)

Shin menyatakan saat ini hanya mau memakai pemain yang sudah ada. Sebab, menurutnya kualitas pemain Timnas secara keseluruhan sudah mumpuni.

"Belum ada (rencana mencari pemain naturalisasi). Mungkin akan fokus dulu untuk pertandingan-pertandingan yang akan datang," ujar Shin.

2. Ada tiga pemain naturalisasi baru

Naturalisasi di Timnas Gak Digeber LagiKiper naturalisasi Indonesia, Maarten Paes (YouTube.com/FC Dallas)

PSSI masih mengurus dua pemain untuk bisa dinaturalisasi, yakni Calvin Verdonk, dan Jens Raven. Sementara, kiper Dallas FC, Maarten Paes, sudah berhasil dinaturalisasi.

Hanya saja, PSSI masih menunggu lampu hijau dari FIFA demi menggunakan jasa Paes di laga resmi. Sebab, garis keturunan Indonesia sama sekali tak ada dalam diri Paes. Hanya, leluhurnya memang pernah bermukim di Indonesia ketika masa kolonial Belanda.

Secara de facto, sebenarnya hal tersebut sudah cukup untuk membuatnya jadi WNI dan pemain Timnas. Namun, butuh persetujuan dari FIFA dalam urusan alih status Paes. 

3. Posisi Timnas diuntungkan

Naturalisasi di Timnas Gak Digeber LagiPotret Shin Tae Yong saat memimpin latihan Timnas U-23 di Prancis. (Dok. PSSI).

Posisi Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2024 saat ini cukup menguntungkan. Mereka ada di posisi kedua klasemen sementara Grup F, dengan koleksi tujuh poin. Timnas hanya harus menambah tiga poin lagi demi bisa mengamankan diri.

Artinya, kemenangan atas Irak atau Filipina sudah cukup membantu Pasukan Garuda buat lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Untuk ke depannya, masa depan sepak bola Indonesia masih cerah. Jadi, pastinya akan lebih banyak prestasi baik yang diraih," kata Shin.

Baca Juga: Kekesalan Mendalam Shin Tae Yong ke Wasit Laga Timnas U-23

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya