Pemain Muda Tottenham Hotspur Gagal Perkuat Timnas U-17

Gabriel Han Willhof-King harus dinaturalisasi

Jakarta, IDN Times - Pemain muda Tottenham Hotspur, Gabriel Han Willhoft-King, dipastikan batal bergabung dengan Timnas Indonesia U-17. Kepastian ini disampaikan oleh pelatih Timnas U-17, Bima Sakti, saat ditemu usai sesi latihan, Kamis (27/7/2023).

Bima menjelaskan masalah utama mengapa Gabriel tak bisa memperkuat Timnas U-17. Itu disebabkan oleh Gabriel tak memiliki paspor Indonesia dan harus menjalani proses naturalisasi terlebih dulu.

1. Gabriel batal perkuat timnas

Pemain Muda Tottenham Hotspur Gagal Perkuat Timnas U-17Pelatih timnas Indonesia U-17, Bima Sakti (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Bima menuturkan, sudah menjalin komunikasi dengan orang tua Gabriel. Dalam percakapan itu, Bima baru tahu kalau Gabriel tak punya paspor Indonesia.

"Untuk pemain Tottenham (Gabriel), mohon maaf kemarin kami sudah pelajari dan komunikasi dengan orang tuanya. Ternuata, tidak ada paspor Indonesianya," ujar Bima.

Baca Juga: Kenapa Banyak Pemain Timnas Indonesia Ikut Pendidikan Kepolisian?

2. Gabriel harus dinaturalisasi

Pemain Muda Tottenham Hotspur Gagal Perkuat Timnas U-17Gabriel Han Willhoft-King, pemain muda Tottenham U-18 yang berdarah Indonesia (tottenhamhotspur.com)

Dengan fakta itu, Gabriel harus menjalani proses naturalisasi. Namun, hal itu pasti akan memakan waktu yang lama. Padahal, Timnas U-17 sudah diburu waktu lantaran Piala Dunia U-17 akan berlangsung pada akhir 2023.

"Kalau naturalisasi butuh waktu. Mungkin, nanti untuk Timnas U-20 bisa ya," ujar Bima.

3. Gabriel minat bela Timnas Indonesia

Pemain Muda Tottenham Hotspur Gagal Perkuat Timnas U-17Gabriel Han Willhoft-King (instagram.com/hanwking24)

Menurut Bima, Gabriel sebenarnya merupakan salah satu kandidat pemain diaspora yang menjanjikan dan bisa memberi dampak positif dalam Timnas U-17. Apalagi, Gabriel tercatat sudah pernah memperkuat Inggris U-16. Bima juga menegaskan, Gabriel menaruh minat untuk memperkuat skuad Merah-Putih di kancah Internasional.

"Sebenarnya (Gabriel) mau. Dia (darah Indonesia) kayaknya dari nenek atau kakeknya itu orang Indonesia," ujar Bima Sakti.

Baca Juga: 2 Pemain Diaspora Siap Merapat ke TC Timnas U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya