Profil Bio Paulin, Eks Pemain Naturalisasi yang Nyaleg di Jayapura

Mantan bek yang disegani di Persipura Jayapura

Jakarta, IDN Times - Mantan pemain Timnas Indonesia, Bio Paulin Pierre menjadi sorotan. Eks bintang Persipura Jayapura yang sudah dinaturalusasi ini masuk dalam daftar calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Jayapura untuk Pemilu 2024.

Bio Paulin menjalani karier di Liga Indonesia sejak 2006 lalu. Banyak berkontribusi untuk klub khususnya Persipura, Bio Paulin akhirnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2015 lalu.

1. Memulai karier sejak tahun 2000

Profil Bio Paulin, Eks Pemain Naturalisasi yang Nyaleg di JayapuraMantan pemain timnas Indonesia, Bio Paulin Pierre (YouTube.com/Sport77 Official)

Bio Paulin menjalani karier di level junior pada 1996 hingga 2000. Karier sepak bola seniornya dimulai pada era Milenium.

Bio Paulin pertama kali gabung dengan klub profesional di Achille FC. Di sana, namanya mulai dpierhitungkan hingga bisa hijrah ke luar.

Pemain kelahiran Kamerun ini pernah merantau ke Prancis dan bergabung dengan RC lensa B pada 2002. Setelah dua tahun, Bio Paulin kembali ke Kamerun dan bergabung dengan Union Douala.

Bertahan satu musim di sana, Bio Paulin akhirnya balik ke Achille FC. Kemudian, dia memulai karier di Indonesia pada 2006.

Baca Juga: Caleg DPR RI di Makassar Viral Bagi-Bagi Uang Siap Diperiksa Bawaslu

2. Bek yang disegani di Liga Indonesia

Profil Bio Paulin, Eks Pemain Naturalisasi yang Nyaleg di JayapuraMantan pemain timnas Indonesia, Bio Paulin Pierre (YouTube.com/Sport77 Official)

Karier Bio Paulin di Liga Indonesia dimulai pada 2006. Kala itu pemain bertahan ini bergabung dengan Mita Kukar.

Bio Paulin kemudian pindah ke Persipura. Di skuad Mutiara Hitam dia langsung jadi andalan dan ikon klub.

Dia punya kontribusi besar saat masih memperkuat Persipura. Selama 10 tahun di sana, Bio Paulin menyumbang tiga gelar juara ISL.

Selain itu, Bio Paulin juga ikut bergabung dalam skuad yang mempersembahkan gelar Community Shield 2009, IIC 2011, dan ISC A 2016.

3. Pemain naturalisasi yang jadi caleg

Profil Bio Paulin, Eks Pemain Naturalisasi yang Nyaleg di JayapuraMantan pemain timnas Indonesia, Bio Paulin Pierre (https://infopemilu.kpu.go.id/)

Bio Paulin dinaturalisasi sejak 2015 lalu. Pemain kelahiran Nanga Eboko Kamerun pada 15 April 1984 itu kemudian menjalani debut membela Timnas Indonesia pada tahun yang sama.

Setelah itu, Bio Paulin beberapa kali pindah-pindah klub. Memilih gantung sepatu, dia banting setir masuk dunia politik.

Bio Paulin Pierre pun kini jadi caleg Partai Gerindra. Tercatat masuk nomor urut 11, pemain naturalisasi ini maju untuk daerah pemilihan Kota Jayapura 4.

Baca Juga: 11 Pemain Naturalisasi Indonesia Era Shin Tae Yong, Siapa Saja?

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya