Sederet Kontroversi Jersey Timnas Indonesia Milik Erspo

Jersey Erspo jadi perbincangan di media sosial

Jakarta, IDN Times - Kontroversi mengenai produsen jersey Timnas Indonesia, Erspo, terus bergulir. Hingga Senin (1/4/2024), topik Erspo masih ramai dibahas oleh warganet dan kritikan masih deras.

Akibat dari sejumlah kontroversi yang muncul dengan diawali sikap antikritik desainernya, Ernanda Putra, warganet ramai-ramai melayangkan kampanye Boikot Erspo. Proses Erspo bisa tembus menjadi produsen jersey Timnas bahkan disinggung warganet.

Tak sedikit dari mereka yang mempertanyakan status Erspo. Mereka bingung apakah Erspo sama dengan Erigo atau tidak.

IDN Times merangkum berbagai kontroversi yang menyelimuti Erspo. Berikut daftarnya.

1. Desain jersey baru dikritik

Sederet Kontroversi Jersey Timnas Indonesia Milik ErspoAway Jersey Timnas Indonesia 2024 (instagram.com/erspo.official)

Jersey baru Timnas menuai kritik pedas di tengah masyarakat. Sejak kemunculannya pada Maret 2024 lalu, para penggemar sepak bola tampak kesal dengan desain yang dikeluarkan.

Para pencinta bola tanah air menilai desain jersey terbaru Pasukan Merah Putih jelek. Bahkan, tak sedikit yang menyayangkan keputusan PSSI untuk memilih Erspo sebagai produsen jersey Indonesia.

Baca Juga: Timnas Kedatangan Pemain Naturalisasi Baru, Calvin Verdonk

2. Desainer tak terima kritik

Sederet Kontroversi Jersey Timnas Indonesia Milik ErspoErnanda Putra, founder Makna Group yang mendesain jersey baru timnas Indonesia (instagram.com/ernandaputra)

Kekesalan penikmat sepak bola terhadap Erspo makin panas lantaran Ernanda dinilai antikritik. Saat ada komentar tak enak dari penggemar soal desain yang dibuat, Ernanda selalu menjadi defensif. Tak jarang balasan komentarnnya malah balik menyudutkan penggemar.

Puncaknya, ketika Ernanda mendapat kritik atas desainnya dari pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin. Ernanda membalasnya dengan cara yang tak elok, dan menyeret fans klub tertentu. Selain itu, ada kesan Ernanda menyerang balik Justin secara personal.

Serangan balik dilancarkan Justin dan Ernanda langsung kena semprot warganet hingga akhirnya, kasus ini begitu ramai dibicarakan. Hingga akhirnya muncul seruan #BoikotErspo dan #BoikotMakna di media sosial.

Sebenarnya, bukan cuma Ernanda yang bersikap demikian. Salah satu desainer, Efendi Mahmud, berkomentar pedas sempat membalas kritik warganet terhadap jersey baru Timnas. Komentar ini dia keluarkan tak lama setelah peluncuran jersey.

"Bodo amat, kalau gak suka ya tinggal gak usah beli aja sih," ujar Efendi.

Baca Juga: Kronologi Polemik Erspo Selaku Apparel Timnas Indonesia

3. Akun Instagram ternyata sudah dari 2014

Sederet Kontroversi Jersey Timnas Indonesia Milik ErspoAkun instagram Erspo (instagram.com/erspo.official)

Akun instagram Erspo, @erspo.official, ikut menjadi sorotan. Ini lantaran Erspo dianggap mendulang followers dengan sangat banyak dalam waktu pendek.

Unggahan pertama Erspo keluar pada 23 Januari 2024 lalu. Per 1 April 2024, Erspo sudah memiliki 186 ribu lebih pengikut. Erspo terpantau sudah menunggah 49 unggahan dan mengikuti 64 akun lainnya, termasuk Erick Thohir.

Dari penelusuran IDN Times, ternyata akun Erspo sudah dibuat sejak Oktober 2014. Setidaknya, sudah tujuh kali akun tersebut ganti nama.

Baca Juga: Misteri Akun Instagram Erspo, Langsung Punya 180 Ribu Lebih Pengikut

Baca Juga: Ternyata Ada Erigo Sport, Bukti Erspo Berbeda

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya