Shin Tae Yong Akui Timnas U-23 di Ujung Tanduk 

Timnas U-23 harus menang melawan Timor Leste

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, mengakui posisi anak-anak asuhnya tak enak jelang duel kontra Timor Leste di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Minggu (20/8/2023). Shin menegaskan saat ini nasib Timnas U-23 juga bergantung pada tim lain.

Memang, Timnas U-23 wajib menang atas Timor Leste. Lebih baik lagi, menang telak agar asa ke semifinal terbuka. Itu karena, nasib Timnas U-23 akan bergantung pada hasil Malaysia versus Timor Leste atau tim di grup lain dalam persaingan runner up terbaik. 

"Walaupun bekerja maksimal, kami tidak bisa menentukan nasib langsung masuk semifinal atau tidak. Jadi, kami harus menunggu hasil pertandingan grup lain juga," kata Shin dilansir situs resmi PSSI.

1. Fokusnya menang dulu

Shin Tae Yong Akui Timnas U-23 di Ujung Tanduk Timnas Indonesia di Piala AFF U23 2023 (https://www.pssi.org/)

Shin menyatakan setidaknya Timnas U-23 menang dulu atas Timor Leste. Terkait lolos atau tidak, itu perkara lain karena posisi Garuda Muda yang tak enak.

"Kami memang harus prioritaskan hasil menghadapi Timor Leste. Kami harus bekerja keras agar bisa meraih kemenangan," kata Shin.

2. Ramadhan Sananta bisa main gak?

Shin Tae Yong Akui Timnas U-23 di Ujung Tanduk Shin Tae Yong di Piala AFF U23 2023 (https://www.pssi.org/)

Saat melawan Malaysia, Timnas U-23 sempat dibuat ketar-ketir dengan kondisi dua pemainnya, Ramadhan Sananta dan Mohammad Kanu. Keduanya tumbang saat melawan Malaysia.

Namun, Shin memastikan keduanya baik-baik saja. Hanya Irfan Jauhari yang harus dipantau kondisinya lebih lanjut. 

"Setelah dicek, Sananta dan Kanu tidak ada yang serius. Mereka bisa dimainkan untuk laga selanjutnya. Namun, untuk Irfan Jauhari masih harus diobservasi, setidaknya perlu beristirahat dulu," ujar Shin.

3. Menang atau angkat koper

Shin Tae Yong Akui Timnas U-23 di Ujung Tanduk Timnas Indonesia di Piala AFF U23 2023 (https://www.pssi.org/)

Kemenangan memang jadi hal wajib bagi Timnas U-23. Sebab, hanya dengan raihan tiga poin Timnas U-23 bisa membuka peluang lolos ke semifinal.

Setidaknya, dengan mengantongi tiga poin, Timnas U-23 bisa membuka peluang dengan bersaing di klasemen runner up terbaik. Ini menjadi opsi paling realistis, sebab Malaysia di atas kertas susah dikalahkan Timor Leste.

Baca Juga: Timnas U-23 Jadikan Piala AFF Ajang Uji Kematangan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya