Spanyol Juara Piala Dunia Wanita 2023, Felicidades!

Spanyol berhasil bungkam Inggris

Jakarta, IDN Times - Spanyol berhasil mengunci gelar juara Piala Dunia Wanita 2023 pertamanya. Hal itu dipastikan usai Spanyol mengalahkan Inggris dengan skor 1-0 di Stadium Australia, Minggu (20/8/2023).

Inggris sebenarnya memberikan perlawanan yang begitu sengit terhadap Spanyol di babak pertama. Namun, Inggris kerap kesulitan menyelesaikan peluang atau memberikan umpan terobos di sepertiga akhir pertahanan Spanyol.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit 29. Olga Carmona menjadi pahlawan untuk Spanyol. Memanfaatkan umpan jauh yang dilepas rekan setimnya, Olga melesakan tendangan dari kanan gawang yang berhasil menggetarkan jala gawang Inggris dan membawa Spanyol unggul 1-0.

Pada menit ke-41, Inggris punya kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Sayang, Ella Toone tak berhasil menguasai si kulit bundar. Tak ada gol tercipta hingga jeda, Spanyol unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, laga berlangsung alot. Pada menit ke 64, pemain Inggris Keira Walsh dinyatakan handball. Wasit perlu waktu lama untuk memutuskan sebelum akhirnya peninjauan ulang lewat VAR membawa Spanyol mendapat hadiah penalti.

Jennifer Hermoso maju sebagai algojo. Sial, eksekusi Hermoso berhasil dibaca dengan sempurna oleh kiper Inggris, Mary Earps.

Babak kedua semakin alot. Karena tertinggal, Inggris bermain lebih agresif. Namun, Lionesses sering kehilangan bola dan selalu gagal menciptakan peluang emas.

Spanyol harus dibuat jantungan karena injury time yang diberikan berlangsung selama 13 menit. Itu setelah Alex Greenwood sempat mengalami cedera di kepalanya dan ditangani dalam waktu yang lama.

Sepanjang masa injury time, La Roja Las Sonadoras dibuat kewalahan lewat serangan balik berbahaya Inggris.

Di menit akhir, Inggris masih mendapatkan kesempatan dari sepak pojok. Tak hanya 10, sebanyak 11 pemain masuk ke area dekat gawang Spanyol, termasuk Earps yang ikut overlap. Tendangan pojok dilepaskan, bola mengarah ke gawang dan berhasil ditangkap kiper Spanyol, Cata Coll. Bola dalam pelukan Coll dan peluit panjang dibunyikan, Spanyol dipastikan jadi juara Piala Dunia Wanita 2023.

Baca Juga: Drama di Ujung Laga, Spanyol Tembus Final Piala Dunia Wanita

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya