5 Penjualan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim Dingin

Dua diantaranya dijual ke klub Tiongkok

Chelsea menjadi salah satu klub yang dinilai cerdas pada bursa transfer pemain dalam satu dekade terakhir. Klub yang berjuluk The Blues itu berani membeli pemain top dengan harga yang fantastis. Kendati demikian, hal itu dapat terbayarkan dengan prestasi yang mereka peroleh.

Selain itu, Chelsea juga lihai dalam menjual pemainnya dengan harga yang tidak jauh dari harga pembelian pemain itu. Sehingga wajar saja jika Chelsea termasuk klub yang cerdas dalam urusan jual beli pemain. Untuk itu, berikut daftar lima penjualan termahal Chelsea pada bursa transfer musim dingin.

1. Diego Costa (60 juta euro)

5 Penjualan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginDiego Costa (twitter.com/ChelseaFC)

Nama pertama dalam daftar ini adalah Diego Costa. Costa dijual Chelsea ke Atletico Madrid pada bursa transfer musim dingin 2017/2018. Penyerang Timnas Spanyol tersebut dijual dengan harga 60 juta euro (Rp1,01 triliun).

Kepindahannya tersebut dikarenakan ada masalah antara dirinya dengan pelatih Chelsea saat itu, Antonio Conte. Kendati demikian, ia tetap berhasil menjadi ujung tombak mematikan selama berseragam Chelsea.

Costa telah mencetak 59 gol dari 120 pertandingan di semua kompetisi selama membela The Blues. Selain itu, ia juga membantu Chelsea dalam meraih dua gelar Premier League dan satu gelar Piala Liga.

2. Oscar (60 juta euro)

5 Penjualan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginOscar (twitter.com/ChelseaFC)

Oscar meninggalkan Chelsea pada bursa transfer musim dingin 2016/2017 ketika dirinya masih berumur 25 tahun. Ia memilih untuk bergabung dengan Shanghai SIPG, klub asal Tiongkok dengan biaya transfer sebesar 60 juta euro (Rp1,01 triliun).

Keputusan Oscar tersebut cukup mengejutkan karena pemain seumurannya saat itu akan lebih memilih melanjutkan karier di Eropa. Kepindahannya tersebut juga memecahkan rekor penjualan termahal Chelsea dan pembelian termahal oleh klub Asia saat itu.

Selama di Chelsea, pemain asal Brasil tersebut mencatatkan 206 pertandingan dengan kontribusi 38 gol dan 36 assist. Dirinya juga membantu Chelsea dalam merengkuh 2 gelar Premier League, 1 gelar Liga Europa, dan 1 gelar Piala Liga.

Baca Juga: 7 Mantan Pemain Chelsea yang Hanya Bertahan Singkat di Stamford Bridge

3. Juan Mata (44,73 juta euro)

5 Penjualan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginJuan Mata (twitter.com/premierleague)

Juan Mata merupakan pilar penting dalam skuad Chelsea saat menjuarai Liga Champions tahun 2012 dan Liga Europa tahun 2013. Dirinya mulai kehilangan tempat dalam skuad Chelsea ketika Jose Mourinho kembali ditunjuk sebagai pelatih Chelsea musim 2013/2014.

Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh Manchester United untuk memboyong gelandang Timnas Spanyol tersebut pada bursa transfer musim dingin 2013/2014. Dirinya dibeli oleh klub yang bermarkas di Old Trafford itu dengan harga 44,73 juta euro (Rp750 miliar).

Selama berseragam Chelsea, Mata telah memainkan sebanyak 135 pertandingan di semua kompetisi. Selain itu, ia juga berkontribusi dengan membukukan 32 gol dan 58 assist.

4. Andre Schurrle (32 juta euro)

5 Penjualan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginAndre Schurrle (twitter.com/ChelseaFC)

Selanjutnya adalah Andre Schurrle yang dijual Chelsea ke Wolfsburg pada bursa transfer musim dingin 2014/2015. Klub asal Jerman tersebut menebus jasa Schurrle dengan harga 32 juta euro (Rp536 miliar). Ia hanya bertahan selama satu setengah musim di Chelsea.

Selama membela The Blues, Schurrle mencatatkan 65 pertandingan dengan kontribusi 14 gol dan 3 assist. Dirinya juga membantu Chelsea meraih satu gelar Premier League dan satu gelar Piala Liga. Kini, mantan pemain Timnas Jerman tersebut sudah pensiun dari dunia sepak bola sejak tahun 2020 lalu.

5. Ramires (28 juta euro)

5 Penjualan Termahal Chelsea pada Bursa Transfer Musim DinginRamires (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea melepas Ramires ke Jiangsu Suning, klub asal Tiongkok pada bursa transfer musim dingin 2015/2016. Kepindahan pemain asal Brasil tersebut dibanderol dengan harga 28 juta euro (Rp469 miliar).

Ramires sukses menjadi pemain penting di lini tengah selama kariernya di Chelsea. Dirinya mengemas 34 gol dan 25 assist dari 251 pertandingan di semua kompetisi. Selain itu, ia juga merasakan gelar juara di berbagai kompetisi, yaitu Premier League, Liga Champions, Liga Europa, Piala FA, dan Piala Liga.

Baca Juga: 5 Pemain asal Pantai Gading yang Pernah Bergabung dengan Chelsea

Maulidi Photo Writer Maulidi

Suka makan yang manis-manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya