Daftar Pencetak Assist Terbanyak di 5 Liga Top Eropa 2023/2024

Data per 3 April 2024

Lima liga top Eropa telah memasuki fase akhir musim untuk memastikan klub yang menjadi juara. Selain itu, mereka juga akan memastikan pemain yang bakal menjadi pencetak assist terbanyak dalam 1 musim.

Menariknya, daftar pencetak assist terbanyak sementara di lima liga top Eropa 2023/2024 ini berbeda dari musim sebelumnya. Beberapa di antara mereka juga merupakan rekrutan yang baru didatangkan musim ini.

Mereka memberikan kontribusi yang signifikan bagi tim dengan menjadi pencetak assist. Berikut ini daftar pencetak assist terbanyak di lima liga top Eropa 2023/2024.

1. Alejandro Grimaldo baru semusim bergabung sudah mencetak 12 assist untuk Bayer Leverkusen

Daftar Pencetak Assist Terbanyak di 5 Liga Top Eropa 2023/2024Alejandro Grimaldo berseragam Bayer Leverkusen. (instagram.com/grimaldo35)

Musim ini menjadi musim perdana Alejandro Grimaldo bermain bersama Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman. Ia didatangkan dari Benfica pada 1 Juli 2023 secara bebas transfer. Pemain yang pernah empat kali mengangkat trofi kasta tertinggi Liga Portugal tersebut dikontrak selama 4 musim hingga 30 Juni 2027.

Meski berstatus pemain baru, Alejandro Grimaldo menjadi pencetak assist terbanyak sementara Bundesliga musim ini. Ia mengungguli Leroy Sane dan Xavi Simons dengan mencetak 12 assist dari 27 pertandingan. Tidak hanya itu, pemain kelahiran Valencia, Spanyol, itu juga telah mengoleksi sembilan gol di Bundesliga.

2. Ollie Watkins tampil baik dengan torehan sepuluh assist bersama Aston Villa musim ini

Daftar Pencetak Assist Terbanyak di 5 Liga Top Eropa 2023/2024Ollie Watkins bermain bersama Aston Villa. (instagram.com/olliewatkins)

Setelah 3 musim membela Brentford, Ollie Watkins berlabuh ke Aston Villa pada 9 September 2020. Untuk memboyongnya dari Brentford, The Villans harus menyetorkan uang senilai Rp590 miliar. Ia masih akan bermain di Villa Park Stadium hingga 30 Juni 2028 setelah diperpanjang pada 6 Oktober 2023.

Musim ini, Ollie Watkins mampu mencetak 10 assist dari 30 pertandingan di English Premier League. Capaian itu lebih baik daripada 3 musim sebelumnya yang hanya mencetak tidak lebih dari 6 assist tiap musim. Pemain berusia 28 tahun itu juga produktif dalam mencetak gol lewat torehan 16 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Aston Villa Terakhir yang Capai 20 Gol Semusim, Ada Watkins

3. Marcus Thuram, debutan sukses yang mencetak sepuluh assist bersama Inter Milan

Daftar Pencetak Assist Terbanyak di 5 Liga Top Eropa 2023/2024Marcus Thuram merayakan golnya. (twitter.com/actualiteseriea)

Didatangkan dari Borussia Moenchengladbach secara bebas transfer, Marcus Thuram bergabung dengan Inter Milan pada 1 Juli 2023. Ia menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi hingga 30 Juni 2028. Meski baru menjalani musim perdananya di Serie A Italia, ia telah mampu membuktikan kualitasnya.

Marcus Thuram sudah mencetak 10 assist dari 28 pertandingan di Serie A pada musim debutnya bersama Inter Milan. Pemain yang berposisi sebagai pemain depan itu juga telah mencatatkan sepuluh gol di kasta tertinggi Liga Italia. Berkat penampilannya itu, nilai pasarnya mengalami kenaikan hingga menyentuh Rp1 triliun.

4. Nico Williams, pemain muda yang mencatatkan sembilan assist bersama Athletic Bilbao

Daftar Pencetak Assist Terbanyak di 5 Liga Top Eropa 2023/2024Nico Williams usai mencetak gol di LaLiga. (instagram.com/nicolas_williams9)

Memulai karier dengan bergabung ke Bilbao Youth saat masih berusia 10 tahun, Nico Williams resmi mendapat kontrak profesional bersama tim utama pada 1 Juli 2021. Pemain keturunan Ghana tersebut terikat kontrak hingga 30 Juni 2027. Musim ini menjadi yang ketiga baginya bermain bersama Athletic Bilbao.

Koleksi jumlah assist-nya musim ini mengalami peningkatan dibandingkan 2 musim sebelumnya. Pada 2023/2024 ini, Nico Williams telah berkontribusi dengan menyumbangkan 9 assist dari 24 pertandingan di LaLiga Spanyol. Selain itu, ia juga telah mencatatkan tiga gol untuk Athletic Bilbao.

5. Ousmane Dembele mencetak sembilan assist bersama PSG

Daftar Pencetak Assist Terbanyak di 5 Liga Top Eropa 2023/2024Ousmane Dembele bermain di Ligue 1 bersama PSG. (instagram.com/o.dembele7)

Pada 12 Agustus 2023, Ousmane Dembele kembali bermain di Ligue 1 Prancis setelah lama bermain di LaLiga bersama Barcelona. Paris Saint-Germain mendatangkannya dengan biaya Rp869 miliar. Pemain yang telah memenangkan Piala Super Prancis di musim pertamanya tersebut akan berada di Parc des Princes hingga 30 Juni 2028.

Ousmane Dembele telah menorehkan 9 assist dan 1 gol dari 23 pertandingan di Ligue 1 bersama PSG. Musim ini, ia hanya melewatkan empat pertandingan di kasta tertinggi Liga Prancis. Itu berbeda ketika masih bermain bersama Barcelona dengan sering melewatkan pertandingan karena mengalami cedera.

Mendekati akhir musim, persaingan antarklub dan pemain makin panas. Selain menentukan siapa yang akan mengangkat trofi liga, juga memastikan pemain yang akan menjadi pencetak assist terbanyak dalam semusim. Pemain yang menerima penghargaan tersebut akan mendapat penghargaan spesial dalam kariernya.

Baca Juga: Bukti DNA Sepak Bola Mengalir dalam Keluarga Thuram, Gacor Semua! 

Moh Ikhsani Photo Writer Moh Ikhsani

Senang menulis tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya