7 Kekalahan Bayern Munich di Bawah Thomas Tuchel per Februari 2024

Tuchel mesti pergi pada akhir 2023/2024

Bayern Munich dan Thomas Tuchel akan mengakhiri kerja sama setelah menerima rangkaian hasil buruk. Puncaknya terjadi setelah Bayern Munich menerima tiga kekalahan beruntun dari Bayer Leverkusen, Lazio, dan VfL Bochum pada 2023/2024 ini.

Pelatih yang ditunjuk pada 24 Maret 2023 semula dikontrak hingga 30 Juni 2025. Namun, karena Die Roten mengalami penurunan penampilan, perannya sebagai pelatih mesti berakhir pada akhir musim nanti.

Thomas Tuchel sendiri sudah memimpin Bayern Munich dalam 33 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Capaiannya cukup bagus dengan meraih 23 kemenangan, 3 imbang, dan 7 kekalahan.

Nah, berikut ini tujuh kekalahan Bayern Munich di bawah Thomas Tuchel per Februari 2024.

1. Dani Olmo (RB Leipzig) cetak hattrick melawan Bayern Munich di final DFL-Supercup 2023

7 Kekalahan Bayern Munich di Bawah Thomas Tuchel per Februari 2024Dani Olmo dan para pemain RB Liepzig merayakan gelar juara DFL Supercup 2023. (instagram.com/daniolmo)

Bermain di kandang sendiri, Bayern Munich harus menerima kekalahan menyakitkan dari RB Leipzig pada final DFL Supercup 2023. Pertandingan yang digelar pada Minggu (13/8/2023) ini berakhir dengan skor 0-3 untuk kemenangan RB Leipzig. Kekalahan itu menjadi kekalahan perdana bagi Bayern Munich musim ini.

Dani Olmo keluar sebagai bintang pada pertandingan itu karena mencetak 3 gol dalam 1 pertandingan. Itu merupakan hattrick pertamanya selama membela RB Leipzig. Sementara, bagi Die Roten Bullen sendiri, kemenangan atas Bayern Munich membawa mereka meraih trofi DFL Supercup untuk pertama kali.

2. Bayern Munich dipermalukan klub yang bermain di kasta ketiga di DFB-Pokal 2023/2024

7 Kekalahan Bayern Munich di Bawah Thomas Tuchel per Februari 2024Para pemain Saarbruecken menyapa penggemar setelah pertandingan. (instagram.com/ersterfcs)

Bayern Munich takluk dari Saarbruecken, klub kasta ketiga Liga Jerman, pada babak kedua DFB-Pokal 2023/2024. Anak asuh Ruediger Ziehl menang dengan skor 2-1 pada pertandingan yang dimainkan di Ludwigsparkstadion. Peluang Bayern Munich untuk meraih trofi kembali sirna karena kekalahan itu.

Sempat tertinggal lewat gol Thomas Mueller, Saarbruecken membalikkan keadaan dengan mencetak gol dari dua pemain berbeda. Mereka adalah Patrick Sontheimer dan Marcel Gaus. Kemenangan itu berdampak positif di pertandingan selanjutnya dengan mengalahkan Eintracht Frankfurt pada babak 16 besar DFB-Pokal.

3. Menjadi lumbung gol ketika bertemu Eintracht Frankfurt di Bundesliga

7 Kekalahan Bayern Munich di Bawah Thomas Tuchel per Februari 2024Omar Marmoush (Eintracht Frankfurt) mencetak gol ke gawang Bayern Munich. (instagram.com/omarmarmoush7)

Setelah meraih tujuh kemenangan beruntun, Bayern Munich menelan kekalahan telak atas Eintracht Frankfurt pada pekan ke-14 Bundesliga Jerman 2023/2024. Bermain di hadapan 58.000 penonton, Bayern Munich harus menyerah dengan skor 5-1. Itu menjadi kekalahan terbesar mereka musim ini.

Kelima gol Eintracht Frankfurt dicetak empat pemain berbeda, yakni Omar Marmoush, Junior Dina Ebimbe, Hugo Larsson, dan Ansgar Knauff. Omar Marmoush menjadi pemain terbaik pada pertandingan itu karena mencatatkan 1 gol dan 2 assist. Sementara, dari Bayern Munich, gol tunggal dicetak Joshua Kimmich.

Baca Juga: 3 Alasan Bayern Muenchen Masih Bisa Menjuarai Bundesliga 2023/2024

4. Tersungkur di kandang sendiri usai takluk dari Werder Bremen di Bundesliga

7 Kekalahan Bayern Munich di Bawah Thomas Tuchel per Februari 2024Kemenangan bersejarah Werder Bremen atas Bayern Munich di Bundesliga. (instagram.com/njinmahjr)

Pasukan Thomas Tuchel meraih kekalahan kandang pertama di Bundesliga 2023/2024 ini pada pekan ke-18. Kekalahan itu diperoleh setelah takluk 0-1 atas Werder Bremen pada pertandingan yang berlangsung Minggu (21/1/2024). Itu merupakan kemenangan pertama Werder Bremen atas Bayern Munich dari tujuh pertemuan terakhir.

Gol tunggal pada pertandingan itu dicetak Mitchell Weiser usai menerima umpan dari Marco Friedl. Keduanya merupakan mantan pemain Bayern Munich. Mitchell Weiser pernah berseragam Die Roten dari 2012 hingga 2015, sementara Marco Friedl bergabung dengan tim junior dari 2013 hingga 2019.

5. Takluk dari pesaing terdekat dalam meraih gelar juara Bundesliga

7 Kekalahan Bayern Munich di Bawah Thomas Tuchel per Februari 2024Pemain Bayer Leverkusen berduel dengan Leroy Sane dan Harry Kane. (instagram.com/bayer04fussball)

Bertandang ke BayArena dengan skuad terbaik, Bayern Munich tidak bisa mengatasi kegarangan Bayer Leverkusen. Menang 3-0, Bayer Leverkusen berhasil memperpanjang rekor tidak terkalahkan musim ini. Itu sekaligus memperlebar jarak dengan Bayern Munich di klasemen sementara Bundesliga 2023/2024.

Ketiga gol Bayer Leverkusen dicetak Josip Stanisic, Alejandro Grimaldo, dan Jeremie Frimpong. Jika digabungkan, ketiga pemain itu telah mencetak 16 gol untuk Bayer Leverkusen di Bundesliga musim ini. Alejandro Grimaldo yang baru didatangkan pada 1 Juli 2023 dianggap telah banyak berkontribusi bagi tim.

6. Kekalahan atas Lazio memperberat langkah Bayern Munich di Liga Champions

7 Kekalahan Bayern Munich di Bawah Thomas Tuchel per Februari 2024Para pemain Lazio merayakan kemenangan di Liga Champions Eropa. (instagram.com/ciroimmobile17)

Bayern Munich selalu tampil baik di penyisihan grup Liga Champions Eropa 2023/2024 tanpa mengalami kekalahan. Namun, ketika berjumpa Lazio pada babak 16 besar, Die Roten malah kalah dengan skor 0-1. Kekalahan itu membuat langkah mereka untuk lolos ke babak selanjutnya lebih berat.

Ciro Immobile menjadi pahlawan Lazio setelah sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-69. Itu menjadi gol keempat di Liga Champions Eropa musim ini dari pemain yang lahir di Torre Annunziata, Italia, tersebut. Pertemuan kedua akan berlangsung di kandang Bayern Munich, Allianz Arena, pada Rabu (6/3/2024).

7. Meraih dua kekalahan beruntun di Bundesliga

7 Kekalahan Bayern Munich di Bawah Thomas Tuchel per Februari 2024VfL Bochum beri untuk Bayern Munich di Bundesliga. (instagram.com/vflbochum1848.official)

Setelah takluk dari Bayer Leverkusen pada pekan ke-21, Bayern Munich kembali mendapat hasil buruk ketika menghadapi VfL Bochum pada pekan ke-22. Bermain di Vonovia Ruhrstadion, Bayern Munich kalah 2-3. Terakhir kali Die Roten mengalami dua kekalahan beruntun di Bundesliga terjadi pada 2019/2020.

Takuma Asano, Keven Schlotterbeck, dan Kevin Stoger menjadi pencetak gol VfL Bochum. Sementara, dua gol Bayern Munich dicetak Jamal Musiala dan Harry Kane. Akibat dua kekalahan beruntun tersebut, Bayern Munich harus mengakhiri kerja sama dengan Thomas Tuchel.

Musim ini sangat sulit bagi Bayern Munich. Gagal juara DFL-Supercup, tersingkir dari DFB-Pokal, terpaut jauh dari Bayer Leverkusen di Bundesliga, hingga terancam tidak lolos babak 16 besar Liga Champions Eropa, membuat Thomas Tuchel mesti hengkang dari kursi kepelatihan. Apabila tidak meraih satu pun gelar, musim ini menjadi yang buruk bagi Die Roten.

Baca Juga: 4 Pelatih yang Berpotensi Gantikan Thomas Tuchel di Bayern Munich

Moh Ikhsani Photo Writer Moh Ikhsani

Senang menulis tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya