4 Klub dengan Kemenangan Kandang Terbanyak di EPL 2023/2024

Arsenal ungguli Manchester City

English Premier League 2023/2024 resmi berakhir dengan Manchester City keluar sebagai juara. Arsenal yang berada di posisi kedua harus merelakan trofi EPL kembali berlabuh ke Etihad Stadium.

Kendati tidak menjadi juara, Arsenal justru menjadi klub dengan kemenangan kandang terbanyak di EPL musim ini. Mereka lebih baik dari Manchester City saat bermain di kandang.

Kemenangan kandang menjadi penting karena sebuah klub harus bisa tampil baik di hadapan pendukungnya sendiri. Berikut adalah empat klub dengan kemenangan kandang terbanyak di EPL 2023/2024.

1. Arsenal menjadi yang terbaik dengan 15 kemenangan

4 Klub dengan Kemenangan Kandang Terbanyak di EPL 2023/2024skuad Arsenal (instagram.com/odegaard.98)

Arsenal kembali mengakhiri musim dengan menduduki posisi kedua. Sebelumnya, pada 2022/2023, anak asuh Mikel Arteta juga gagal meraih gelar juara English Premier League setelah finis di bawah Manchester City. Kendati demikian, Arsenal masih konsisten berada di papan atas EPL.

Penampilan impresif Arsenal terlihat saat bermain di Emirates Stadium. Jika pada 2022/2023 mencatatkan 14 kemenangan, Arsenal melewati capaian itu dengan memperoleh 15 kemenangan pada 2023/2024. Meski lebih sedikit mencetak gol, lini belakang Arsenal menjadi lebih kokoh.

Pada musim ini, hanya ada dua klub yang bisa mengalahkan Arsenal di kandang, yaitu West Ham United dan Aston Villa. Kekalahan dari Aston Villa pada pekan ke-33 menjadi penyebab dari kegagalan The Gunners menjuarai EPL. Kekalahan itu membuat posisi Arsenal digeser oleh Manchester City.

2. Liverpool menyamai dengan perolehan 15 kemenangan

4 Klub dengan Kemenangan Kandang Terbanyak di EPL 2023/2024Liverpool menjalani laga tandang melawan Aston Villa. (instagram.com/alemacallister)

Walaupun ditinggal banyak pemain kunci, Liverpool masih bisa bersaing di English Premier League. Musim ini lebih baik ketimbang musim lalu, baik dari peringkat maupun kemenangan kandang. Pada 2022/2023, Liverpool harus finis di posisi kelima dan menjadi yang terburuk dalam delapan musim terakhir.

Pada saat itu, The Reds hanya meraih 13 kemenangan di Anfield Stadium. Lalu, pada 2023/2024, Liverpool berhasil menutup musim di posisi ketiga setelah melakukan evaluasi dengan banyak mendatangkan pemain baru. Raihan kemenangan kandang juga meningkat menjadi 15 kemenangan.

Kemenangan kandang terbesar Liverpool musim ini terjadi saat melawan Fulham, Newcastle United, Chelsea, Luton Town, dan Spurs. Pada laga-laga itu, Liverpool berhasil menyarangkan empat gol ke gawang tim tamu. Musim ini juga menjadi yang terakhir untuk Juergen Klopp melatih Liverpool.

Baca Juga: Rapor Seluruh Rekrutan Arsenal pada 2023/2024, Gacor Semua!

3. Manchester City menyusul dengan 14 kemenangan

4 Klub dengan Kemenangan Kandang Terbanyak di EPL 2023/2024Manchester City bermain di Etihad Stadium. (instagram.com/juliaanalvarez)

Gelar juara English Premier League 2023/2024 menjadi bukti Manchester City terlalu tangguh untuk bersaing di EPL. Keberhasilan meraih empat trofi EPL secara beruntun memperlihatkan konsistensi The Citizens. Akan tetapi, Manchester City juga memiliki catatan buruk saat tampil di kandang.

Pada 2023/2024, Manchester City hanya memperoleh 14 kemenangan di kandang. Selain masih di bawah Arsenal dan Liverpool, itu juga lebih buruk daripada musim lalu yang mampu meraih 17 kemenangan. Penampilan mengesankan Manchester City tidak terlepas dari peran para pemain andalannya.

Julian Alvarez, Phil Foden, Erling Haaland, Rodri, dan Bernardo Silva hampir tidak tergantikan musim ini. Kombinasi mereka menciptakan 71 gol untuk Manchester City di EPL 2023/2024. Kelima pemain itu juga menjadi penyumbang lebih dari setengah gol Manchester City yang mencapai 96 gol.

4. Tottenham Hotspur mencatatkan 13 kemenangan

4 Klub dengan Kemenangan Kandang Terbanyak di EPL 2023/2024Tottenham Hotspur bertandang ke markas Crystal Palace. (instagram.com/madders)

Sejak dilatih Ange Postecoglu, Tottenham Hotspur kembali memberikan penampilan terbaiknya di English Premier League. Jika pada 2022/2023 harus puas bertengger di posisi kedelapan, Spurs berhasil bangkit setelah finis di posisi kelima pada 2023/2024. The Lilywhites juga meraih hasil positif saat bermain di kandang.

Pada musim ini, dari 19 pertandingan yang digelar di Tottenham Hotspur Stadium, Spurs meraih 13 kemenangan. Capaian itu lebih baik dibandingkan musim lalu yang hanya meraih 12 kemenangan. Konsistensi menjadi masalah serius bagi Spurs karena banyak mengalami kekalahan di akhir musim.

Spurs kalah secara beruntun dari pekan ke-33—36 English Premier League musim ini. Empat kekalahan itu diperoleh saat bermain kandang maupun tandang. Rangkaian kekalahan itu membuat Spurs harus turun posisi dan gagal berlaga di Liga Champions Eropa 2024/2025.

Keperkasaan Manchester City belum berakhir setelah kembali berhasil meraih gelar juara English Premier League. Namun, The Cityzens masih kalah dari Arsenal dan Liverpool soal raihan kemenangan kandang. Untuk meningkatkan kepercayaan diri pemain, kemenangan di hadapan pendukung sendiri menjadi hal yang penting.

Baca Juga: 5 Pemain Jadi Juara Liga Europa usai Tinggalkan Arsenal

Moh Ikhsani Photo Verified Writer Moh Ikhsani

Menulis topik tentang sepak bola.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya