5 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal atas Luton Town pada Pekan Ke-15

Pertandingan berakhir dramatis

Arsenal berhasil meraih kemenangan penting atas Luton Town dalam pertandingan pekan ke-15 English Premier League (EPL), Rabu (6/12/2023) dini hari WIB. Terjadi hujan gol dalam pertandingan tersebut. Namun, Arsenal berhasil unggul dengan skor 4-3.

Gol kemenangan Arsenal dicetak Declan Rice pada menit akhir tambahan waktu. Kemenangan ini menjadi catatan penting bagi mereka. Pada laga ini pun tersaji fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan.

1. Kemenangan tandang perdana Arsenal atas Luton Town sejak 1984 di semua ajang

5 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal atas Luton Town pada Pekan Ke-15Para pemain Arsenal melakukan selebrasi gol. (twitter.com/Arsenal)

Arsenal belum pernah meraih kemenangan di kandang Luton Town dalam sepuluh pertemuan terakhir di semua ajang. Rinciannya adalah 6 imbang dan 4 kalah. Kemenangan ini menjadi kemenangan perdana Arsenal atas Luton Town sejak 1984.

Kemenangan ini juga menjadi tren positif bagi Arsenal kala bermain tandang pada 2023/2024. Mereka berhasil menang tandang dalam dua laga berturut-turut. Sementara, catatan tandangnya sendiri adalah menang 7 kali, imbang 1 kali, dan kalah 3 kali di semua ajang.

2. Ross Barkley berhasil mencetak gol pada hari ulang tahunnya

5 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal atas Luton Town pada Pekan Ke-15Ross Barkley (bawah) (twitter.com/premierleague)

Pada pertandingan tersebut, Ross Barkley tampil sebagai starter dan bermain penuh. Ia berhasil mencetak satu gol. Namun, gol tersebut tak mampu mengantarkan timnya, Luton Town, menang atas Arsenal di Kenilworth Road.

Barkley mencetak gol itu bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-30 tahun. Pemain asal Inggris itu lahir pada 5 Desember 1993. Ia juga menjadi pemain kedua setelah Taiwo Awoniyi yang mencetak gol pada Agustus lalu. Namun, keduanya sama-sama dikalahkan Arsenal di kasta tertinggi Liga Inggris.

Baca Juga: Luton Town vs Arsenal, 6 Desember 2023: The Gunners Menang 4-3

3. Declan Rice adalah pemain ketiga yang mencetak gol kemenangan pada menit ke-90

5 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal atas Luton Town pada Pekan Ke-15Declan Rice menggendong Gabriel saat selebrasi gol. (twitter.com/Arsenal)

Declan Rice mencetak gol kemenangan Arsenal pada menit ke-90+7. Hal itu membuatnya mencetak rekor sebagai pemain ketiga yang mencetak gol pada menit ke-90. Ia bersanding bersama Ian Wright pada 1993/1994 dan 1995/1996 dan Nicklas Bendtner pada 2009/2010.

Gol Rice pada menit-menit akhir pertandingan menyelamatkan Arsenal dari hasil imbang. Kemenangan ini juga membuat Rice makin diandalkan Mikel Arteta di lini tengah Arsenal. Ia sementara berhasil mengemas 3 gol dan 1 assist dari 15 laga di Premier League 2023/2024.

4. Bukayo Saka membuat penampilan ke-200 bersama Arsenal

5 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal atas Luton Town pada Pekan Ke-15Bukayo Saka (instagram.com/bukayosaka87)

Bukayo Saka membuat penampilan ke-200 bersama Arsenal dalam pertandingan ini. Saka menjadi pemain termuda keempat yang mencapai rekor tersebut setelah Cliff Bastin, David O’Leary, dan Cesc Fabregas. Ia meraihnya pada usia 22 tahun 91 hari.

Penampilan Saka dalam pertandingan ini juga sangat impresif. Ia menjadi salah satu pemain kunci dengan berhasil menyumbang satu assist. Atas tambahan assist-nya itu, ia sementara berhasil mengemas tujuh assist sekaligus menjadi pencetak assist terbanyak di Arsenal dan Premier League.

5. Arsenal melanjutkan tren positif

5 Fakta Menarik Kemenangan Arsenal atas Luton Town pada Pekan Ke-15Gabriel Martinelli (twitter.com/Arsenal)

Arsenal kini telah meraih enam kemenangan beruntun di semua ajang. Rinciannya adalah 4 di Premier League dan 2 di Liga Champions Eropa. Mereka sementara hanya mengalami 3 kekalahan dari 23 laga yang sudah dimainkan di semua ajang.

Arsenal selanjutnya akan menghadapi Aston Villa pada pekan ke-16, Minggu (10/12/2023) dini hari WIB. Arsenal mesti bertindak sebagai tim tamu. Namun, Mikel Arteta tak akan menemani mereka di pinggir lapangan karena sudah mengantong tiga kartu kuning di kasta tertinggi Liga Inggris.

Kemenangan atas Luton Town merupakan kemenangan penting bagi Arsenal. Kemenangan ini juga membuat Arsenal makin nyaman di puncak klasemen Premier League 2023/2024. Mereka berhasil unggul dari Liverpool dengan selisih lima poin.

Baca Juga: 3 Fakta Unik dari Kemenangan Arsenal Atas Luton Town

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya