6 Free Agent yang Mendapatkan Klub Baru pada Musim Dingin 2024

Kebanyakan pemain senior

Dalam dunia sepak bola, free agent adalah pemain yang tidak terikat kontrak dengan klub mana pun. Artinya, mereka bebas untuk bergabung dengan klub apa saja tanpa memerlukan biaya transfer. Situasi ini bisa disebabkan banyak faktor, seperti kontrak habis dan tidak ditawari kontrak baru, dipecat di tengah jalan, atau bahkan menolak untuk menandatangani kontrak baru.

Keberadaan free agent memberikan peluang bagi klub untuk mendapatkan pemain berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya transfer. Namun, klub juga harus berhati-hati dalam memilih free agent. Ada risiko pemain tersebut tidak dapat beradaptasi dengan klub baru atau rentan terkena cedera. Akhirnya, pemain-pemain tersebut hanya masuk dalam rencana jangka pendek. 

Ada sedikitnya lima free agent yang mendapatkan klub baru pada musim dingin 2024. Dalam daftar tersebut, kebanyakan pemain-pemain ini hanya dikontrak selama 6 bulan. Siapa sajakah mereka?

1. Jerome Boateng teken kontrak hingga musim panas 2024 bersama Salernitana

6 Free Agent yang Mendapatkan Klub Baru pada Musim Dingin 2024Jerome Boateng (twitter.com/OfficialUSS1919)

Salernitana membeli dua pemain berstatus free agent dan berposisi sebagai bek tengah pada musim panas 2024. Salah satunya adalah bek veteran Jerman, Jerome Boateng. Pemain berusia 35 tahun itu menandatangani kontrak hingga musim panas 2024.

Boateng terakhir bermain untuk klub Ligue 1 Prancis, Olympique Lyon, pada 2022/2023. Membela Les Gones selama 2 musim, mantan pemain Bayern Munich itu hanya tampil dalam 35 laga di semua ajang. Bahkan, pada musim terakhirnya, ia hanya bermain dalam delapan laga di semua ajang.

2. Konstantinos Manolas masih perlu adaptasi di klub barunya

6 Free Agent yang Mendapatkan Klub Baru pada Musim Dingin 2024Konstantinos Manolas (twitter.com/OfficialUSS1919)

Selain Jerome Boateng, Salernitana juga merekrut free agent berposisi bek tengah. Ia adalah Konstantinos Manolas. Pemain asal Yunani itu menandatangani kontrak bersama klub asal Salerno, Campania, selama 6 bulan atau hingga musim panas 2024.

Kontras dengan Boateng yang langsung diplot dalam tiga laga pada awal paruh kedua 2023/2024, Manolas sementara masih harus bersabar menanti debutnya bersama Salernitana. Eks pemain Napoli dan AS Roma itu masih perlu beradaptasi dengan tim. Sebab, ia baru direkrut pada 9 Februari 2024.

Baca Juga: 6 Klub Jesse Lingard sebelum Nottingham Forest

3. Jesse Lingard melanjutkan petualangannya ke Korea Selatan

6 Free Agent yang Mendapatkan Klub Baru pada Musim Dingin 2024Jesse Lingard (instagram.com/fcseoul)

Setelah menganggur selama 6 bulan, Jesse Lingard akhirnya menemukan klub baru pada musim dingin 2024, tepatnya pada 8 Februari 2024. Pemain asal Inggris itu menandatangani kontrak dengan klub K League 1 Korea Selatan, FC Seoul. Kontraknya berdurasi 2 tahun dan ada opsi perpanjangan 1 tahun.

Kepindahan Lingard ke FC Seoul merupakan langkah yang berani dan menarik. Sebab, pemain berusia 31 tahun itu meninggalkan zona nyamannya di Eropa untuk mencoba tantangan baru di Asia. Kedatangan pemain berpengalaman seperti dirinya diprediksi akan membawa dampak positif bagi FC Seoul dan Liga Korea Selatan secara keseluruhan.

4. Misi Konstantinos Stafylidis Membantu Hansa Rostock Bertahan di Bundesliga 2 Jerman

6 Free Agent yang Mendapatkan Klub Baru pada Musim Dingin 2024Konstantinos Stafylidis (instagram.com/hansarostock)

Konstantinos Stafylidis telah menandatangani kontrak dengan klub Bundesliga 2 Jerman, Hansa Rostock, hingga musim panas 2024. Bek berusia 30 tahun itu mempunyai segudang pengalaman di sepak bola Jerman. Ia telah memainkan 103 pertandingan di Bundesliga bersama klub-klub ternama seperti Bayer Leverkusen, FC Augsburg, TSG Hoffenheim, dan VfL Bochum. Tak hanya itu, ia juga memiliki pengalaman bermain di English Premier League dan Liga Super Yunani.

Hansa Rostock memang membutuhkan banyak kemenangan pada sisa musim ini. Klub yang pernah berjaya di Liga Profesional Jerman Timur itu kini terdampar di peringkat ke-17 Bundesliga 2 atau berada di zona degradasi. Oleh karena itu, Kedatangan Stafylidis diharapkan dapat membantu Hansa Rostock bertahan di Bundesliga 2.

5. Alvaro Negredo diharapkan dapat membawa Real Valladolid promosi ke LaLiga Spanyol

6 Free Agent yang Mendapatkan Klub Baru pada Musim Dingin 2024Alvaro Negredo (instagram.com/alvaronegredo9)

Pada 2023/2024, Alvaro Negredo mengalami masa sulit di Cadiz. Dari sembilan laga yang sudah dimainkannya, eks pemain Real Madrid dan Manchester City itu gagal mencetak satu gol pun di semua ajang. Mirisnya, ia hanya bermain selama 46 menit di La Liga. Kondisi ini membuat pemain berusia 38 tahun itu diputus kontrak oleh Cadiz pada musim dingin 2024.

Tak perlu menunggu waktu lama, Negredo berhasil menandatangani kontrak dengan klub LaLiga 2 Spanyol, Real Valladolid, pada musim dingin 2024. Pemain berjuluk La fiera de Vallecas itu dikontrak selama 6 bulan atau hingga musim panas 2024. Kedatangannya adalah untuk membawa klub berjuluk Pucela itu promosi ke LaLiga pada musim depan.

Bursa transfer musim dingin 2024 telah membuka peluang bagi para free agent untuk menemukan klub baru, termasuk kelima pemain di atas. Saat ini, mereka tengah mengukir lembaran baru dalam karier mereka. semoga kehadiran para pemain ini dapat memberikan kontribusi berarti bagi klub-klub yang mereka bela musim ini.

Baca Juga: 6 Transfer Termahal Tim Ligue 1 pada Musim Dingin 2024

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya