Kinerja 4 Pemain Pinjaman PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024

Hampir semua memberikan kinerja positif

PSV Eindhoven tampil perkasa di Eredivisie Belanda pada awal 2023/2024. Mereka menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga pekan ke-11. Sebelas kemenangan disapu bersih oleh klub berjuluk Boeren itu.

Hal itu membuat PSV Eindhoven bertengger di puncak klasemen sementara Eredivisie dengan mengoleksi 33 poin. Mereka unggul 7 poin dari pesaing terdekatnya, AZ Alkmaar, yang mengoleksi 26 poin. Solidaritas yang terjaga baik antara pemain baru dan pemain lama adalah kunci dominasi mereka di puncak klasemen.

Ada setidaknya empat pemain baru yang berstatus sebagai pemain pinjaman pada 2023/2024. Mereka memberikan kontribusi yang nyata bagi klub Belanda tersebut. Siapa sajakah mereka?

1. Sergino Dest mendapatkan kepercayaan lebih pada peminjamannya kali ini

Kinerja 4 Pemain Pinjaman PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024Sergino Dest (instagram.com/sgd_2)

PSV Eindhoven meminjam Sergino Dest dari Barcelona selama semusim dengan opsi permanen pada tahun berikutnya. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu datang menggantikan Phillipp Mwene yang hijrah ke Mainz. Namun, ia sering dipercaya oleh pelatih PSV, Peter Bosz, bermain di posisi bek kiri.

Dest sementara sudah tampil dalam sebelas pertandingan di semua kompetisi. Meski belum mengemas satu gol pun, ia memperlihatkan penampilannya sebagai bek yang solid. Ia terlibat dalam 5 dari 6 clean sheet Belanda di Eredivisie musim ini.

Berbanding terbalik ketika Dest dipinjam AC Milan musim lalu. Ia hanya diberi kesempatan bermain sebanyak delapan pertandingan saja di Serie A Italia. Ia kesusahan mendapat kepercayaan pelatih AC Milan, Stefano Pioli. Sang pelatih lebih memilih  Davide Calabria, Junior Messias, dan Alexis Saelemaekers di posisi bek kanan AC Milan.

2. Malik Tillman sementara sudah mengemas 4 gol dan 3 assist

Kinerja 4 Pemain Pinjaman PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024Malik Tillman (twitter.com/PSV)

Selanjutnya, ada rekan Sergino Dest di Timnas Amerika Serikat, Malik Tillman. Pemain berusia 21 tahun itu dipinjam PSV Eindhoven dari Bayern Munich pada musim panas 2023. Biaya peminjamannya sebesar 1 juta euro atau sekitar Rp16 miliar.

Sebagai pemain baru, Tillman tak kesulitan beradaptasi dengan rekan-rekannya yang lain. Ia sementara sudah mengemas 4 gol dan 3 assist dari 12 pertandingan di semua ajang. Hasil ini membuktikan bahwa perannya di PSV Eindhoven sangat besar. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli oleh PSV Eindhoven Sedekade Terakhir

3. Patrick van Aanholt dipinjam sejak pertengahan musim 2022/2023

Kinerja 4 Pemain Pinjaman PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024Patrick van Aanholt (instagram.com/patrickvanaanholt)

Patrick van Aanholt datang ke Philips Stadium, kandang milik PSV Eindhoven, dari Galatasaray pada pertengahan musim 2022/2023 setelah hanya bermain sebanyak 14 laga untuk klub Turki tersebut. Ia dipinjam selama 1,5 musim. Biaya peminjamannya sebesar 1,5 juta euro atau sekitar Rp25 miliar.

Musim 2022/2023 di PSV Eindhoven, van Aanholt mengemas 2 gol dan 3 assist dari 21 penampilan di semua ajang. Sedangkan, pada musim ini, ia sementara sudah mengemas 1 assist dari 12 pertandingan di semua ajang. Itu membuktikan bahwa pemain asal Belanda itu cocok dengan PSV Eindhoven.

4. Masalah kebugaran jadi faktor utama Armel Bella-Kotchap belum tampil maksimal

Kinerja 4 Pemain Pinjaman PSV Eindhoven pada Awal 2023/2024Armel Bella-Kotchap (instagram.com/armel.bella82)

PSV Eindhoven memenangi perburuan Armel Bella-Kotchap atas Bayern Munich pada tenggat waktu transfer musim panas 2023. Klub berjuluk Boeren itu meminjam Bella-Kotchap dari Southampton FC selama 1 musim. Biaya peminjamannya sebesar 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar.

Namun, hingga pekan ke-11, Bella-Kotchap baru mengemas lima pertandingan di semua ajang. Tercatat ia tampil sebanyak 3 laga di Eredivisie dan 2 laga di Liga Champions. Bukan tanpa alasan, efek cedera bahu membuatnya harus melewatkan pertandingan bersama PSV Eindhoven.

Kedatangan empat pemain di atas menambah kedalaman skuad PSV Eindhoven pada 2023/2024 makin kaya. Mereka juga selalu diandalkan pelatih, Peter Bosz, kecuali Armel Bella-Kotchap yang masih dibekap cedera bahu akhir-akhir ini.  Pertanyaannya, apakah mereka bisa membawa PSV Eindhoven menjuarai Eredivisie edisi kali ini? Mengingat Boeren terakhir kali menjuarainya pada 2017/2018.

Baca Juga: 7 Pemain yang Didatangkan PSV Eindhoven pada Musim Panas 2023

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Mencoba mempelajari UI/UX Design

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya