Kontribusi 5 Penyerang Union Berlin pada Paruh Musim 2023/2024 

Kebanyakan dihuni pemain baru

Union Berlin berhasil merekrut Chris Bedia dari klub Swiss, Servette FC, pada 18 Januari 2024. Die Eisernen menebus striker asal Pantai Gading itu dengan harga 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar. Harga itu terbilang cukup terjangkau untuk ukuran pemain yang sudah mencetak 16 gol dari 29 laga bersama Servette FC pada musim ini.

Transfer ini dilakukan Union Berlin untuk memperkuat lini depan mereka yang masih minim produktivitas gol. Hingga paruh musim Bundesliga Jerman 2023/2024, mereka hanya mampu mencetak 17 gol. Ini menempatkan mereka di peringkat ketiga terbawah dari deretan tim yang paling banyak mencetak gol di Bundesliga.

Hal tersebut menimbulkan tanda tanya besar tentang seberapa jauh kontribusi para penyerang Union Berlin pada musim ini. Ada sedikitnya lima penyerang Union Berlin pada paruh musim 2023/2024. Siapa sajakah mereka?

1. Performa Kevin Behrens musim ini terlihat menurun dibanding musim lalu

Kontribusi 5 Penyerang Union Berlin pada Paruh Musim 2023/2024 Kevin Behrens (twitter.com/fcunion)

Kevin Behrens mengawali musim 2023/2024 dengan sangat baik. Penyerang berusia 32 tahun itu mampu mencetak hattrick pada pekan pertama dan satu gol pada pekan kedua Bundesliga. Namun, setelah itu, keran golnya tampak terhenti.

Sentuhan terbaik Behrens seakan hilang. FotMob mengabarkan, pada paruh musim 2023/2024, ia hanya mampu mencatatkan 13 kali tembakan ke gawang. Hal ini menyebabkan performa penyerang berusia 32 tahun itu musim ini seolah menurun dibandingkan musim lalu.

Pada musim lalu, Behrens mampu mencetak delapan gol di Bundesliga. Meski tak mampu mencapai dua digit gol, pemain asal Jerman itu mampu tampil konsisten dan berhasil mengantarkan Union Berlin tampil di Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub. Selain itu, ia juga sukses debut di Timnas Jerman pada Oktober 2023 lalu.

2. Performa Sheraldo Becker menurun drastis

Kontribusi 5 Penyerang Union Berlin pada Paruh Musim 2023/2024 Sheraldo Becker (fc-union-berlin.de)

Performa Sheraldo Becker, pencetak gol terbanyak Union Berlin musim lalu, menurun drastis pada paruh musim 2023/2024. Pemain asal Suriname itu seakan lupa caranya mencetak gol. Ia sempat beberapa kali diberi kesempatan tampil starter. Namun, ia hanya dapat membuat dua assist.

Pada akhirnya, Union Berlin menjualnya kepada Real Sociedad pada jendela transfer musim dingin 2024. Tawaran tersebut diterima Union Berlin dan Becker pun resmi bergabung dengan Real Sociedad pada 18 Januari 2024 dengan harga 3 juta euro atau sekitar Rp51 miliar. Di sana, Becker mengenakan nomor punggung 11.

Baca Juga: 5 Opsi Striker yang Dipakai Union Berlin pada 2023/2024, Melempem!

3. Kevin Volland belum menunjukkan performa terbaik di Union Berlin

Kontribusi 5 Penyerang Union Berlin pada Paruh Musim 2023/2024 Kevin Volland (fc-union-berlin.de)

Kevin Volland datang sebagai pemain baru pada 2023/2024. Pemain berpengalaman asal Jerman itu didatangkan Union Berlin dari klub Ligue 1 Prancis, AS Monaco. Biayanya mencapai 4 juta euro atau sekitar Rp68 miliar.

Volland sendiri belum menunjukkan performa terbaiknya hingga paruh musim 2023/2024. Pemain berusia 31 tahun itu masih kesusahan dalam mencetak gol. Dari 12 laga yang sudah dimainkan di Bundesliga, ia sementara baru mencetak 2 gol.

4. Benedict Hollerbach mulai bersinar di bawah asuhan Nenad Bjelica

Kontribusi 5 Penyerang Union Berlin pada Paruh Musim 2023/2024 Benedict Hollerbach (fc-union-berlin.de)

Union Berlin mendatangkan dua pemain muda berposisi sebagai striker pada musim panas 2023. Salah satunya adalah Benedict Hollerbach. Pemain kelahiran Starnberg, Jerman, itu didatangkan Die Eisernen dari klub Bundesliga 2 Jerman, Wehen Wiesbaden, dengan biaya mencapai 1,5 juta euro atau sekitar Rp25 miliar.

Pada awal musim 2023/2024, Hollerbach jarang mendapat kepercayaan dari Manajer Urs Fischer. Namun, setelah Urs Fischer dipecat, lalu digantikan Nenad Bjelica, pemain lulusan akademi Bayern Munich itu langsung mendapat kepercayaan bermain sebagai starter Bjelica pada lima laga terakhir. Dalam laga itu, ia berhasil membuktikannya dengan mencetak tiga gol.

5. Mikkel Kaufmann masih berjuang untuk menembus skuad utama Union Berlin

Kontribusi 5 Penyerang Union Berlin pada Paruh Musim 2023/2024 Mikkel Kaufmann (fc-union-berlin.de)

Penyerang muda lainnya yang didatangkan Union Berlin pada musim panas 2023 adalah Mikkel Kaufmann. Pemain muda asal Denmark itu didatangkan Union Berlin dari klub besar Denmark, FC Copenhagen. Biayanya mencapai 2,7 euro atau sekitar Rp46 miliar.

Union Berlin memboyong Kaufmann dengan harapan bisa menjadi solusi lain di lini depan. Namun, pemain berusia 23 tahun itu belum memberikan kontribusi maksimal hingga paruh musim 2023/2024. Ia kebanyakan tampil sebagai pemain pelapis dengan baru mencetak 1 gol dari 10 laga di Bundesliga.

Union Berlin masih memiliki sisa musim yang panjang untuk memperbaiki performa lini depan mereka. Die Eisernen juga sudah melakukan langkah-langkah yang tepat dengan menambah penyerang dan mengganti juru taktik mereka. Pertanyaannya, apakah dengan langkah tersebut mereka dapat bertahan dan bersaing di Bundesliga musim ini?

Baca Juga: 3 Pemain Anyar Union Berlin 2023 yang Berasal dari Klub Degradasi

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya