5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 22 sebelum David Raya

Satu-satunya kiper yang memakai nomor 22

David Raya bergabung dengan Arsenal dari Brentford dengan status pinjaman pada musim panas 2023. Peminjaman tersebut bukan tanpa alasan. Kiper pelapis Arsenal sebelumnya, Matt Turner memilih untuk bergabung dengan Nottingham Forest pada 2023/2024. Sontak klub berjuluk The Gunners itu membutuhkan pelapis yang sepadan bagi kiper pertamanya, Aaron Ramsdale.

Raya bisa membuat pertahanan The Gunners makin kokoh. Terlebih, sebelumnya, ia merupakan kiper utama Brentford. Di Arsenal, kiper berusia 27 tahun itu akan mengenakan nomor punggung 22. Nomor punggung tersebut pernah dipakai lima pemain Arsenal.

Siapa saja pemain Arsenal dengan nomor punggung 22 sebelum David Raya?

1. Pablo Mari memakai nomor punggung 22 selama 3 tahun

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 22 sebelum David RayaPablo Mari (instagram.com/pablomv5)

Pablo Mari pernah memakai nomor punggung 22 selama 3 tahun (2019–2022) di Arsenal. Namun, ia hanya memainkan laga sebanyak 22 kali di semua kompetisi. Cedera membuat dirinya melakoni laga sesingkat itu.

Kini, Mari bermain untuk klub Italia, AC Monza. Klub berjuluk Brianzoli ini memermanenkan bek asal Spanyol itu dengan harga 6 juta pound sterling atau sekitar Rp115 miliar. Mari sebelumnya dipinjam selama 6 bulan dengan melewati 31 penampilan dan mengoleksi 1 gol pada 2022/2023. Itulah mengapa AC Monza berani untuk memakai jasanya pada 2023/2024.

2. Karier Denis Suarez dengan nomor punggung 22 Arsenal terbilang singkat

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 22 sebelum David RayaDenis Suarez (instagram.com/denissuarezfernandez)

Terbuang di skuad Barcelona, Arsenal mencoba meminjam Denis Suarez pada transfer musim dingin 2018/2019 dengan klausul pembelian. Ia diharapkan dapat memberikan warna dari sektor penyerangan Arsenal. Saat itu, dirinya langsung memilih nomor punggung 22.

Sayangnya, Suarez kurang memberikan dampak. Pemain berkebangsaan Spanyol itu hanya memainkan enam pertandingan. Itu pun semuanya berangkat dari bangku cadangan. Ditambah, ia didera cedera pangkal paha yang membuat kariernya di Arsenal berjalan singkat.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Andalan Arsene Wenger saat Melatih Arsenal

3. Jeff Reine-Adelaide sempat memakai nomor punggung 22 pada era Arsene Wenger

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 22 sebelum David RayaJeff Reine-Adelaide dan Arsene Wenger (instagram.com/jeff.reineadelaide)

Jeff Reine-Adelaide mungkin terdengar asing di telinga fans Arsenal. Padahal, ia merupakan produk binaan akademi Arsenal. Arsene Wenger yang membawanya dari RC Lens U-19 pada 2015. The Profesor melihat potensi pada diri pemain asal Prancis itu. 

Reine-Adelaide mempunyai kemampuan menggiring bola dan postur yang baik. Namun, susahnya beradaptasi dan performa naik-turun membuatnya tidak mendapatkan tempat di skuad asuhan Arsene Wenger saat itu. Ia pun pindah ke Liga Prancis bersama Angers pada 2017/2018.

4. Yaya Sanogo juga tidak bersinar saat berbalut nomor punggung 22 Arsenal

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 22 sebelum David RayaYaya Sanogo (twitter.com/Arsenal)

Pemain Arsenal lainnya yang pernah mengenakan nomor punggung 22 adalah Yaya Sanogo. Ia merupakan produk akademi Arsenal. Pemain yang juga berkebangsaan Prancis itu direkrut The Gunners dari AJ Auxerre pada 2015 dengan status bebas transfer.

Selama berseragam The Gunners, Sanogo hanya bermain dalam 20 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 2 assist di semua ajang. Itu merupakan catatan minim bagi seorang penyerang depan. Pada Juni 2017, Arsenal melepasnya ke Toulouse dengan status bebas transfer.

5. Francis Coquelin mengenakan nomor punggung 22 selama semusim pada 2012/2013

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 22 sebelum David RayaFrancis Coquelin (twitter.com/Arsenal)

Terakhir, ada Francis Coquelin. Ia sempat mengenakan nomor punggung 22 selama 1 musim pada 2012/2013, lalu disekolahkan ke SC Freiburg pada musim berikutnya. Begitu kembali ke Arsenal, Coquelin berganti nomor punggung ke nomor 34. Nomor punggung tersebut dipakai hingga 2018.

Coquelin menghabiskan waktu selama kurang lebih 10 tahun (2008–2018) di Arsenal. Ia sangat menghargai Arsene Wenger. Bahkan, The Profesor sudah dianggap ayah kedua Coquelin.

Kelima pemain di atas yang mengenakan nomor punggung 22 terbilang gagal memberikan permainan terbaiknya untuk Arsenal. Mereka bertahan sebentar, kecuali Francis Coquelin. Bergabungnya David Raya yang kini mengenakan nomor punggung 22 diharapkan dapat memberikan dampak bagi pertahanan The Gunners. Terlebih, mereka kini bermain di Liga Champions Eropa.

Baca Juga: 4 Pemain Pinjaman yang Direkrut Arsenal dari Sesama Klub EPL

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Mencoba mempelajari UI/UX Design

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya