5 Pemain Bologna yang Jadi Andalan pada Paruh Musim Serie A 2023/2024

Lewis Ferguson teratas

Performa Bologna di Serie A Italia 2023/2024 sejauh ini cukup memuaskan. Hingga pekan ke-16, klub berjuluk I Rossoblu itu sukses berada di posisi keempat klasemen sementara Serie A musim ini. Capaian itu mereka raih dari hasil 7 kali menang, 7 kali imbang, dan 2 kali kalah.

Selain itu, tangan dingin Thiago Motta dalam meramu strategi patut diacungi jempol. Meskipun ditinggal beberapa pemain andalan pada jendela transfer musim panas 2023, manajer berusia 41 tahun itu mampu mencari pengganti yang sepadan. Ia mempadu padankan pemain lama dengan pemain baru yang membuat Bologna menjadi ancaman serius di Serie A.

Berikut lima pemain yang menjadi andalan Bologna hingga menjelang paruh musim Serie A 2023/2024. 

1. Lewis Ferguson (16 laga) sukses jadi motor serangan Bologna

5 Pemain Bologna yang Jadi Andalan pada Paruh Musim Serie A 2023/2024Lewis Ferguson (instagram.com/lewisferguson6)

Lewis Ferguson adalah pemain paling diandalkan di Bologna musim ini. Pemain asal Skotlandia itu sudah bermain sebanyak 16 laga di Serie A. Kesemuanya tampil sebagai starter. Ia bahkan hanya diganti sebanyak dua kali. Itu pun diganti pada menit-menit akhir.

Ferguson sejatinya adalah seorang gelandang box-to-box. Tugasnya mengalirkan bola, memberi umpan, atau bahkan mencetak gol. Hal itu membuatnya sementara berhasil mengemas 3 gol dan 3 assist.

2. Joshua Zirkzee menjadi andalan di lini depan dengan mengemas 7 gol dan 2 assist dari 16 laga

5 Pemain Bologna yang Jadi Andalan pada Paruh Musim Serie A 2023/2024Joshua Zirkzee (instagram.com/zirkzee)

Musim 2023/2024 menjadi musim yang cemerlang bagi karier Joshua Zirkzee. Produk akademi Bayern Munich ini sementara sukses mengoleksi 7 gol dan 2 assist dari 16 laga di Serie A. Capaian itu tampak meningkat dari musim lalu yang hanya mengemas 2 gol dan 2 assist dari 19 laga di ajang yang sama.

Selain itu, berkat penampilannya yang mengesankan, AC Milan dan Napoli tampak memonitori pemain asal Belanda itu. Bahkan, klub lamanya, Bayern munich, masih menaruh minat untuk Zirkzee kembali lagi ke Allianz Arena. Namun, tampaknya pemain berusia 22 tahun itu belum mau meninggalkan Bologna. Ia sejauh ini ingin fokus di I Rossoblu yang kontraknya akan habis pada Juni 2026.

Baca Juga: Jan-Carlo Simić, Wonderkid AC Milan yang Siap Bikin Sejarah di Serie A

3. Michel Aebischer selalu tampil konsisten dengan mengemas 16 laga

5 Pemain Bologna yang Jadi Andalan pada Paruh Musim Serie A 2023/2024Michel Aebischer (instagram.com/officialbolognafc)

Michel Aebischer sementara sudah mengemas 16 laga di Serie A musim ini. Berposisi sebagai gelandang bertahan, pemain berusia 26 tahun itu tampak punya peran sentral di Bologna. Sama seperti gelandang bertahan pada umumnya, Aebischer bertugas jadi pemutus serangan lawan.

Aebischer awalnya datang ke Bologna sebagai pemain pinjaman pada tengah musim 2021/2022. Namun, karena penampilannya sesuai ekspektasi, I Rossoblu mempermanenkannya pada musim panas 2022. Biayanya mencapai 4 juta euro atau sekitar Rp67 miliar.

4. Dan Ndoye (16 laga) tak canggung meskipun berstatus pemain baru

5 Pemain Bologna yang Jadi Andalan pada Paruh Musim Serie A 2023/2024Dan Ndoye (instagram.com/danndoye10)

Meski statusnya sebagai pamin baru, Dan Ndoye tampak tak canggung di Bologna. Pemain asal Swiss itu langsung menjadi andalan di bawah asuhan Thiago Motta. Hingga pemain ke-16, ia sementara sudah mengoleksi 2 assist dari 16 laga di Serie A musim ini. 

Assist-nya itu ia cetak pada pertandingan antara Bologna dan AS Roma,  Senin (18/12/2023) dini hari WIB. Hasil itu juga membuat bologna naik ke posisi empat klasemen sementara Serie A 2023/2024. Mereka berhasil unggul dari tim-tim besar, seperti Napoli, Fiorentina, bahkan AS Roma.

5. Lukasz Skorupski (15 laga) hampir selalu tampil penuh

5 Pemain Bologna yang Jadi Andalan pada Paruh Musim Serie A 2023/2024Lukasz Skorupski (instagram.com/lukaszskorupski28)

Terakhir, ada Lukasz Skorupski, kiper yang sudah membela Bologna sejak 2018. Kiper berusia 32 tahun itu sejauh ini selalu menjadi andalan. Hingga pekan ke-16 Serie A 2023/2024, ia hanya absen satu kali saja. Selebihnya, ia selalu tampil penuh mengawal jala gawang I Rossoblu musim ini.

Skorupski juga merupakan kiper jaminan rasa aman bagi Bologna. Hal itu tampak tak terlalu berlebihan mengingat Bologna baru kebobolan 12 gol sejauh ini. Selain itu, mereka juga berada di posisi keempat sebagai tim yang mencetak clean sheet dengan 6 clean sheet.

Kelima pemain di atas mampu menjawab kepercayaan yang telah diberikan oleh Thiago Motta sejauh ini. Mereka bersama pemain-pemain lain bahu-membahu membawa Bologna yang sejauh ini bertengger di posisi keempat klasemen sementara Serie A 2023/2024. Akankah posisi ini bertahan hingga akhir musim?

Baca Juga: 4 Pemain Muda Andalan Bologna di Serie A 2023/2024, Zirkzee Tajam!

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya