6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024

Salah satunya Anthony Martial

Intinya Sih...

  • Manchester United tampil inkonsisten pada 2023/2024, terhenti di UEFA Champions League dan hanya peringkat delapan di English Premier League.
  • Cedera pemain kunci menyebabkan kehilangan keseimbangan tim, disertai absennya rotasi tim yang tidak optimal.
  • Raphael Varane resmi meninggalkan Manchester United setelah 3 musim dengan kontribusi kurang maksimal, sementara Anthony Martial juga habis kontraknya.

Manchester United tampil inkonsistens pada 2023/2024. Setelah terhenti cepat langkahnya di UEFA Champions League (UCL), tim asuhan Erik ten Hag juga harus puas berada di peringkat delapan klasemen English Premier League (EPL). Akibatnya, The Reds Devils harus mengubur mimpinya untuk bermain di kompetisi Eropa pada musim depan.

Performa buruk ini tak lepas dari badai cedera yang melanda beberapa pemain inti dan cadangan. Cedera yang dialami pemain-pemain kunci tersebut membuat tim kehilangan keseimbangan dan kekuatan dalam bertahan maupun menyerang. Selain itu, absennya pemain-pemain juga mengakibatkan rotasi tim menjadi tidak optimal.

Kondisi ini diperparah dengan enam pemain yang habis kontrak pada musim panas 2024. Jika tidak segera diperpanjang, mereka akan berstatus bebas transfer. Siapa sajakah mereka?

1. Tak mencapai kata sepakat perihal gaji, Varane resmi tinggalkan MU

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Raphael Varane (instagram.com/raphaelvarane)

Raphael Varane resmi mengucapkan selamat tinggal kepada Manchester United. Bek asal Prancis itu mengumumkan kepergiannya melalui akun Instagram pribadinya pada 14 Mei 2024. Hal itu menandakan akhir dari perjalanannya di Old Trafford sejak 2021.

Selama 3 musim membela Setan Merah, Varane gagal menunjukkan kontribusi maksimal. Ia hanya mencatatkan 2 gol dan 1 assist dari 94 laga di semua ajang. Faktor gaji tinggi menjadi salah satu pertimbangan kontraknya tak diperpanjang.

2. Performa inkonsisten Anthony Martial membuat MU tak memperpanjang kontraknya

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Anthony Martial (instagram.com/martial_9)

Raphael Varane bukan satu-satunya pemain asal Prancis yang kontraknya habis pada musim panas 2024. Ada Anthony Martial, penyerang berusia 28 tahun yang sudah membela Manchester United sejak 2015. Ia saat itu dibeli dari klub Ligue 1 Prancis, AS Monaco, dengan harga 36 juta pound sterling atau sekitar Rp731 miliar.

Martial sempat menunjukkan performa gemilang pada awal kedatangannya. Namun, performanya itu tak menunjukkan grafik meningkat. Ia kerap kali tampil inkonsisten. Bahkan, pada musim ini, ia hanya tampil sebanyak 13 laga di Premier League.

3. Jonny Evans hanya dikontrak selama 1 musim oleh Manchester United

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Jonny Evans (twitter.com/ManUtd)

Jonny Evans awalnya hanya berlatih bersama tim setelah kontraknya di Leicester City habis. Namun, penampilannya yang mengesankan berhasil menarik perhatian Erik ten Hag, manajer Manchester United, pada sesi latihan dan tur pramusim di Amerika Serikat. Ia pun akhirnya mendapatkan kontrak 1 tahun atau hingga musim panas 2024.

Keputusan ini terbilang berani. Pada usianya yang sudah tak muda lagi, Evans harus menjaga kondisinya agar tetap fit di tengah kompetisi Premier League yang padat. Terbukti, ia berhasil menjadi pemain andalan di lini pertahanan Manchester United dengan bermain sebanyak 29 laga di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dapat Diandalkan pada 2024/2025

4. Tom Heaton hanya tampil sebanyak tiga laga sejak kedatangannya pada 2021

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Tom Heaton (twitter.com/TomHeatonGK)

Tom Heaton baru tampil sebanyak tiga kali di Manchester United sejak kedatangannya dari Aston Villa pada 2021. Namun, jumlah tersebut kemungkinan besar tidak akan bertambah. Kepastian itu terjadi setelah kontraknya tidak diperpanjang dan akan habis pada musim panas 2024.

Kedatangan Heaton memang sejak awal diplot sebagai kiper pelapis. Pada musim ini, posisinya bahkan semakin tersisihkan oleh kedatangan kiper baru, Andre Onana dan Altay Bayindir. Hal itu membuat peluangnya untuk tampil di lapangan menjadi sangat terbatas.

5. Brandon Williams gagal memanfaatkan kesempatannya di Ipswich Town

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Brandon Williams (instagram.com/branwilliams)

Pemain Manchester United berikutnya yang habis kontrak pada musim panas 2024 adalah Brandon Williams. Pada musim ini, pemain jebolan akademi Manchester United itu dipinjamkan Manchester United kepada Ipswich Town dengan harapan mendapatkan menit bermain. Sayangnya, kesempatan itu tidak dimanfaatkannya dengan baik.

Williams hanya tampil sebanyak 17 laga di semua ajang, termasuk 7 laga diantaranya masuk sebagai pemain pengganti. Ia juga mencetak dua gol. Namun, catatan itu belum cukup untuk membuat pihak Manchester United memperpanjang kontraknya.

6. Tampil bersinar, Alvaro Carreras kemungkinan akan dipermanenkan Benfica

6 Pemain Manchester United yang Habis Kontrak pada Musim Panas 2024Alvaro Fernandez Carreras (instagram.com/alvarocarreras3)

Selain Brandon Williams, nama lain yang tengah mengalami peminjaman pada musim ini adalah Alvaro Carreras. Berbeda dengan Williams yang dipinjamkan kepada klub Inggris, Carreras justru terbang ke Portugal untuk memperkuat Benfica. Masa peminjamannya berlangsung selama setengah musim dengan opsi permanen.

Dalam periode singkatnya itu, Carreras berhasil menunjukkan potensi yang menjanjikan. Pemain jebolan akademi Real Madrid itu berhasil mengemas 1 gol dan 1 assist dari 16 laga di semua ajang sejak kedatangannya pada paruh musim 2023/2024. Kontribusinya itu membuat pihak Benfica kepincut untuk mempermanenkannya setelah kontraknya habis di Manchester United pada musim panas 2024.

Keenam pemain manchester united yang habis kontrak pada musim panas 2024 di atas kemungkinan akan dilepas semua. Namun, tak menutup kemungkinan, beberapa dari mereka bisa saja ditawari perpanjangan kontrak. Hingga saat ini, baru Raphael Varane yang sudah mengumumkan perpisahannya bersama Manchester United.

Baca Juga: 3 Pemain Manchester City Peraih MOTM Terbanyak di EPL 2023/2024

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya