5 Pengguna Nomor Punggung 11 West Ham United sebelum Kalvin Phillips

Lucas Paqueta salah satunya

Intinya Sih...

  • West Ham United memboyong Kalvin Phillips dari Manchester City dengan status pinjaman hingga akhir musim 2023/2024 tanpa opsi pembelian permanen.
  • Lucas Paqueta, pemain nomor punggung 11 terakhir West Ham United, berhasil membawa tim juara Europa Conference League pada 2022/2023.
  • Nikola Vlasic gagal menunjukkan performa terbaiknya bersama West Ham United dan dipermanenkan oleh Torino FC dengan biaya sekitar Rp200 miliar.

West Ham United resmi memboyong Kalvin Phillips dari Manchester City dengan status pinjaman hingga akhir musim 2023/2024. Kesepakatan ini diumumkan kedua klub pada 26 Januari 2024. Namun, tidak ada opsi pembelian permanen pada akhir musim. 

Bersama West Ham United, Phillips memilih mengenakan nomor punggung 11. Nomor punggung tersebut setidaknya pernah digunakan oleh lima pemain terakhir West Ham United. Siapa sajakah mereka?

1. Lucas Paqueta mampu membawa West Ham United menjuarai Europa Conference League

5 Pengguna Nomor Punggung 11 West Ham United sebelum Kalvin PhillipsLucas Paqueta menggendong Manuel Lanzini. (instagram.com/lucaspaqueta)

Lucas Paqueta adalah pemain terakhir West Ham United yang mengenakan nomor punggung 11. Pemain berusia 26 tahun itu mengenakan nomor punggung tersebut pada 2022/2023. Namun, setelah Manuel Lanzini meninggalkan West Ham United menuju River Plate pada 2023/2024, ia berganti nomor punggung menjadi 10.

Selama mengenakan nomor punggung 11, Paqueta mampu menjadi pemain andalan di lini serang West Ham United. Pemain asal Brasil itu berhasil mengoleksi 5 gol dan 7 assist dari 41 laga di semua ajang. Selain itu, ia juga sukses membawa The Hammers menjuarai Europa Conference League pada 2022/2023.

2. Nikola Vlasic gagal bersinar di West Ham United

5 Pengguna Nomor Punggung 11 West Ham United sebelum Kalvin PhillipsNikola Vlasic (whufc.com)

Nikola Vlasic gagal menunjukkan performa terbaiknya selama membela West Ham United. Pemain berposisi gelandang serang itu hanya bertahan selama 2 musim (2021–2023). Namun, The Hammers meminjamkannya kepada klub Serie A Italia, Torino FC pada 2022/2023. Alhasil, ia hanya bermain di klub asal London Timur itu selama 1 musim.

Vlasic seakan menemukan performa terbaiknya selama masa peminjaman di Torino FC. Oleh karena itu, pemain yang mengoleksi 1 gol dari 31 laga bersama West Ham United itu dipermanenkan Il Toro pada musim panas 2023. Biayanya mencapai 10 juta pound sterling atau sekitar Rp200 miliar.

Baca Juga: 7 Pemain Inggris di West Ham United 2023/2024

3. Jesse Lingard membuktikan kualitasnya di West Ham United

5 Pengguna Nomor Punggung 11 West Ham United sebelum Kalvin PhillipsJesse Lingard (twitter.com/WestHam)

Masih dari posisi gelandang serang, ada nama Jesse Lingard, mantan pemain West Ham United yang dipinjam dari Manchester United pada 2020/2021. The Hammers meminjamnya selama setengah musim dan sempat ada pembicaraan untuk dipermanenkan pada musim selanjutnya. Namun, kesepakatan itu urung terealisasi karena saat itu ada tawaran yang lebih menggiurkan dari Nottingham Forest.

Selama setengah musim itu, Lingard tampil luar biasa. Pemain asal Inggris itu sukses mengoleksi 9 gol dan 5 assist dari 16 laga di semua ajang. Ia bahkan sempat memenangi penghargaan pencetak gol terbaik dan pemain terbaik bulanan di English Premier League pada April 2021. 

4. Robert Snodgrass cukup lama membela The Hammers

5 Pengguna Nomor Punggung 11 West Ham United sebelum Kalvin PhillipsRobert Snodgrass (whufc.com)

Robert Snodgrass mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola pada 16 Januari 2024. Ia mengakhiri karier profesionalnya di klub Heart of Midlothian FC, klub yang berkiprah di Scottish Premiership atau kasta tertinggi Liga Skotlandia, pada 2022/2023. Setelah berpisah dengan klub Skotlandia itu pada musim panas 2023, ia menganggur selama 6 bulan sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada usia 36 tahun.

Snodgrass tercatat pernah membela sepuluh klub berbeda dalam karier profesionalnya. Salah satunya adalah West Ham United pada 2016/2017 dan 2018–2021. Di sana, ia berhasil mengemas 11 gol dan 17 assist dari 86 laga di semua ajang.

5. Karier Simone Zaza bersama The Hammers hanya seumur jagung

5 Pengguna Nomor Punggung 11 West Ham United sebelum Kalvin PhillipsSimone Zaza (twitter.com/WestHam)

Musim 2016/2017 menjadi mimpi buruk bagi Simone Zaza. Pemain asal Italia itu dipinjam West Ham United dari Juventus dengan harapan dapat menjadi mesin gol baru. Namun, kenyataan berkata lain. Zaza hanya mampu bertahan selama setengah musim dan tak mencetak satu gol pun dalam sebelas laga di semua ajang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Zaza gagal bersinar bersama West Ham United. Salah satunya adalah cedera lutut. Cedera tersebut membuatnya harus absen selama beberapa minggu. Selain itu, Zaza juga tampak kesulitan beradaptasi terhadap sepak bola Inggris yang terkenal dengan gaya permainannya yang cepat.

Kisah kelima pemain ini bagaikan lima babak dalam sebuah drama. Ada yang terjerumus dalam kegagalan, tetapi ada pula yang berhasil meraih kesuksesan. Sedangkan, Kalvin Phillips sendiri kini berada di persimpangan jalan dalam menentukan nasibnya di West Ham United. Pertanyaanya, apakah karier Phillips akan berakhir manis atau tragis? Kita lihat pada akhir musim nanti.

Baca Juga: 6 Eks Pemain Big Six EPL yang Membela West Ham United pada 2023/2024

Mubayin Hukmi Photo Verified Writer Mubayin Hukmi

Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya