5 Pelatih dengan Koleksi Gelar EPL Manager of the Month Terbanyak

Tidak ada nama Jose Mourinho

Sesuai dengan namanya, Premier League Manager of the Month merupakan penghargaan yang diberikan kepada manajer terbaik EPL selama kurun waktu 1 bulan. Penghargaan ini pertama kali diberikan pada Agustus 1993 dengan Sir Alex Ferguson sebagai pemenang pertamanya.

Hingga saat ini, total ada puluhan pelatih berbeda yang pernah memenangi penghargaan ini. Lantas siapa sajakah manager yang paling sering memenangi penghargaan Premier League Manager of the Month? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya. Check this out!

1. Sir Alex Ferguson

5 Pelatih dengan Koleksi Gelar EPL Manager of the Month TerbanyakSir Alex Ferguson (skysports.com)

Di urutan pertama ada manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Selain menjadi pelatih pertama yang memenangi gelar ini, Ferguson juga menjadi pelatih dengan gelar Manager of the Month terbanyak dengan koleksi 27 gelar.

Jika dilihat dari rentang kariernya, keberhasilan yang didapatkan Ferguson memang cukup wajar. Dari 27 tahun menangani The Red Devils, Ferguson memiliki kesempatan sebanyak 180 kali untuk mendapatkan gelar ini, terhitung dari 1993 hingga pensiun pada 2013.

2. Arsene Wenger

5 Pelatih dengan Koleksi Gelar EPL Manager of the Month TerbanyakArsene Wenger (skysports.com)

Dibandingkan Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger justru memiliki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan penghargaan Manager of the Month selama kariernya. Wenger yang melatih Arsenal pada 1996—2018, terhitung memiliki kesempatan sebanyak 198 kali untuk mendapatkan gelar ini.

Torehan Wenger masih kalah jauh dari Ferguson karena pelatih asal Prancis ini hanya mampu mengoleksi 15 gelar. Kendati demikian, Arsene Wenger menjadi satu-satunya pelatih EPL dalam sejarah yang berhasil mendapatkan Piala Emas EPL, tepatnya pada 2003/2004.

Baca Juga: 5 Pemain Top Argentina yang Memperkuat Klub Premier League Saat Ini

3. David Moyes

5 Pelatih dengan Koleksi Gelar EPL Manager of the Month TerbanyakDavid Moyes (skysports.com)

Tak banyak yang menyangka jika David Moyes merupakan pelatih ketiga dengan koleksi penghargaan Manager of the Month terbanyak. Dalam karier Moyes, ia tidak pernah sama sekali membawa tim yang ia latih menjadi juara EPL.

Sejauh ini, Moyes telah menangani empat klub berbeda di EPL, yakni Everton, Manchester United, Sunderland, dan West Ham United. Kendati demikian, 10 penghargaan Manager of Month yang Moyes miliki hanya berhasil didapatkan saat menjadi juru taktik Everton.

4. Jurgen Klopp

5 Pelatih dengan Koleksi Gelar EPL Manager of the Month TerbanyakJurgen Klopp (skysports.com)

Kebangkitan Liverpool dalam kurun waktu 5 tahun terakhir perlu diakui terjadi karena jasa besar Jurgen Klopp. Mantan pelatih Borussia Dortmund ini ditunjuk pada Oktober 2015 dan baru mendapatkan gelar Manager of the Month pertamanya pada September 2016.

Secara total, Klopp berhasil mengoleksi 9 gelar dari 45 kesempatan yang ia miliki. Gelar yang dimiliki Klopp sejauh ini diprediksi akan terus bertambah, mengingat tren positif Liverpool dan dirinya yang masih aktif melatih.

5. Pep Guardiola

5 Pelatih dengan Koleksi Gelar EPL Manager of the Month TerbanyakPep Guardiola (skysports.com)

Sama seperti Jurgen Klopp, Pep Guardiola juga telah memenangi sembilan gelar Manager of the Month sejauh ini. Pep yang ditunjuk pada Juli 2016 berhasil mendapatkan gelar pertamanya tersebut pada Februari 2017.

Bicara soal performa tim yang ia latih, Manchester City di bawah naungan Pep memang luar biasa. Tiga gelar juara EPL menjadi bukti nyata betapa hebatnya Pep bersama Manchester City. Pep juga memiliki peluang besar untuk menambah gelarnya, mengingat performa Manchester City yang luar biasa.

Itulah lima pelatih dengan koleksi gelar Premier League Manager of the Month terbanyak dalam sejarah. Dari daftar ini, ada tiga nama pelatih aktif yang berkesempatan terus menambah gelarnya. Menurutmu, apakah ketiga nama tersebut akan menyalip torehan yang dimiliki Arsene Wenger atau bahkan Sir Alex Ferguson?

Baca Juga: 5 Pemain Nigeria yang Pernah Mencetak Hat-trick di Premier League

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya