Comscore Tracker

5 Pemain yang Jadi Top Scorer Bundesliga Bersama Bayern Munich

Robert Lewandowski menjadi yang paling bersinar!

Reunifikasi Jerman pada 1990 memberikan banyak perubahan bagi masyarakat Jerman di berbagai sektor. Salah satunya ialah olahraga, khususnya sepak bola yang menjadi olahraga terpopuler di negeri industri tersebut.

Bersatunya Jerman Timur dan Jerman Barat, serta penyatuan dua kompetisi sepak bola negara tersebut di bawah satu kompetisi bernama Bundesliga, menjadi yang paling terlihat. Sejak dimulai pada 1989/1990, Bayern Munich menjadi tim teratas dengan torehan 20 gelar juara.

Tak mengherankan jika pemain Die Bavarian juga beberapa kali menjadi pemenang gelar top scorer. Sejak musim 1989/1990, terdapat lima nama berbeda yang menjadi pemenang gelar top scorer saat berseragam Bayern Munich.

Lantas, siapa sajakah kelima nama tersebut? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya. Check this out!

1. Roland Wohlfarth

5 Pemain yang Jadi Top Scorer Bundesliga Bersama Bayern MunichRoland Wohlfarth (transfermarkt.com)

Roland Wohlfarth tercatat sebagai pemain Bayern Munich pertama yang berhasil menjadi top scorer era baru Bundesliga. Kala itu, pada 1990/1991, Wohlfarth berhasil menjadi top scorer Bundesliga dengan torehan 21 gol.

Sebetulnya, penghargaan top scorer tersebut bukan satu-satunya yang berhasil Wohlfarth raih di Bundesliga. Tepatnya pada 1988/1989, Wohlfrath juga pernah menjadi top scorer Bundesliga dengan torehan 17 gol. Dikarenakan era baru Bundesliga dimulai setahun setelahnya, maka gelar tersebut tidak termasuk catatan ini.

2. Giovane Elber

5 Pemain yang Jadi Top Scorer Bundesliga Bersama Bayern MunichGiovane Elber (bundesliga.com)

Salah satu penyerang asal Brasil paling underrated, Giovane Elber, juga pernah menjadi top scorer di Bundesliga. Penghargaan tersebut berhasil Elber dapatkan pada 2002/2003 saat ia berhasil mencetak 21 gol untuk Bayern Munich.

Penampilan Elber musim tersebut memang luar biasa. Berkat catatan dan kontribusinya, Elber berhasil membantu Bayern Munich mengawinkan gelar juara Bundesliga dan DFB Pokal musim tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Menjadi Top Scorer EPL Saat Berseragam Manchester United

3. Luca Toni

5 Pemain yang Jadi Top Scorer Bundesliga Bersama Bayern MunichLuca Toni (bundesliga.com)

Nama selanjutnya ialah Luca Toni yang berkontribusi besar saat timnas Italia menjadi juara Piala Dunia 2006. Sebagai seorang target man, Luca Toni memang dikenal sebagai striker yang tajam dan haus gol. Dalam karier sepak bolanya, Toni tercatat lima kali menjadi top scorer di empat kompetisi berbeda.

Salah satunya ialah Bundesliga Jerman yang ia dapatkan pada 2007/2008. Pada musim tersebut, Luca Toni yang berseragam Bayern Munich berhasil mencatatkan 24 gol dan 8 assists dari 31 penampilan di Bundesliga. Selain menjadi top scorer Bundesliga, Luca Toni juga berhasil menjadi top scorer UEFA Cup pada musim yang sama.

4. Mario Gomez

5 Pemain yang Jadi Top Scorer Bundesliga Bersama Bayern MunichMario Gomez (bundesliga.com)

Sama seperti Luca Toni, Mario Gomez juga pernah menjadi top scorer di banyak kompetisi berbeda. Salah satunya ialah Bundesliga, yang merupakan kompetisi paling bergengsi dari negaranya, Jerman. Torehan tersebut berhasil Gomez dapatkan pada 2010/2011.

Kala itu, Gomez berhasil tampil menggila dengan catatan 28 gol dan 10 assist dari 32 pertandingan untuk Bayern Munich. Tak mengherankan jika pada masa-masa tersebut Gomez sangat dikenal publik dan menjadi andalan timnas Jerman.

5. Robert Lewandowski

5 Pemain yang Jadi Top Scorer Bundesliga Bersama Bayern MunichRobert Lewandowski (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Robert Lewandowski, yang hingga sekarang masih menjadi andalan Bayern Munich. Lewandowski merupakan pemegang rekor gelar top scorer terbanyak era Bundesliga modern.

Dalam kariernya, ia tercatat berhasil memenangi enam gelar top scorer Bundesliga. Tepatnya pada 2013/2014 dan 2015/2016. Sisanya ia borong dari 2017/2018 hingga 2020/2021.

Dari keenam gelarnya, hanya satu gelar yang tidak ia dapat saat berseragam Bayern Munich, yakni pada 2013/2014 saat berseragam Borussia Dortmund.

Itulah lima pemain yang berhasil mendapatkan gelar top scorer saat berseragam Bayern Munich. Keberhasilan kelima nama ini juga bisa menjadi bukti dominasi Bayern Munich selama berkiprah di Bundesliga. Apa pendapatmu?

Baca Juga: 5 Top Scorer Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya