Comscore Tracker

5 Pemain yang Pindah dari EPL ke Liga Asia pada Summer Transfer 2021

Liga Asia menarik minat pemain EPL, siapa saja yang pindah?

Jendela transfer musim panas (summer transfer) menjadi waktu bagi tim-tim Eropa untuk membenahi timnya masing-masing. Panjangnya jangka waktu transfer juga menjadi alasan pemain lebih banyak pindah pada musim panas dibanding pada musim dingin (winter transfer).

Summer transfer selalu dijadikan waktu untuk para pemain mencari klub baru yang tepat bagi masa depannya. Terkadang beberapa pemain dari liga Eropa memutuskan untuk pindah ke liga Asia pada masa ini. Sama seperti lima pemain English Premier League (EPL) ini yang memutuskan untuk hijrah ke tim di liga-liga Asia pada jendela transfer musim panas 2021.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut daftar dan ulasannya:

1. Bernard

5 Pemain yang Pindah dari EPL ke Liga Asia pada Summer Transfer 2021Bernard (skysports.com)

Nama Bernard mulai dikenal publik kala tampil luar biasa bersama Shakhtar Donetsk pada 2013—2018. Pada 2018, ia akhirnya pindah ke Everton dengan harapan mendapatkan karier yang lebih baik.

Namun, sayang, ketika berseragam The Tofees, Bernard tidak tampil sebaik saat membela Shakhtar Donetsk. Pada musim terakhirnya di Everton, Bernard lebih sering datang dari bangku cadangan karena kalah bersaing.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan ia pindah ke klub Uni Emirat Arab, Sharjah Cultural Sport, pada jendela transfer musim panas ini. Dengan banderol sebesar 1 juta Euro atau sekitar Rp16 miliar, winger asal Brasil ini berharap agar bisa memperbaiki kariernya di salah satu liga terbaik Asia.

2. Yoshinori Muto

5 Pemain yang Pindah dari EPL ke Liga Asia pada Summer Transfer 2021Yoshinori Muto (fromthetofubowl.com)

Setelah berkarier di Eropa selama enam tahun, Yoshinori Muto akhirnya pulang kampung ke negaranya, Jepang, pada jendela transfer musim panas ini. Pada musim lalu, Muto memang masih bermain di La Liga bersama Eibar. Namun, kala itu, ia masih tercatat sebagai pemain pinjaman dari Newcastle United.

Selepas kontraknya tidak diperpanjang The Magpies, Muto kemudian menandatangani kontrak berdurasi dua tahun bersama Vissel Kobe. Kepulangannya ke J-League jelas menjadi harapan besar baginya untuk menyelamatkan kariernya di sepak bola. Pasalnya, selepas pindah dari Mainz 05 pada 2018, Muto seperti kehilangan sentuhan dan menjadi striker yang seret gol.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang EPL yang Kontraknya Berakhir Musim Panas 2022

3. Toby Alderweireld

5 Pemain yang Pindah dari EPL ke Liga Asia pada Summer Transfer 2021Toby Alderweireld (beinsports.com)

Toby Alderweireld membuat langkah mengejutkan ketika memutuskan untuk pindah ke Al-Duhail di Qatar Stars League. Pasalnya, beberapa tahun ke belakang, bek berkebangsaan Belgia ini sempat diisukan akan pindah ke klub yang lebih besar seperti Manchester United, Barcelona, dan Chelsea.

Jika dilihat dari penampilannya musim lalu, Alderweireld sebetulnya merupakan pemain yang diandalkan oleh Tottenham Hotspur. Namun, dengan banderol sebesar 13 juta Euro atau setara dengan Rp218 miliar, ia akhirnya berhasil diboyong Al-Duhail dari Tottenham Hotspur dan diikat dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

4. Ezgjan Alioski

5 Pemain yang Pindah dari EPL ke Liga Asia pada Summer Transfer 2021Ezgjan Alioski (footballreporting.com)

Setelah dirumorkan akan bergabung dengan Galatasaray, Ezgjan Alioski malah bergabung bersama tim raksasa Arab Saudi, Al-Ahli. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini datang dengan status bebas transfer setelah menolak perpanjangan kontrak dari Leeds United.

Penampilan gemilangnya di EPL dan Piala Eropa 2020 bersama tim nasional Makedonia Utara menjadi alasan kuat Al-Ahli ingin mengikatnya. Kedatangannya ke Al-Ahli menjadi tambahan tenaga besar bagi klub asal Jeddah ini. Hingga pekan ketiga Saudi Professional League, Alioski telah mencetak satu gol.

5. Christian Atsu

5 Pemain yang Pindah dari EPL ke Liga Asia pada Summer Transfer 2021Christian Atsu (ghanaweb.com)

Nama yang terakhir ialah winger berkebangsaan Ghana, Christian Atsu. Sama seperti Alioski, Atsu juga hijrah ke Saudi Professional League. Namun, bedanya, Atsu bergabung bersama Al-Raed yang berasal dari wilayah Buraidah.

Penampilannya dalam dua musim terakhir bersama Newcastle United menjadi alasan kuat ia tidak melanjutkan karier bersama The Magpies. Pasalnya, pada masa tersebut, Atsu lebih sering berada di bangku cadangan. Ia bahkan terlempar ke tim muda pada musim lalu. Ia tidak betah dan memutuskan untuk pindah ke Al-Raed pada 17 Juli 2021.

Itulah enam pemain yang pindah dari tim EPL ke tim di liga Asia pada jendela transfer musim panas 2021. Liga-liga Asia memang sering menjadi pelarian bagi para pemain di liga top Eropa yang mulai kesulitan untuk mendapat tempat dan memasuki usia tua. Apa pendapatmu?

Baca Juga: 5 Klub dengan Keuntungan Transfer Terbesar pada Bursa Transfer 21/22

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya