7 Pemain Bundesliga yang Diboyong Jurgen Klopp ke Liverpool

Ozan Kabak menjadi yang terbaru

Sejak kedatangan Jurgen Klopp pada bulan Oktober 2015 untuk menggantikan Brendan Rodgers yang dipecat, Liverpool tampak sangat senang bongkar-pasang pemain guna menjalankan skema taktiknya. Sangat wajar memang karena setiap pelatih menginginkan yang terbaik bagi timnya.

Faktor kebutuhan tim, keselarasan permainan, dan komunikasi adalah beberapa faktor yang bisa menjadi acuan seorang pelatih dalam mendatangkan pemain. Oleh karena itu, tak heran bila Jurgen Klopp sangat senang mendatangkan pemain-pemain yang cocok dengan karakter dan skemanya.

Dari sekian banyak pemain yang Klopp datangkan ke Liverpool, pemain dari Bundesliga menjadi pemain yang paling diminati pelatih berkebangsaan Jerman ini. Mengingat Jurgen Klopp telah menghabiskan 15 tahun karier kepelatihannya di Bundesliga sehingga sudah paham betul dengan gaya main khas tanah Bavaria.

Sejauh ini sudah ada 7 pemain Bundesliga yang Klopp datangkan untuk memenuhi kebutuhan taktiknya di Liverpool. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Gagal Bersinar dalam 4 Laga Terkhir di Anfield, Ada Apa Liverpool? 

1. Joel Matip

7 Pemain Bundesliga yang Diboyong Jurgen Klopp ke Liverpoolpremierleague.com

Setelah menghabiskan 16 tahun berkarier di Schalke 04, Joel Matip akhirnya memilih berlabuh ke Liverpool sebagai klub barunya. Pemain berkebangsaan Kamerun datang dengan status free transfer di jendela transfer musim panas 2016.

Di Liverpool, Matip tampil mengesankan dan selalu menjadi pilihan utama Jurgen Klopp untuk berduet dengan Virgil van Dijk di jantung pertahanan The Reds. Perannya tak tergantikan walaupun dirinya sering dibekap cedera.

2. Loris Karius

7 Pemain Bundesliga yang Diboyong Jurgen Klopp ke Liverpoolgoal.com

Datang sebagai harapan baru bagi publik Anfield, Loris Karius resmi didatangkan dari Mainz 05 dengan banderol 6 juta euro di bursa transfer musim panas 2016. Karius diharapkan bisa menjadi opsi utama pertahanan Liverpool untuk menggantikan Simon Mignolet yang dikenal rapuh kala itu.

Karier Karius di Liverpool berjalan lancar pada awalnya. Namun sayang, blundernya di final Liga Champions 2018 kontra Real Madrid sungguh mematikan kariernya bersama The Reds. Kini Karius dipinjamkan ke Union Berlin seiring datangnya Alisson Becker yang menjadi solusi masalah pertahanan Liverpool.

3. Ragnar Klavan

7 Pemain Bundesliga yang Diboyong Jurgen Klopp ke Liverpoolbalkantalk.com

Klavan diboyong pada tahun yang sama dengan Karius seharga 5 juta euro dari Ausburg. Ragnar Klavan menandatangani kontrak berdurasi 3 tahun bersama Liverpool.

Klavan mencatatkan 39 kali penampilan dalam kurun waktu dua musim bersama Liverpool. Selepas itu, kapten tim nasional Estonia ini memutuskan untuk hijrah ke Serie-A bersama Cagliari pada tahun 2018.

4. Alexander Manninger

7 Pemain Bundesliga yang Diboyong Jurgen Klopp ke Liverpoolthisanfield.com

Datang di usia yang tak lagi muda, Alex Manninger hadir sebagai opsi ketiga posisi kiper pada tahun 2016. Ia didatangkan dari Ausburg dengan status free transfer.  Kala itu The Reds diisi oleh Simon Mignolet dan Loris Karius yang masih sering tampil angin anginan.

Selama di Liverpool, Manninger lebih banyak difokuskan sebagai pelatih kiper ketimbang sebagai pemain mengingat dirinya berencana menjadi seorang pelatih kiper di masa depan. Benar saja, karier Manninger di Liverpool tidak berlangsung lama. Di musim panas 2017, Manninger gantung sarung tangan dan berencana melanjutkan kariernya sebagai pelatih kiper.

5. Naby Keita

7 Pemain Bundesliga yang Diboyong Jurgen Klopp ke Liverpoolpremierleague.com

Menjadi salah satu pembelian termahal yang pernah dilakukan Liverpool, Naby Keita datang dari RB Leipzig pada tahun 2018 dengan banderol 52 juta euro. Keita dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dan bertalenta di Bundesliga sehingga tak heran Liverpool berani membayar mahal untuk transfer ini.

Benar saja pemain berkebangsaan Guinea ini memiliki kreativitas tinggi dalam mengolah bola dengan ditunjang visi bermain yang tinggi. Namun sayang, cedera yang sering menerpanya sangatlah mengganggu permainannya bersama Liverpool.

6. Thiago Alcantara

7 Pemain Bundesliga yang Diboyong Jurgen Klopp ke Liverpoolskysports.com

Pada awal musim ini Liverpool berhasil mendatangkan Thiago Alcantara dengan banderol 22 juta euro dari Bayern Munich. Thiago diplot untuk mengisi lini tengah Liverpool yang dinilai minim kreativitas.

Bersama Liverpool, Thiago lebih lama bergelut dengan cedera daripada bermain secara reguler. Hingga sejauh ini Thiago baru tampil sebanyak 10 kali bersama Liverpool dan berhasil belum memberi pengaruh besar terhadap lini tengah kala dirinya bermain.

7. Ozan Kabak

7 Pemain Bundesliga yang Diboyong Jurgen Klopp ke Liverpoolskysports.com

Liverpool akhirnya merampungkan transfer Ozan Kabak dari Schalke 04 dengan status pinjaman disertai opsi pembelian sebesar 20 juta euro di akhir musim. Kedatangan Ozan Kabak ke Anfield jelas menjadi suatu hal yang diinginkan para Kopites mengingat kini The Reds mengalami krisis di lini pertahanan akibat cederanya 3 bek andalan mereka.

Penampilan mengagumkan Ozan Kabak musim lalu memang menjadi sorotan banyak pihak. Pasalnya, Kabak dianggap sebagai salah satu wonderkid berbakat yang akan bersinar di masa depan. Dengan hal tersebut, Kabak sangat diharapkan bisa memenuhi ekspektasi publik dan menjadi opsi baru bagi Liverpool guna memperkokoh lini belakang mereka yang rapuh musim ini.

 

Itulah 7 pemain yang didatangkan Jurgen Klopp dari Bundesliga. Apakah rekrutan itu akan mampu mengangkat performa Liverpool yang sempat menurun musim ini?

Baca Juga: Mampukah Ozan Kabak dan Ben Davies Atasi Krisis Liverpool?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya