5 Jebolan Akademi IFK Goteborg yang Pernah Berkarier di Serie A

Hanya Emil Holm yang masih ada di Serie A

Swedia menjadi negara keenam yang paling sering mengirim pemainnya ke Serie A Italia. Faktanya, ada 101 pesepak bola asa Swedia yang pernah berlaga di kasta tertinggi sepak bola Italia ini.

Pemain-pemain hebat asal Swedia banyak berasal dari tim akademi, salah satunya ialah IFK Goteborg. Hingga saat ini, terdapat lima jebolan akademi IFK Goteborg yang pernah berlaga di Serie A. Siapa saja?

1. Johnny Ekstrom

5 Jebolan Akademi IFK Goteborg yang Pernah Berkarier di Serie AJohnny Ekstrom (gp.se)

Nama pertama ialah Johnny Ekstrom, penyerang asal Swedia yang telah pensiun dari dunia sepak bola bersama IFK Goteborg pada 2019. Dua tahun selepas promosi dari tim muda IFK Goteborg, Ekstrom pun pindah ke Empoli pada tahun 1986.

Sempatt pindah ke beberapa tim di luar Italia, Ekstrom pun kembali ke Negeri Pizza pada 1993 untuk bergabung dengan Reggiana. Secara keseluruhan, Ekstrom sukses membukukan 62 penampilan dan 9 gol selama 3,5 tahun berkarier di Serie A.

2. Zlatan Muslimovic

5 Jebolan Akademi IFK Goteborg yang Pernah Berkarier di Serie AZlatan Muslimovic (tuttoatalanta.com)

Pernah bermain untuk empat klub berbeda di Serie A membuat Zlatan Muslimovic punya pengalaman yang kuat di Italia. Penyerang berkebangsaan Bosnia-Herzegovina ini hengkang dari tim akademi IFK Goteborg pada 1999 untuk pindah ke tim akademi Udinese.

Setelah itu, karier Muslimovic di Serie A dimulai. Ia pernah membela Udinese, Perugia, Pistoiese, Padova, Ascoli, Messina, Rumini, Parma, dan Atalanta. Namun catatan 9 gol dan 5 assist dari 66 pertandingannya di Serie A hanya ia catatkan bersama Parma, Atalanta, Messina, dan Udinese.

Baca Juga: ASEAN Kutuk Pembakaran Al-Qur'an di Swedia dan Denmark

3. Glenn Stromberg

5 Jebolan Akademi IFK Goteborg yang Pernah Berkarier di Serie AGlenn Stromberg (ifkgoteborg.se)

Glenn Stromberg menjadi pemain jebolan akademi IFK Goteborg pertama di Serie A, sekaligus pemain dengan jumlah laga terbanyak dalam daftar ini. Luis del Sol pernah berkarier di Serie A selama 8 tahun (1984—1992).

Momen tersebut ia habiskan bersama satu klub saja, yakni Atalanta Bergamo. Bahkan, Stromberg juga pensiun kala berseragam La Dea. Selama berseragam Atalanta Bergamo, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sukses mencetak 15 gol dan 2 assist dari 185 laga di Serie A.

4. Sebastian Eriksson

5 Jebolan Akademi IFK Goteborg yang Pernah Berkarier di Serie ASebastian Eriksson (ifkgoteborg.se)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Sebastian Eriksson pernah 2 tahun (2007—2009) berada di tim akademi IFK Goteborg. Setelah dua musim bermain di tim utama Goteborg, Erikkson pun mendapat tawaran dari Cagliari.

Sayangnya, penampilan Erikkson bersama Cagliari tak terlalu mentereng sehingga ia hanya bertahan hingga 2015 sebagai pemain yang cukup sering dipinjamkan. Pada awal tahun 2020, Erikkson kembali ke Italia untuk bergabung Genoa. Lagi-lagi, penampilannya tak bersinar.

5. Emil Holm

5 Jebolan Akademi IFK Goteborg yang Pernah Berkarier di Serie AEmil Holm (acspezia.com)

Satu-satunya pemain jebolan akademi IFK Goteborg yang saat ini berlaga di Serie A adalah Emil Holm. Bek muda asal Swedia ini menimba ilmu di tim akademi IFK Goteborg selama 3 tahun sebelum akhirnya promosi pada 2019.

Perjalanan Holm di Serie A dimulai pada 2021 ketika ia bergabung dengan Spezia. Namun, pada musim pertamanya, Holm justru dipinjamkan ke klub Denmark. Kendati demikian, Holm telah bermain reguler di Spezia untuk musim 2022/2023.

 

IFK Goteborg merupakan salah satu klub terpandang dan menjadi langganan juara di Swedia. Tak heran klub ini bisa menciptakan pemain gemilang untuk liga besar Eropa dan juga Timnas Swedia.

Baca Juga: 5 Didikan Akademi AS Monaco Terbaik yang Pernah Main di Serie A

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya