5 Jebolan Akademi Olympique Lyon Terbaik yang Pernah Main di Serie A

Hanya Pierre Kalulu yang masih berkarier di Serie A

Bukan lagi menjadi rahasia umum bahwa pemain jebolan akademi Olympique Lyon memiliki kualitas yang hebat. Beberapa pemain ternama, seperti Anthony Martial, Karim Benzema, dan Alexandre Lacazette, berasal dari tim akademi ini.

Pemain jebolan akademi Lyon juga merambah hingga Serie A Italia. Terhitung ada tiga belas pemain jebolan akademi Lyon yang pernah berlaga di Serie A. Berikut ini kami rangkum lima yang terbaik di antaranya.

1. Nestor Combin

5 Jebolan Akademi Olympique Lyon Terbaik yang Pernah Main di Serie ANestor Combin (twitter.com/acmilan)

Nestor Combin merupakan seorang penyerang kelahiran Argentina yang besar di Prancis. Ia menjadi pemain jebolan akademi Lyon pertama yang menjajal kerasnya persaingan di Serie A Italia.

Selain itu, Nestor Combin juga menjadi jebolan akademi Lyon yang paling sering bermain di Serie A. Pernah bermain untuk Juventus, AC Milan, Torino, dan Verese, Combin sukses mencetak 47 gol dan 11 assist dari 172 laga.

2. Ishak Belfodil

5 Jebolan Akademi Olympique Lyon Terbaik yang Pernah Main di Serie AIshak Belfodil (tsg-hoffenheim.de)

Akademi Olympique Lyon menjadi 1 dari 6 akademi yang pernah ditempati Ishak Belfodil. Faktanya, akademi Lyon (2008—2009) merupakan akademi terakhir yang ditempati Belfodil sebelum jadi pesepak bola profesional.

Dalam kariernya, Belfodil cukup sering berpindah tim yang tersebar di berbagai liga. Kala berlaga di Serie A, penyerang asal Aljazair ini pernah membela Bologna, Parma, Inter Milan, dan Livorno dengan catatan 9 gol dan 9 assist dari 89 laga.

Baca Juga: 10 Potret Pierre Kalulu, Bek Muda Andalan AC Milan

3. Pierre Kalulu

5 Jebolan Akademi Olympique Lyon Terbaik yang Pernah Main di Serie APierre Kalulu (acmilan.com)

Pierre Kalulu juga memulai kariernya dengan bergabung bersama akademi Olympique Lyon. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini promosi pada tahun 2018 setelah 10 tahun berada di tim muda Lyon.

Hanya bertahan selama dua musim di tim senior Lyon, Kalulu pun dibeli AC Milan yang jadi timnya sekarang. Sejauh ini, Kalulu telah bermain dalam 62 laga AC Milan di ajang Serie A dengan torehan 3 gol dan 2 assist.

4. Bruno N'Gotty

5 Jebolan Akademi Olympique Lyon Terbaik yang Pernah Main di Serie ABruno N'Gotty (twitter.com/psg_english)

AC Milan menjadi tim pertama yang dibela Bruno N’Gotty selepas hengkang dari Ligue 1. Momen tersebut terjadi dari Juli 1998—Januari 2000. Dalam kurun waktu tersebut, N’Gotty tampil sebanyak 42 pertandingan di ajang Serie A.

Bruno N’Gotty sendiri lahir di kota Lyon dan pernah menjadi pemain andalan dari Olympique Lyon. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini menimba ilmu di tim akademi Lyon dan baru promosi pada 1990.

5. Rachid Ghezzal

5 Jebolan Akademi Olympique Lyon Terbaik yang Pernah Main di Serie ARachid Ghezzal (twitter.com/acffiorentina)

Pemain Aljazair lain yang pernah menimba ilmu di tim akademi Olympique Lyon adalah Rachid Ghezzal. Pemain yang sekarang telah berseragam Besiktas ini menempuh 6 tahun (2004—2010) pendidikan di tim akademi Lyon.

Di tengah kariernya yang kurang bersinar di Leicester City, Ghezzal pernah dipinjamkan ke Fiorentina. Momen tersebut terjadi selama semusim, tepatnya pada musim 2019/2020. Kala itu, Ghezzal mencatat 21 penampilan.

 

Nama-nama di atas dikategorikan sebagai yang terbaik karena penampilannya yang cukup banyak. Selain kelima nama ini, Samuel Umtiti, Maxime Gonalons, dan Clement Grenier menjadi jebolan akademi Lyon lain yang pernah berkarier di Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain Olympique Lyon yang Dijual ke Klub Premier League

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya