3 Bek Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024 

Ada dua pemain Burnley

Tak hanya di sektor penyerangan, pesepak bola Belgia juga unggul dalam urusan bertahan. Di English Premier League sendiri ada sejumlah bek legendaris asal Belgia yang pernah berkarier. Sebut saja Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Thomas Vermaelen, dan Jan Vertonghen.

Akan tetapi, kualitas bek Belgia di Inggris relatif menurun. Kendati demikian, hal tersebut patut dimaklumi karena karier mereka masih awal. Sebab, 2 dari 3 bek Belgia yang berlaga di Premier League 2023/2024 cukup muda. Mereka masih mencari pengalaman.

1. Ameen Al Dakhlil punya banyak menit bermain meski berstatus sebagai pemain rotasi di Burnley

3 Bek Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024 Ameen Al Dakhlil (twitter.com/BurnleyOfficial)

Pengaruh besar sang pelatih, Vincent Kompany, membuat Burnley banyak dihuni oleh pemain asal Belgia. Salah satunya ialah Ameen Al Dakhlil, bek berusia 21 tahun yang lahir dan memiliki keturunan Irak. Saat masih kecil, Dakhlil dan keluarganya pindah ke Belgia akibat perang yang terjadi di Irak. Oleh karena itu, Dakhlil memiliki kewarganegaraan Belgia.

Dakhlil sendiri bergabung dengan Burnley sejak Januari 2023. Ia juga menjadi salah satu pilar yang berperan besar dalam membawa Burnley promosi ke English Premier League 2023/2024. Ia sangat diandalkan karena bisa bermain versatile sebagai bek tengah, bek kanan, dan bek kiri.

Bicara soal performanya musim ini, Dakhlil terhitung memiliki performa yang cukup baik, meski berstatus sebagai pemain rotasi. Ia telah mencatat 13 pertandingan dari 27 laga yang dijalani Burnley di EPL. Kendati demikian, ia tak pernah tampil dalam waktu singkat jika diberi kesempatan bermain.

Baca Juga: 4 Winger Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024

2. Hannes Delcroix (Burnley) baru bermain penuh sebanyak empat kali di EPL

3 Bek Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024 Hannes Delcroix (burnleyfootballclub.com)

Selain Ameen Al Dakhlil, Burnley juga memiliki bek lain asal Belgia. Sosok yang dimaksud ialah Hannes Delcroix, bek berusia 25 tahun yang baru bergabung dengan Burnley pada awal musim 2023/2024. Kedatangan Delcroix sendiri ditujukan untuk menambah kedalaman skuad.

Oleh karena itu, Delcroix tak banyak tampil bersama Burnley musim ini. Hingga pekan ke-27 EPL 2023/2024, Delcroix baru mencatat 11 penampilan dengan rincian 561 menit. Dari kesempatan tersebut, Delcroix baru bermain penuh sebanyak empat kali.

Sedangkan pada pertandingan lain, Delcroix lebih banyak tampil sebagai pemain pengganti. Hal ini bisa terjadi karena Delcroix selalu kalah saing dari Dara O Shea dan Jordan Beyer. Keduanya adalah pemain inti Burnley untuk posisi bek tengah.

3. Timothy Castagne jadi andalan baru Fulham di sisi bek kanan

3 Bek Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024 Timothy Castagne (fulhamfc.com)

Timothy Castagne awalnya akan bermain di Divisi Championship 2023/2024 bersama Leicester City. Namun, ia akhirnya kembali bermain di EPL karena Fulham memboyongnya. Hebatnya lagi, ia langsung menjadi pemain andalan The Cottagers pada 2023/2024.

Castagne sendiri sangat dipercaya karena memiliki kemampuan mumpuni sebagai seorang bek sayap. Ia hebat dalam bertahan dan aktif dalam menyerang. Hal tersebut yang membuat ia disukai oleh manajer Fulham, Marco Silva.

Hingga pekan ke-27, Castagne selalu tampil gemilang dan mengisi satu posisi di sektor bek kanan Fulham. Ia telah mencatat 24 pertandingan dengan torehan 1 assist. Catatan tersebut tampaknya sudah meyakinkan baginya untuk menggeser Kenny Tete ke bangku cadangan.

Timothy Castagne menjadi pemain yang paling mentereng di antara dua nama lain dalam daftar ini. Namun, ketiga pemain ini sebetulnya belum teruji sempurna di English Premier League. Sebab, mereka belum bisa dikatakan satu level dengan sejumlah legenda Belgia, seperti Vincent Kompany, Jan Vertonghen, dan Toby Alderweireld.

Baca Juga: Kontribusi 3 Bek Baru Fulham pada Awal 2023/2024, Ada Timothy Castagne

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya