3 Bek Skotlandia yang Bermain di English Premier League 2023/2024

Andy Robertson tetap yang paling mentereng

Pesepak bola asal Skotlandia selalu meramaikan English Premier League (EPL) dari musim ke musim. Hal ini cukup wajar karena Skotlandia memang memiliki kedekatan geografis dan sejarah dengan Inggris. Hal tersebut membuat banyak pesepak bola asal Skotlandia bisa akrab dengan EPL.

Pada musim 2023/2024, total ada 14 pemain berkebangsaan Skotlandia yang merumput bersama tim EPL. Tiga di antaranya merupakan bek yang memiliki tanggung jawab utama dalam menjaga pertahanan. Siapa sajakah mereka dan bagaimana kiprah ketiga pemain tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Nathan Petterson belum sepenuhnya mengisi posisi bek kanan Everton

3 Bek Skotlandia yang Bermain di English Premier League 2023/2024Nathan Patterson (evertonfc.com)

Nathan Petterson merupakan seorang bek kanan berusia 22 tahun yang telah menjadi langganan Timnas Skotlandia senior. Petterson besar bersama tim akademi Rangers FC sebelum akhirnya memulai karier di EPL bersama Everton pada awal 2022. Hingga musim 2023/2024 ini, Petterson masih menjadi bagian dari Everton. 

Pada musim ini, Petterson terhitung sebagai pemain pelapis di skuad The Toffees. Ia kerap masuk sebagai pemain rotasi dan tak jarang tampil sejak awal laga. Posisi bek kanan Everton masih belum sepenuhnya menjadi milik Petterson.

Sebab, posisi tersebut masih menjadi milik Seamus Coleman dan tak jarang diisi oleh Ben Godfrey. Alhasil, Petterson baru bisa mencatat 19 laga dengan rincian 952 menit bermain hingga pekan ke-28 EPL 2023/2024. Dalam kurun waktu tersebut, Petterson mampu mencatat dua assist.

Baca Juga: 4 Klub EPL dengan Gol Kemenangan Terbanyak pada Menit 90

2. Aaron Hickey (Brentford) mengalami cedera dan terancam kehilangan posisi

3 Bek Skotlandia yang Bermain di English Premier League 2023/2024Aaron Hickey (brentfordfc.com)

Cukup banyak pesepak bola muda Skotlandia yang bermain di EPL 2023/2024. Salah satunya ialah Aaron Hickey, bek kanan berusia 21 tahun yang membela Brentford. Musim 2023/2024 merupakan musim kedua bagi Hickey di EPL.

Akan tetapi, ia gagal mencatat banyak pertandingan pada musim ini. Sebab, Hickey mengalami cedera hamstring sejak awal November 2023. Hal tersebut membuat Hickey harus menepi dalam kurun waktu yang cukup lama

Sejauh ini, Hickey baru mencatat 9 laga dengan rincian 720 menit. Posisinya digantikan oleh Mads Roeslev yang memang tampil gemilang. Hal ini pun tentunya membuat ia patut waspada dengan posisinya sekarang.

3. Andy Robertson terhitung sebagai pemain inti Liverpool

3 Bek Skotlandia yang Bermain di English Premier League 2023/2024Andy Robertson (liverpoolfc.com)

Andy Roberton mungkin menjadi pemain paling terkenal dalam daftar ini. Popularitas yang didapat Robertson adalah buah kerja kerasnya bersama Liverpool. Dalam 6 musim terakhir, Robertson kerap menjadi bagian penting dari posisi bek kiri Liverpool.

Pada musim ini, Robertson sempat mengalami cedera dan absen lama. Namun, hal tersebut tak membuat ia kehilangan posisi. Meski kerap kali mengalami rotasi, Robertson tetap berstatus sebagai pemain inti.

Hingga pekan ke-28 EPL 2023/2024, Robertson telah mengemas 1056 menit dari 15 laga dengan torehan 1 gol dan 1 assist. Catatan ini memang bukan pencapaian terbaiknya. Kendati demikian, ia masih menjadi yang terbaik bila dibandingkan dengan junior-juniornya sesama bek Skotlandia yang berlaga di EPL 2023/2024.

Pemain-pemain asal Skotlandia mungkin masih kalah mentereng ketimbang pesepak bola Inggris. Kendati demikian, kualitas pesepak bola Skotlandia selalu dibutuhkan dari musim ke musim oleh sepak bola Inggris. Hal ini membuktikan jika pesepak bola Skotlandia punya kualitas yang jempolan.

Baca Juga: 4 Penerima Penghargaan Individu Bulanan EPL pada Periode Feburari 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya