8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024

Hanya Pau Torres dan Pedro Porro yang tampil gemilang

Dari masa ke masa, Spanyol selalu lekat dengan DNA sepak bola. Deretan klub yang mentereng dengan sokongan pemain hebat menjadi buktinya. Bahkan, banyak pesepak bola Spanyol yang diminati oleh liga-liga lain.

Di kompetisi English Premier League (EPL) 2023/2024 saja, ada 21 pemain asal Spanyol yang ikut berkompetisi. Posisi bek menjadi yang terbanyak dengan komposisi delapan pemain. Siapa sajakah delapan bek tersebut dan bagaimana kiprahnya?

1. Pau Torres menjalani musim pertamanya dengan mulus di Aston Villa

8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024Pau Torres (avfc.co.uk)

Pemain anyar Aston Villa, Pau Torres, layak disebut sebagai bek Spanyol terbaik di EPL 2023/2024. Meski baru menjalani debutnya di Liga Inggris musim ini, Torres tampaknya sudah tak canggung. Ia menjalaninya secara mulus dengan performa yang mentereng. Hingga 21 laga yang telah dijalani The Villans di EPL, Torres ikut serta dalam 18 laga dengan sumbangan 2 gol.

2. Pedro Porro tampil konsisten dan produktif di Tottenham Hotspur

8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024Pedro Porro (twitter.com/SpursOfficial)

Tak jauh berbeda dengan Pau Torres, Pedro Porro juga menjalani musim yang gemilang di EPL 2023/2024. Bek kanan berusia 24 tahun ini selalu menjadi andalan Ange Postecoglou di lini pertahanan Tottenham Hotspur. Permainannya yang konsisten membuat Porro bisa mencatat 20 laga hingga pekan ke-21 EPL 2023/2024. Porro juga cukup produktif dengan catatan 8 assist-nya.

3. Tak dipakai Manchester United, Sergio Reguilon pulang ke Tottenham Hotspur

8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024Sergio Reguilon (premierleague.com)

Pada paruh pertama musim 2023/2024, Sergio Reguilon menjalani masa peminjaman di Manchester United. Namun, bek kiri berusia 27 tahun ini gagal tampil meyakinkan. Alhasil, ia pun dikembalikan ke Tottenham Hotspur pada paruh kedua. Sejauh ini, Reguilon telah mencatat 9 laga dengan rincian 412 menit.

4. Marc Cucurella tampil kurang konsisten bersama Chelsea

8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024Marc Cucurella (chelseafc.com)

Posisi Marc Cucurella sebagai pemain inti Chelsea cukup terancam musim ini. Pasalnya, ia mengalami inkonsistensi permainan. Selain itu, cedera engkel yang ia derita sejak 15 Desember 2023 membuat Cucurella harus absen lama. Sejauh ini, pemain berposisi bek kiri ini baru mencatat 9 laga bersama The Blues di EPL.

Baca Juga: MU Selangkah Lagi Dapatkan Cucurella, Chelsea Kasih Sinyal

5. Sergio Gomez minim menit bermain di Manchester City

8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024Sergio Gomez (mancity.com)

Sergio Gomez masih belum bisa beranjak dari perannya sebagai penghangat bangku cadangan Manchester City. Pada musim ini, Gomez baru mencatat 2 laga dengan rincian 15 menit di EPL sebagai seorang bek kiri. Menit main tersebut jelas sangat kurang bagi Gomez yang membutuhkan jam terbang. Dirinya selalu kalah saing dari Nathan Ake dan Josko Gvardiol yang notabene merupakan bek tengah.

6. Jonny Otto kehilangan posisi di Wolverhampton Wanderers

8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024Jonny Otto (premierleague.com)

Jonny Otto kehilangan posisinya di sektor bek kiri Wolverhampton Wanderers. Padahal, Otto merupakan bek andalan Wolves pada tahun-tahun sebelumnya. Kehadiran beberapa bek baru yang berkualitas ditambah hukuman larangan bermain yang ia dapat sejak awal Desember 2023 menjadi alasan Otto sulit berbicara banyak musim ini.

7. Hugo Bueno masih mencari posisi terbaik di Wolverhampton Wanderers

8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024Hugo Bueno (wolves.co.uk)

Selain Jonny Otto, Wolverhampton Wanderers juga memiliki Hugo Bueno sebagai pemain asal Spanyol di skuadnya. Bueno bernasib lebih baik ketimbang Otto karena masih memiliki menit bermain yang baik meski belum sepenuhnya menjadi pemain utama. Bueno yang telah mencatat 11 laga di EPL tampaknya masih mencari posisi terbaik. Pasalnya, Bueno masih sering ditempatkan Gary O'Neil pada posisi yang berbeda-beda.

8. Javier Manquillo belum catatkan pertandingan bersama Newcastle United

8 Bek Spanyol yang Merumput di Klub Premier League 2023/2024Javier Manquillo (nufc.co.uk)

Nasib kurang beruntung mungkin didapat oleh Javier Manquillo musim ini. Pasalnya, Manquillo belum pernah sekali pun tampil bersama Newcastle United di berbagai kompetisi. Padahal, Manquillo pernah menjadi andalan The Magpies pada beberapa musim ke belakang. Kini, posisi bek kanan yang biasa ia huni telah diisi oleh Kieran Trippier.

Kehadiran bek Spanyol di EPL tampaknya telah menjadi tradisi dari masa ke masa. Pada masa lalu, sejumlah bek Spanyol juga berhasil tampil cemerlang. Sebut saja Cesar Azpilicueta, Nacho Monreal, Jose Enrique, Marcos Alonso, dan Hector Bellerin.

Baca Juga: Newcastle Mau Beli Bek Gak Terkenal Sampai Rp1,3 Triliun

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya