4 Bek Tengah Austria yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024

Jadi pemain inti karena punya kualitas

Dalam sejarah Bundesliga Jerman, pemain asal Austria cukup sering berkiprah di kompetisi ini. Tercatat ada 144 pemain berkebangsaan Austria yang pernah bermain di Bundesliga Jerman hingga 2023/2024. Itu merupakan jumlah terbanyak ketiga setelah pemain asing asal Brasil dan Denmark.

Pemain asal Austria sangat diminati klub Bundesliga di hampir setiap posisi. Di posisi bek tengah saja ada empat pesepak bola asal Austria yang bermain di Bundesliga 2023/2024. Siapa sajakah keempat nama tersebut?

1. Maximilian Wober dipinjam Borussia Monchengladbach dari Leeds United

4 Bek Tengah Austria yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Max Wober (twitter.com/borussia_en)

Nama yang pertama ialah Maximilian Wober. Bek tengah berusia 26 tahun ini menjalani musim pertamanya sebagai pemain Bundesliga Jerman. Wober dipinjam oleh Borussia Monchengladbach dari Leeds United untuk mengarungi musim 2023/2024.

Melihat dari kiprahnya di Borussia Monchengladbach, Wober tampaknya akan dipermanenkan pada akhir musim. Pasalnya, Wober mampu tampil apik dan menjadi andalan di tim ini. Ia hanya absen ketika mengalami cedera. Hingga pekan ke-32 Bundesliga 2023/2024, Wober telah mencatat 25 laga dengan sumbangan 2 gol dan 3 assist.

2. Kiprah Philipp Lienhart di SC Freiburg terganggu oleh cedera

4 Bek Tengah Austria yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Philipp Lienhart (scfreiburg.com)

Philipp Lienhart didatangkan oleh SC Freiburg pada awal musim 2017/2018 sebagai pemain pinjaman. Sukses menampilkan permainan yang menjanjikan, Lienhart pun dipermanenkan pada akhir musim tersebut. Hingga kini, Lienhart masih setia berseragam SC Freiburg.

Bicara soal performanya pada 2023/2024, Lienhart sebetulnya tampil gemilang. Namun, kiprahnya terganggu akibat cedera pangkal paha dan cedera lutut yang ia derita. Oleh karena itu, Lienhart harus absen lama dan baru mencatat 15 penampilan dengan sumbangan 1 gol.

Baca Juga: Bek Korea Jadi Kambing Hitam Bayern Gagal Bekuk Real Madrid

3. Marco Friedl berperan sebagai kapten Werder Bremen

4 Bek Tengah Austria yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Marco Friedl (werder.de)

Marco Friedl telah merintis karier sepak bolanya di Bundesliga Jerman sejak muda. Ia merupakan akademi Bayern Munich yang promosi pada 2017. Sayangnya, tenaga Friedl tak dibutuhkan oleh Die Bavaria.

Oleh karena itu, Friedl hengkang ke Werder Bremen pada Januari 2018. Hingga kini, ia masih berseragam Werder Bremen. Bahkan, Friedl telah dipandang sebagai pemain senior dan dipercaya menjabat sebagai kapten. Faktanya, Friedl merupakan kapten utama tim Bundesliga Jerman dengan usia termuda pada 2023/2024.

Berperan sebagai kapten tentu mengharuskan Friedl berada di lapangan. Oleh karena itu, ia sering diturunkan untuk membantu Werder Bremen. Sayangnya, Friedl juga sempat mengalami cedera ligamen. Itu mengharuskan Friedl absen dalam beberapa laga dan baru mencatat 23 laga.

4. Christoph Klarer jadi bek utama di SV Darmstadt

4 Bek Tengah Austria yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024Christoph Klarer (instagram.com/christophklarer)

Serupa dengan beberapa nama sebelumnya, Christoph Klarer juga berstatus sebagai pemain utama di timnya. Bek yang memiliki tinggi 191 cm ini benar-benar tampil tangguh di pertahanan SV Darmstadt. Hal tersebut membuat Klarer bisa diandalkan meski berstatus sebagai pemain baru dengan usia yang masih muda.

Hingga pekan ke-32 Bundesliga 2023/2024, Klarer telah melakoni 28 laga. Ia baru absen dalam empat laga karena akumulasi kartu dan cedera. Dari 28 laga tersebut, Klarer mencetak 2 gol dan 2 assist.

Keempat bek Austria yang bermain di Bundesliga Jerman 2023/2024 tergolong sebagai pemain inti. Keempat nama ini sukses mendapatkan kepercayaan karena memiliki kualitas. Kualitas tersebut yang membuat pesepak bola Austria kerap dipercaya oleh banyak klub Jerman.

Baca Juga: 6 Bek Tengah Brasil Mewarnai Premier League 2023/2024, Ada Veteran!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya