Daftar Negara Peserta Copa America 2024, Diikuti 16 Kontestan!

Amerika Serikat siap menjadi tuan rumah

Intinya Sih...

  • Copa America 2024 akan diikuti oleh 10 tim dari zona CONMEBOL dan 6 tim dari zona CONCACAF.
  • Amerika Serikat ditunjuk sebagai tuan rumah Copa America 2024 setelah Ekuador menolak hak tersebut.
  • Pengundian grup Copa America 2024 telah dilaksanakan

Copa America 2024 sangat layak untuk dinantikan. Pasalnya, 10 tim dari zona CONMEBOL (Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan) dan 6 tim dari zona CONCACAF (Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) akan meramaikan turnamen ini. Padahal, Copa America biasanya hanya diikuti 12 peserta yang terdiri dari 10 tim zona CONMEBOL dan 2 tim undangan dari konfederasi lain.

Hal ini bisa terjadi karena peranan Amerika Serikat yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Selain itu, pembagian grup Copa America 2024 sudah dirilis dan menghadirkan hasil yang cukup menarik. Untukmu yang penasaran, berikut ini ulasan mengenai alasan mengapa turnamen ini digelar di Amerika Serikat dan daftar negara peserta Copa America 2024!

1. Ditunjuknya Amerika Serikat sebagai tuan rumah Copa America 2024

Daftar Negara Peserta Copa America 2024, Diikuti 16 Kontestan!Proses Pengundian Copa America 2024. (ussoccer.com)

Berdasarkan urutan rotasi penyelenggara zona CONMEBOL, Ekuador seharusnya menjadi tuan rumah Copa America 2024. Akan tetapi, Ekuador menolak hak tersebut karena berbagai alasan. Alhasil, Peru dan Amerika Serikat pun mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Copa America 2024.

Pada 27 Januari 2023, CONMENBOL menekan kerja sama dengan CONCACAF. Dari kerja sama tersebut, lahirlah keputusan Amerika Serikat ditunjuk sebagai tuan rumah Copa America 2024. Hal ini diambil karena Negeri Paman Sam dinilai layak dan lebih siap untuk menjadi tuan rumah.

Keputusan ini juga berdampak kepada peningkatan jumlah peserta dari 12 jadi 16 pada Copa America 2024. Ini bukan pertama kali terjadi. Pada Copa America Centenario 2016, Amerika Serikat juga pernah terpilih sebagai tuan rumah dan membuat jumlah peserta Copa America menjadi 16 kontestan.

Terpilihnya Amerika Serikat sebagai tuan rumah merupakan sebuah keuntungan. Selain mendatangkan devisa negara, Copa America 2024 juga akan menjadi ajang pemanasan bagi Negeri Paman Sam sebelum menyelenggarakan Piala Dunia 2026 mendatang. Dengan ini, Amerika Serikat sebagai penyelenggara bisa mengevaluasi kekurangan mereka untuk menggelar turnamen yang lebih besar 2 tahun mendatang.

Pengundian grup Copa America 2024 telah dilaksanakan pada 7 Desember 2023. Namun, slot peserta baru terisi sepenuhnya pada 24 Maret 2024. Hal ini terjadi karena beberapa tim dari zona CONCACAF harus berkompetisi untuk mengisi dua slot tersisa.

2. Argentina siap berkuasa di Grup A demi mempertahankan gelar juara

Daftar Negara Peserta Copa America 2024, Diikuti 16 Kontestan!Skuad Timnas Argentina (twitter.com/fifaworldcup)

Di grup A, Argentina hadir sebagai tim unggulan. Keberadaan La Albiceleste tentu diperhitungkan. Sebab, Argentina merupakan tim yang memiliki status sebagai juara bertahan.

Peru, Chlle, dan Kanada siap untuk mengganggu dominasi Argentina di grup A. Ketiga tim tersebut sebetulnya memiliki kualitas pemain yang berada jauh di bawah Argentina. Akan tetapi, Argentina patut waspada dengan gebrakan yang bisa terjadi di grup ini.

Baca Juga: CONMEBOL Konfirmasi Copa America 2024 Diadakan di Atlanta dan Miami

3. Grup B menghadirkan persaingan seru antartim kuda hitam

Daftar Negara Peserta Copa America 2024, Diikuti 16 Kontestan!Timnas Ekuador (twitter.com/FIFAWorldCup)

Persaingan lebih merata terjadi di Grup B Copa America 2024. Di grup ini, Meksiko hadir sebagai penghuni pot satu. Tim berjuluk El Tri itu akan mendapatkan persaingan ketat dari Ekuador, Venezula, dan Jamaika.

Bicara soal peluang, Meksiko dan Ekuador tentu memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos. Namun, segala hal bisa terjadi di sepak bola. Terlebih lagi, keempat tersebut memiliki kualitas pemain yang tak jauh berbeda.

4. Amerika Serikat, Uruguay, Bolivia, dan Panama akan berlomba di Grup C

Daftar Negara Peserta Copa America 2024, Diikuti 16 Kontestan!Timnas Amerika Serikat (twitter.com/USMNT)

Tim tuan rumah, Amerika Serikat, menghuni Grup C sebagai perwakilan pot satu. Mereka akan berlomba dengan Uruguay, Bolivia, dan Panama guna mendapatkan tempat pada babak delapan besar. Ini merupakan grup yang cukup ketat, meski diprediksi tak seketat Grup B.

Uruguay dan Amerika Serikat dijagokan untuk lolos ke babak delapan besar. Namun, Panama dan Bolivia bisa saja membuat kejutan. Apalagi, Panama sangat sering menyulitkan Amerika Serikat di zona CONCACAF dan Bolivia kerap menyulitkan tim besari di zona CONMENBOL.

5. Brasil diunggulkan untuk memimpin Grup D

Daftar Negara Peserta Copa America 2024, Diikuti 16 Kontestan!Timnas Brasil (fifa.com)

Dengan pengalaman sembilan kali juara Copa America, Brasil tentu diunggulkan. Selecao akan menghuni Grup D bersama Kolombia, Paraguay, dan Kosta Rika. Di atas kertas, Brasil seharusnya bisa mengunci satu jatah ke babak delapan besar.

Namun, Brasil patut waspada dengan kejutan yang bisa saja dihadirkan oleh tiga saingannya. Pasalnya, Kolombia dan Paraguay juga memiliki deretan pemain berkualitas. Sedangkan, Kosta Rika dikenal sebagai tim kuda hitam sejati, baik di turnamen CONCACAF atau Piala Dunia.

Copa America 2024 akan dilaksanakan pada 20 Juni--14 Juli 2024. Turnamen akan diselenggarakan melalui babak grup sebelum berlanjut ke babak delapan besar, semifinal, dan final. Dari daftar negara peserta Copa America 2024, tim manakah yang menjadi jagoanmu?

Baca Juga: Neymar Absen Bela Brasil di Copa America 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya