6 Eks Sevilla yang Membela Klub Liga Asia pada 2022/2023

Melanglang buana setelah bertempur di Eropa

Meski saat ini terpuruk dan berada di zona degradasi, Sevilla tetap tergolong sebagai tim besar. Banyak pemain pernah menjadikan Sevilla sebagai rumah untuk berkarier di sepak bola.

Faktanya, terdapat ratusan mantan pemain Sevilla yang masih aktif berkarier sebagai pesepak bola. Bahkan, enam di antaranya berlaga di Asia.

Inilah eks Sevilla yang membela klub liga Asia pada 2022/2023!

1. Ever Banega

6 Eks Sevilla yang Membela Klub Liga Asia pada 2022/2023Ever Banega (sevillafc.es)

Ever Banega menjadi eks pemain yang masih aktif dengan jumlah pertandingan terbanyak bersama Sevilla. Gelandang berkebangsaan Argentina ini pernah memainkan 238 laga dengan torehan 28 gol dan 37 assist kala berseragam Sevilla.

Saat ini, Ever Banega berstatus sebagai kapten Al-Shahab, tim Arab Saudi yang dibelanya sejak September 2020. Dengan statusnya sebagai kapten tim, Ever Banega jelas sangat diandalkan timnya saat ini.

2. Steven Nzonzi

6 Eks Sevilla yang Membela Klub Liga Asia pada 2022/2023Steven Nzonzi (asroma.com)

Steven Nzonzi adalah gelandang yang ikut serta membawa Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018. Kala itu, Nzonzi sedang membela Sevilla. Namun, ia langsung dijual setelah Piala Dunia 2018.

Sempat membela Galatasaray, AS Roma, dan Rennes, Steven Nzonzi pun memutuskan untuk pindah ke Qatar Stars League bersama Al-Rayyan sejak September 2021. Hingga kini, ia masih bertahan karena benar-benar dibutuhkan timnya.

3. Grzegorz Krychowiak

6 Eks Sevilla yang Membela Klub Liga Asia pada 2022/2023Grzegorz Krychowiak (sevillafc.es)

Nama selanjutnya ialah Gregorz Krychowiak, pemain asal Polandia yang pernah berseragam Sevilla selama 2 musim (2014—2016). Kala itu, Krychowiak bermain sangat baik bersama Sevilla dengan catatan 5 gol dan 6 assist dari 90 laga.

Saat ini, Krychowiak berstatus sebagai pemain pinjaman di Al-Shahab. Itu artinya, Krychowiak satu tim dengan Ever Banega. Gregorz Krychowiak sendiri masih berstatus sebagai pemain dari FK Krasnodar, Rusia.

Baca Juga: 5 Klub LaLiga Paling Sering Ditaklukkan Barcelona, Valencia Termasuk!

4. Luciano Vietto

6 Eks Sevilla yang Membela Klub Liga Asia pada 2022/2023Luciano Vietto (twitter.com/LucianoVietto)

Beruntung bagi Luciano Vietto karena membela salah satu tim terkuat di Liga Asia, Al-Hilal. Maka dari itu, Vietto bisa mendulang banyak prestasi sejak berkarier di Liga Arab Saudi pada 2020.

Jauh sebelum itu, Sevilla pernah menjadi tim yang dibela Vietto. Penyerang asal Argentina ini datang sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid pada 2016/2017. Vietto mencetak 10 gol dan 6 assist dari 31 laga untuk Sevilla.

5. Hiroshi Kiyotake

6 Eks Sevilla yang Membela Klub Liga Asia pada 2022/2023Hiroshi Kiyotake (jleague.co)

Tak banyak penggemar sepak bola yang menyadari jika Sevilla pernah memiliki pesepak bola asal Jepang di skuadnya. Sosok yang dimaksud adalah Hiroshi Kiyotake, gelandang serang yang kini menjadi kapten Cerezo Osaka.

Sebelum itu, Kiyotake pernah berseragam Sevilla dalam kurun waktu 8 bulan (Juli 2016—Februari 2017). Namun, ia tak memiliki banyak kesempatan tampil sehingga memilih untuk pulang ke Jepang.

6. Fernando Rodriguez

6 Eks Sevilla yang Membela Klub Liga Asia pada 2022/2023Fernando Rodriguez (instagram.com/rodriguez9pro)

Liga Indonesia juga menampung satu mantan pemain Sevilla. Ia adalah Fernando Rodriguez, penyerang Persis Solo yang pernah menjadi bagian dari Sevilla. Ia bermain di sana dari tim akademi, tetapi tak gemilang di tim senior.

Fernando Rodriguez hanya tercatat bermain dalam delapan laga pada 2008/2009. Sejak meninggalkan Sevilla, ia lebih sering berkutat di LaLiga Segunda dan tim-tim asal Asia Tenggara.

Selain liga yang terletak di Asia, eks pemain Sevilla membanjiri liga-liga Eropa. Serie A Italia, Bundesliga Jerman, dan LaLiga Spanyol menjadi deretan liga yang banyak dihuni eks pemain Sevilla.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun Bersama Valencia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya