7 Gelandang Skotlandia yang Membela Klub Premier League 2023/2024

Biasa jadi langganan

Gelandang Skotlandia cukup sering dijumpai di susunan pemain klub English Premier League. Ini sudah terjadi sejak bertahun-tahun lalu, bahkan kini cenderung tampak biasa. Sebab, gelandang Skotlandia memang sering menjadi langganan klub-klub Inggris.

Pada 2023/2024, ada tujuh gelandang Skotlandia yang membela klub Premier League. Mereka tersebar di enam klub berbeda dengan performa yang bermacam-macam pula.

1. John McGinn adalah nama besar dan kapten Aston Villa

7 Gelandang Skotlandia yang Membela Klub Premier League 2023/2024John McGinn (premierleague.com)

John McGinn adalah nama besar sekaligus kapten Aston Villa pada 2023/2024. Gelandang berusia 29 tahun ini bertahan dan menghuni skuad Aston VIlla sejak 2018, meski perubahan pemain sering terjadi di klub ini. Kegemilangannya dalam mengolah bola menjadi keunggulan McGinn. Tak heran jika ia tak pernah absen dalam 28 pertandingan EPL yang telah dijalani Aston Villa per 16 Maret 2024. Dalam kurun waktu tersebut, McGinn mencetak 6 gol dan 4 assist.

2. Tom Cairney berperan sebagai kapten Fulham

7 Gelandang Skotlandia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Tom Cairney (premierleague.com)

Sama seperti John McGinn, Tom Cairney juga berperan sebagai kapten di klubnya, Fulham. Akan tetapi, kiprah Cairney tak semulus McGinn di Aston Villa. Pasalnya, ia sudah mulai tergeser dari posisi utama sebagai gelandang utama Fulham. Cairney hanya berperan sebagai rotasi yang hadir ketika dibutuhkan saja. Kendati demikian, Cairney bisa menjalankan peran tersebut dengan baik.

3. Billy Gilmour berperan sebagai rotasi di Brighton & Hove Albion

7 Gelandang Skotlandia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Billy Gilmour (instagram.com/billygilmourrr)

Serupa dengan Tom Cairney, Billy Gilmour berperan sebagai rotasi. Meski begitu, gelandang bertahan berusia 22 tahun itu mampu menjalankan perannya dengan baik di Brighton & Hove Albion. Ia sangat sering tampil meski tak selalu bermain selama 90 menit. Karakter Gilmour yang terkenal energik dan berani dalam melakukan duel menjadi kekuatan utama dalam dirinya.

Baca Juga: 3 Pemain Irlandia Utara yang Berkarier di Premier League 2023/2024

4. Scott McTominay sering menjadi pahlawan Manchester United

7 Gelandang Skotlandia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Scott McTominay (premierleague.com)

Pemain seperti Scott McTominay adalah tipe pemain yang disukai banyak manajer. Pasalnya, McTominay adalah pemain versatile yang mampu ditempatkan di banyak posisi. Meski berposisi asli sebagai gelandang bertahan, ia juga pernah bermain sebagai bek, gelandang tengah, gelandang serang, bahkan penyerang. Oleh karena itu, Erik ten Hag kerap memainkannya di Manchester United. Hebatnya lagi, McTominay sering menjadi pahlawan Manchester United berkat torehan gol yang ia cetak pada masa krusial.

5. Matt Ritchie tergeser dan menjadi penghangat bangku cadangan Newcastle United

7 Gelandang Skotlandia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Matt Ritchie (nufc.co.uk)

Beberapa musim lalu, Matt Ritchie masih tercatat sebagai pemain andalan Newcastle United. Namun, seiring kedatangan pemain baru dan pergantian pelatih, ia pun ikut tergeser. Saat ini, Ritchie hanya menjadi penghangat bangku cadangan The Magpies. Dari 28 laga yang telah dijalani Newcastle United, ia baru mencatat 8 laga dengan rincian 104 menit bermain per 16 Maret 2024.

6. Elliot Anderson masih mencari menit bermain di Newcastle United

7 Gelandang Skotlandia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Elliot Anderson (nufc.co.uk)

Elliot Anderson adalah salah satu pemain muda berbakat yang dimiliki Newcastle United. Dengan usia yang baru menginjak 21 tahun, Anderson tentu membutuhkan jam terbang tinggi untuk bisa menunjukkan performa sekaligus melatih dirinya sendiri. Namun, hal tersebut sulit untuk diwujudkan. Pasalnya, Anderson bukanlah pilihan utama di skuad The Magpies. Kendati demikian, Anderson tak boleh menyerah dan harus terus berusaha untuk mendapatkan tempat utama.

7. Ryan Christie jadi andalan lini tengah AFC Bournemouth

7 Gelandang Skotlandia yang Membela Klub Premier League 2023/2024Ryan Christie (afcb.co.uk)

Ryan Christie makin mantap di lini tengah AFC Bournemouth. Gelandang serang berusia 29 tahun ini selalu diandalkan karena memiliki kreativitas. Dari 28 laga yang Bournemouth jalani, Christie juga tak pernah absen sekalipun. Ia mampu mencetak empat assist dalam kurun waktu tersebut.

Dalam sejarah EPL, sejumlah gelandang Skotlandia berhasil bersinar dan menjadi legenda. Darren Fletcher, Gary McAllister, James McArthur, dan James Morrison menjadi beberapa di antaranya. Mampukah salah satu nama dalam daftar ini menyaingi torehan para legenda?

Baca Juga: 3 Bek Skotlandia yang Bermain di English Premier League 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya