4 Gelandang Spanyol di English Premier League 2023/2024

Rodri paling mentereng

Spanyol telah dikenal memiliki kualitas gelandang yang jempolan sejak lama. Gaya main tiki-taka yang pernah populer bersama Barcelona ikut mengangkat pamor gelandang asal Negeri Matador sebagai pemain yang kreatif dan elegan. Hingga saat ini, pamor tersebut tampaknya masih menempel pada beberapa gelandang Spanyol.

Dengan anggapan tersebut, tak heran jika banyak klub berani menggunakan jasa gelandang Spanyol. Di English Premier League (EPL) 2023/2024, ada empat gelandang asal Spanyol yang ikut bertempur. Inilah gelandang Spanyol di English Premier League 2023/2024 itu.

1. Pablo Fornals (West Ham United) kerap dimainkan sebagai pemain pengganti

4 Gelandang Spanyol di English Premier League 2023/2024Pablo Fornals (whufc.com)

Nama pertama ialah Pablo Fornals, gelandang serang kelahiran Castello de la Plana yang telah berseragam West Ham United sejak 2019. Saat awal bergabung dengan The Hammers, Fornals sebenarnya sering dimainkan. Namun, seiring waktu, ia mulai kehilangan posisinya sebagai pemain utama.

Pada 2023/2024, Fornals tergeser Mohamed Kudus dan Lucas Paqueta. Kendati demikian, Fornals juga terhitung masih sering bermain sebagai pemain pengganti. Hingga Minggu (21/1/2024), ia telah mencatat 14 laga dengan rincian 327 menit di EPL musim ini.

2. Thiago Alcantara (Liverpool) masih berkutat dengan cedera

4 Gelandang Spanyol di English Premier League 2023/2024Thiago Alcantara (liverpoolfc.com)

Thiago Alcantara merupakan salah satu gelandang serbabisa dengan gaya bermain yang elegan. Ia memiliki kemampuan dribel ciamik dan umpan akurat. Dengan hal tersebut, banyak penggemar menyukai gaya bermain Thiago.

Akan tetapi, cedera selalu menjadi masalah baginya. Selama berseragam Liverpool, Thiago tercatat sembilan kali mengalami cedera. Pada 2023/2024, ia mengalami cedera terpanjang selama berseragam Liverpool. Cedera itu mengharuskannya absen selama 34 laga.

Oleh karena itu, Thiago belum bisa mencatatkan satu pertandingan pun sejauh musim ini. Jika ia kembali bugar, maka sulit baginya untuk mendapat tempat utama di Liverpool. Pasalnya, deretan gelandang baru yang lebih muda telah datang dan menjadi otak permainan The Reds saat ini.

Baca Juga: 3 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten di Piala Afrika 2023

3. Stefan Bajcetic juga mengalami cedera bersama Liverpool

4 Gelandang Spanyol di English Premier League 2023/2024Stefan Bajcetic (liverpoolfc.com)

Stefan Bajcetic merupakan seorang gelandang muda potensial. Pada 2022/2023, Bajcetic sempat bermain apik bersama Liverpool. Meski usianya baru belasan tahun, ia telah dipercaya Juergen Klopp untuk menjadi starter.

Akan tetapi, kiprah Bajcetic musim ini sedikit terhambat. Sebab, ia mengalami cedera betis pada September 2023, yang mengharuskannya absen setidaknya dalam 25 laga. Serupa dengan Thiago, Bajcetic juga tampaknya akan sulit bila ingin menjadi pemain utama di lini tengah Liverpool saat ini.

4. Rodri sangat bersinar bersama Manchester City

4 Gelandang Spanyol di English Premier League 2023/2024Rodri (mancity.com)

Rodrigo Hernandez Cascante atau yang dikenal dengan nama Rodri menjadi yang paling bersinar di antara nama lain dalam daftar ini. Rodri benar-benar tampil gemilang bersama Manchester City. Ia sulit tergantikan karena permainan solidnya sebagai seorang gelandang bertahan.

Rodri adalah sosok pemain yang kuat dan kerap mengejutkan dengan tendangan kerasnya. Dengan hal tersebut, tak heran jika banyak pihak yang menyebutnya sebagai gelandang bertahan terbaik saat ini. Di EPL 2023/2024 sendiri, Rodri telah mencatat 17 laga dengan torehan 4 gol dan 4 assist.

Gelandang Spanyol tampaknya akan menjadi kebutuhan klub Premier League dari musim ke musim. Pada masa lalu, terdapat beberapa nama besar yang pernah menjalani peran ini. Sebut saja Cesc Fabregas, David Silva, Oriol Romeu, Santi Cazorla, Juan Mata, dan Xabi Alonso.

Baca Juga: 3 Pencapaian Rodri Sepanjang 2023, Luar Biasa!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya