6 Gelandang Terakhir Tottenham Hotspur dari Sesama Klub Liga Inggris

James Maddison menyusul?

Setelah mendapatkan Guglielmo Vicario dari Empoli, Tottenham Hotspur kembali bergeliat pada bursa transfer musim panas 2023. Kali ini mereka mendekati James Maddison dari Leicester City. Usaha Tottenham ini jelas sangat baik karena Maddison merupakan pemain kreatif yang bisa menjalankan lini tengah.

Menurut Fabrizio Romano, Maddison mendekat ke Tottenham dan segera mencapai kesepakatan setelah tes medis pada Rabu (28/6/2023) lalu. Uang sebesar 40 juta euro (Rp657 miliar) menjadi pemulus dalam transfer ini. Tottenham sendiri cukup sering mendatangkan pemain dari sesama klub Liga Inggris, khususnya yang berposisi sebagai gelandang.

Para rekrutan itu merupakan nama besar yang rata-rata berhasil memberikan dampak besar untuk The Lillywhites. Siapa sajakah pemain yang dimaksud? Inilah gelandang terakhir Tottenham Hotspur dari sesama klub Liga Inggris.

1. Mousa Dembele 

6 Gelandang Terakhir Tottenham Hotspur dari Sesama Klub Liga InggrisMousa Dembele (premierleague.com)

Penampilan mengesankan Mousa Dembele selama berseragam Fulham (2010--2012) membuat banyak klub ingin mendatangkannya. Pada akhirnya, ia direkrut Tottenham Hotspur pada awal musim 2012/2013. Gelandang asal Belgia ini kemudian bermain selama 6,5 tahun (2012--2019). Dalam kurun waktu tersebut,  Dembele bermain impresif dengan mencatat 249 penampilan dengan sumbangan 10 gol dan 12 assist.

2. Dele Alli

6 Gelandang Terakhir Tottenham Hotspur dari Sesama Klub Liga InggrisDele Alli (premierleague.com)

Didatangkan sebagai pemain potensial dari MK Dons pada musim panas 2015, Dele Alli sempat bermain impresif bersama The Lillywhites. Namun, penampilannya perlahan menurun akibat cedera dan gaya bermain yang tak sesuai dengan skema beberapa pelatih. Penampilan apiknya hanya berlaku pada 2015--2020. Sedangkan, sisanya lebih sering dicadangkan. Selama 7 tahun (2015--2022) berseragam Tottenham Hotspur, gelandang serang asal Inggris ini mencatat 67 gol dan 61 assist dari 269 laga.

3. Victor Wanyama

6 Gelandang Terakhir Tottenham Hotspur dari Sesama Klub Liga InggrisVictor Wanyama (premierleague.com)

Pada musim panas 2016, Tottenham Hotspur berhasil menggaet gelandang bertahan tangguh asal Kenya. Sosok yang dimaksud adalah Victor Wanyama, pemain yang diboyong dari Southampton. Saat berseragam Tottenham, Wanyama tak sepenuhnya menjadi pemain andalan. Ia cukup sering terkena rotasi sehingga menit bermainnya terbatas. Wanyama sendiri mencatat 97 penampilan dengan sumbangan 6 gol dan 1 assist selama 3,5 tahun (2016--2020).

Baca Juga: Anekdot Son dalam Tottenham Hotspur Usai Transfer Maddison

4. Moussa Sissoko

6 Gelandang Terakhir Tottenham Hotspur dari Sesama Klub Liga InggrisMoussa Sissoko (premierleague.com)

Pada bursa transfer yang sama dengan Victor Wanyama, Moussa Sissoko didatangkan dari Newcastle United. Pemain asal Prancis ini diharapkan hadir sebagai gelandang tengah yang mengalirkan bola. Namun, Sissoko justru lebih berperan sebagai gelandang bertahan. Oleh karena itu, ia sering bergantian dengan Victor Wanyama. Sissoko sendiri mencatat 202 laga dengan sumbangan 5 gol dan 16 assist selama 5 tahun (2016--2021) berseragam Tottenham.

5. Pierre-Emile Hojbjerg

6 Gelandang Terakhir Tottenham Hotspur dari Sesama Klub Liga InggrisPierre-Emile Hojbjerg (premierleague.com)

Sama seperti Victor Wanyama, Pierre-Emile Hojbjerg pun didatangkan dari Southampton. Gelandang bertahan asal Denmark ini datang pada musim panas 2020, beberapa bulan setelah Wanyama hengkang ke Montreal Impact. Hingga sekarang, Hojbjerg masih berseragam Tottenham Hotspur dan menjadi salah satu pemain andalan. Ia sulit digantikan karena permainannya yang impresif sebagai gelandang yang tangguh.

6. Yves Bissouma

6 Gelandang Terakhir Tottenham Hotspur dari Sesama Klub Liga InggrisYves Bissouma (tottenhamhotspur.com)

Saat didatangkan dari Brighton Hove & Albion pada awal musim 2022/2023, Yves Bissouma sangat diharapkan untuk jadi kekuatan utama Tottenham Hotspur. Akan tetapi, Bissouma belum bisa tampil sesuai harapan saat itu. Sebab, gelandang asal Mali ini absen lama karena cedera engkel.

Jika melihat permainannya saat berseragam Leicester City, James Maddison sebetulnya bisa sukses di Tottenham Hotspur seperti beberapa gelandang di atas. Sebab, ia dinilai punya kemampuan sebagai pengalir bola ke lini serang. Maddison juga cukup kreatif.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Tottenham Hotspur dari Serie A, Vicario Terbaru

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya