Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Estudiantes La Plata yang Pernah Bermain di EPL

Nama besar tak menjamin!

Estudiantes La Plata merupakan salah satu klub besar nan legendaris di Liga Argentina. Total 10 gelar juara Liga Argentina, 4 gelar juara Copa Libertadores, dan 1 trofi Intercontinental telah sukses mereka raih. Tak heran banyak pemain hebat lahir dari tim ini.

Mereka juga punya sistem regenerasi yang cukup baik dari tim akademi. Beberapa nama besar terbukti muncul dan sukses berlaga di liga top Eropa. Salah satunya adalah English Premier League (EPL) yang telah memiliki lima perwakilan jebolan akademi Estudiantes La Plata. Siapa saja mereka dan bagaimana performanya?

1. Marcos Rojo

5 Jebolan Akademi Estudiantes La Plata yang Pernah Bermain di EPLMarcos Rojo (instagram.com/marcosrojo)

Meski sering tampil kurang konsisten selama tujuh tahun membela Manchester United, nyatanya Marcos Rojo merupakan jebolan akademi Estudiantes La Plata yang paling sering bermain di EPL. Dalam kurun waktu tersebut, Rojo sukses mencatatkan 76 penampilan dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist.

Selain inkonsistensi permainan, performa Rojo di EPL juga terpengaruh oleh ketatnya persaingan skuad. Jauh sebelum itu, Rojo pernah menimba ilmu di tim akademi Estudiantes La Plata selama 8 tahun (2000—2008).

2. Juan Sebastian Veron

5 Jebolan Akademi Estudiantes La Plata yang Pernah Bermain di EPLJuan Sebastian Veron dan David Beckham saat membela Manchester United (twitter.com/manutd)

Gelandang legendaris Timnas Argentina, Juan Sebastian Veron, merupakan jebolan akademi Estudiantes pertama yang merumput di EPL. Ia pertama kali datang ke Inggris untuk bergabung dengan Manchester United dari Lazio pada 2001.

Selepas dua musim, Veron akhirnya hengkang ke Chelsea. Jika dibandingkan, permainan Veron di Manchester United jauh lebih baik ketimbang saat ia bermain di Chelsea. Veron mencatatkan 57 penampilan dengan kontribusi 8 gol dan 5 assist di EPL. Namun, hanya tujuh laga yang ia catatkan bersama The Blues.

Baca Juga: Ronaldo Belum Nongol di Latihan Perdana Manchester United

3. Luciano Vietto

5 Jebolan Akademi Estudiantes La Plata yang Pernah Bermain di EPLLuciano Vietto (instagram.com/lucianovietto)

Saat masih muda, Luciano Vietto pernah mencicipi tiga akademi berbeda di Argentina. Salah satu akademi yang pernah ia tempati adalah tim akademi Estudiantes, tepatnya dari tahun 2008 hingga ia pindah ke akademi Racing Club pada 2010.

Sebelum pindah ke Al-Hilal di Arab Saudi, Vietto pernah membela beberapa klub di Eropa, salah satunya ialah Fulham pada musim 2018/2019. Berstatus sebagai pemain pinjaman dari Atletico Madrid, Vietto hanya sukses mencatatkan 1 gol dari 20 laga di EPL sebagai seorang winger.

4. Guido Carillo

5 Jebolan Akademi Estudiantes La Plata yang Pernah Bermain di EPLGuido Carillo (instagram.com/guidomcarillo)

Tim akademi Estudiantes La Plata jadi satu-satunya tim junior yang dibela Guido Carillo sebelum mulai jadi pesepak bola profesional pada 2011. Carillo yang pernah empat tahun berada di tim utama Estudiantes ini pernah mencicipi atmosfer EPL selama dua musim.

Momen tersebut terjadi pada 2018 hingga 2020 saat ia berseragam Southampton. Sayangnya, ia hanya mencatatkan 7 penampilan dengan sumbangan 1 assist sebagai seorang penyerang. Hal tersebut terjadi karena Carillo lebih lama dipinjamkan ke Leganes ketimbang bermain di tim utama The Saints.

5. Marcis Angeleri

5 Jebolan Akademi Estudiantes La Plata yang Pernah Bermain di EPLMarcos Angeleri (malagacf.com)

Nama yang terakhir ialah Marcos Angeleri, bek berkebangsaan Argentina yang hanya mencatatkan 2 penampilan selama 2 musim bermain di EPL. Kala itu Marcos yang telah delapan tahun membela Estudiantes memutuskan untuk hijrah ke Eropa pada 2010.

Ia pun bergabung dengan Sunderland yang saat itu ada di kasta tertinggi. Sayangnya, ia kalah saing saat berseragam The Black Cats. Saat itu bek Sunderland diisi oleh beberapa nama besar potensial, seperti Anton Ferdinand, John Mensah, dan Nedum Onuoha.

 

Jika dibandingan dengan jebolan akademi tim raksasa Argentina lain, jebolan akademi Estudiantes La Plata tak terlalu mentereng di EPL. Nama besar tak menjamin pemain tersebut bisa cocok dan nyaman di sebuah liga.

Baca Juga: Ingin Tetap di Estudiantes, Marcos Rojo Menolak Kembali ke MU

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya