5 Jebolan Akademi Stuttgart yang Masuk Skuad Jerman Piala Eropa 2020

Deretan pemain bintang!

Pembinaan serta pendidikan di Jerman bisa dibilang yang terbaik di antara seluruh negara Eropa. Karena sejak usia muda, para penduduk Jerman telah memfokuskan dirinya kepada minat dan bakatnya masing-masing, termasuk untuk menjadi seorang atlet sepak bola.

Di antara banyaknya akademi sepak bola di Jerman, akademi sepak bola VfB Stuttgart merupakan salah satu akademi paling aktif dalam hal menyumbang pesepak bola top nan berbakat. Bahkan untuk ajang Piala Eropa 2020 nanti, ternyata ada 5 pemain jebolan akademi Stuttgart yang dipanggil dan menjadi bagian dari skuad timnas Jerman. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Joshua Kimmich

5 Jebolan Akademi Stuttgart yang Masuk Skuad Jerman Piala Eropa 2020Joshua Kimmich (90min.com)

Joshua Kimmich memang sangat pantas untuk mengisi satu slot di skuad timnas Jerman pada ajang Piala Eropa tahun ini. Selain karena performanya bersama Bayern Munich, Joshua Kimmich juga merupakan pemain yang bisa bermain di banyak posisi.

Sebelum pindah ke Bayern Munchen di tahun 2015, Joshua Kimmich merupakan bagian dari akademi VfB Stuttgart antara tahun 2007 hingga 2013. Belum sempat bermain untuk tim senior VfB Stuttgart, Kimmich langsung dibeli oleh RB Leipzig di tahun 2013.

Pada tanggal 1 Juli 2015, Kimmich sempat dibeli lagi oleh Vfb Stuttgart. Namun sehari kemudian ia dilepas ke Bayern Munchen yang menawari harga tinggi untuk dirinya. Dan hingga saat ini, Kimmich tak pernah sekalipun mencatatkan penampilan bersama tim senior Stuttgart.

2. Bernd Leno

5 Jebolan Akademi Stuttgart yang Masuk Skuad Jerman Piala Eropa 2020Bernd Leno (football.london)

Kiper andalan Arsenal, Bernd Leno merupakan bagian dari akademi VfB Stuttgart sejak tahun 2003, sebelum akhirnya dipromosikan ke tim senior pada tahun 2010. Namun, Bernd Leno lebih sering bermain untuk tim kedua VfB Stuttgart ketimbang bermain untuk tim utama.

Pada tahun 2011, Leno akhirnya hengkang ke Bayer Leverkusen dan berhasil meningkatkan performanya di sana. Dan kini, ia merupakan bagian dari skuad Arsenal dan memiliki peran sebagai kiper pelapis dari Manuel Neuer di skuad Der Panzer untuk gelaran Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Bakal Membela Timnas Jerman di Euro 2021

3. Timo Werner

5 Jebolan Akademi Stuttgart yang Masuk Skuad Jerman Piala Eropa 2020Timo Werner (lavoz.com.ar)

Tepat sebelum bergabung bersama RB Leipzig di tahun 2016, Timo Werner merupakan pemain andalan dari tim VfB Stuttgart. Timo Werner merupakan produk asli akademi VfB Stuttgart dari tahun 2002 hingga tahun 2013.

Walaupun kerap dianggap mandul bersama Chelsea, namun Werner masih mendapatkan kesempatan menghuni skuad Jerman. Keberhasilannya membawa Chelsea berada di papan atas klasemen EPL dan membawa Chelsea menjadi juara Liga Champions 2021, menjadi alasan Joachim Low tetap mengikutsertakannya di skuad Jerman.

4. Antonio Rudiger

5 Jebolan Akademi Stuttgart yang Masuk Skuad Jerman Piala Eropa 2020Antonio Rudiger (as.com)

Rekan setim Timo Werner di Chelsea, Antonio Rudiger juga merupakan alumni akademi VfB Stuttgart. Setelah sempat mengenyam pendidikan sepak bola di akademi Hertha Zehlendorf dan Borussia Dortmund, Rudiger akhirnya pindah ke akademi Stuttgart pada tahun 2011.

Tidak butuh waktu lama, pada tahun 2012, Rudiger langsung dipromosikan ke skuad senior VfB Stuttgart. Di ajang Piala Eropa tahun ini, Rudiger menjadi salah satu opsi timnas Jerman di pos lini pertahanan.

Pada laga kontra Prancis kemarin, Rudiger bermain sebagai pemain inti dan tampil selama 90 menit. Posisi Rudiger di tim utama Jerman memang sangatlah aman saat ini. Namun, ia harus tetap berusaha keras agar posisinya tersebut tidak direbut oleh bek Jerman lain yang juga memiliki kualitas luar biasa.

5. Serge Gnabry

5 Jebolan Akademi Stuttgart yang Masuk Skuad Jerman Piala Eropa 2020Serge Gnabry (apnews.com)

Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika Serge Gnabry merupakan bagian dari akademi Stuttgart. Maklum saja, karena Gnabry memang tidak pernah sama sekali membela VfB Stuttgart di tim senior. Gnabry merupakan bagian dari skuad akademi VfB Stuttgart dari tahun 2005 hingga tahun 2011, sebelum dirinya pindah ke akademi Arsenal di tahun yang sama.

Gnabry sendiri melakukan debut bersama timnas Jerman pada bulan November 2016 kala ia berhasil tampil gemilang bersama Werder Bremen. Seiring berjalannya waktu, kualitas Gnabry semakin meningkat pesat, terutama setelah bergabung bersama Bayern Munchen.

Hingga saat ini, Gnabry telah mencatatkan 19 caps dengan torehan 15 gol untuk timnas Jerman. Pada pertandingan pertama, Gnabry tampil sebagai starter dan berkesempatan untuk bisa mencatatkan torehan lebih di ajang Euro tahun ini karena ia menjadi salah satu pilihan utama Joachim Low di lini serang Die Mannschaft.

 

Itulah 5 pemain jebolan akademi Vfb Stuttgart yang menjadi bagian skuad Jerman di Euro 2020 nanti. Bagaimana menurutmua, apakah VfB Stuttgart sangat layak disebut sebagai akademi terbaik di daratan Jerman?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Timnas Jerman di Abad 21

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya